Bukit Cumbri

Bukit Cumbri

Jika mendengar kata Wonogiri banyak orang yang mengasosiasikan dengan makanan khas seperti bakso Solo asli Wonogiri. Bakso, makanan khas nan lezat ini banyak dijual oleh perantau asal Wonogiri di kota-kota luar Jawa. Wisata di Wonogiri relatif tidak banyak dikenal kecuali Waduk Gajah Mungkur, padahal di sini kamu bisa datang ke wisata alam Bukit Cumbri.

Wonogiri adalah sebuah kabupaten yang berada di Jawa Tengah dan berbatasan dengan dua provinsi yakni Provinsi Jawa Timur dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Di tempat tersebut terdapat tempat wisata belum terkenal dengan nama Bukit Cumbri.

Wisata Bukit Cumbri

Walau tidak setenar dengan destinasi wisata seperti di Yogyakarta ternyata wisata Bukit Cumbri mempunyai daya tarik karena keindahan dan keunikannya. Tempat ini dikenal sebagai wisata di atas awan karena ketika kita seolah berada di atas awan.

Nama Bukit Cumbri berdasarkan penuturan penduduk setempat berasal dari kata manuk atau burung Beri sejenis rajawali raksasa pemangsa sapi petani. Konon suatu saat bulunya rontok sehingga jatuh dari tebing dan mati. Tempat jatuhnya burung Beri tersebut dinamakan Bukit Cumbri.

Dengan ketinggian puncaknya 638 mdpl, awan-awan putih bak gulungan kapas ada di bawahnya. Bila cuaca sedang cerah, berada di puncak Bukit Cumbri maka Kota Wonogiri dan bukit-bukit lainnya dapat terlihat dengan jelas.

Bukit Cumbri sendiri mempunyai dua puncak, yang satu menghadap ke Barat dan satunya lagi menghadap ke Timur. Puncak yang menghadap ke arah Timur letaknya lebih tinggi jika dibandingkan dengan yang menghadap ke Barat. Mendaki ke puncak Bukit Cumbri harus dilakukan dengan hati-hati karena struktur tanah yang tidak rata dengan batuan tidak teratur sehingga rawan untuk tergelincir.

Perjalanan menuju puncak Bukit Cumbri sendiri dilakukan dengan trekking jalan kaki sekitar satu jam dengan jalan menanjak dari tempat parkiran Bukit Cumbri.

Lihat temlat wisata jogja lainnya: Kebun Tebu Girimulyo

Bagi kamu yang suka menikmati keindahan maka waktu yang tepat untuk berada Bukit Cumbri adalah saat matahari terbit (sunrise) di pagi hari. Agar dapat menikmatinya, maka diperlukan peralatan camping berupa tenda untuk bermalam di Bukit Cumbri menunggu pagi hari saat matahari terbit.

Dinginnya malam ketika menginap di Bukit Cumbri dijamin akan hilang tatkala melihat keindahan matahari mulai terbit bersinar di pagi hari. Seakan berada di atas awan dengan sinar mentari pagi kuning keemasan akan menjadikan pengalaman yang tak terlupakan karena dapat menikmati sunrise dari atas awan.

Di saat-saat begini jangan lupa abadikan dengan foto-foto maka dijamin hasilnya akan spektakuler. Ketika foto tersebut diunggah ke media sosial maka dijamin temanmu pasti akan tertarik dan berniat mengunjunginya suatu saat nanti.

Mengingat jalan menuju Bukit Cumbri yang cukup ekstrim maka diperlukan mobil dengan kondisi prima dan pengemudi yang mahir serta berpengalaman.

Bagi wisatawan yang membutuhkan maka sewa mobil Jogja menyediakan mobil-mobil tahun yang tinggi bermesin prima serta pengemudi yang berpengalaman dan tentu saja sangat mahir di jalan ke Bukit Cumbri yang ekstrem. Untuk pemesanan bisa buka situs Raskita.com.

Lokasi

[fusion_modal_text_link name=”Google Map” class=”” id=””][/fusion_modal_text_link]

Kepyar, Purwantoro, Ngudal, Pagerukir, Sampung, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah 57695

Fasilitas

Sebagai sebuah wisata alam, Bukit Cumbri belum dikelola secara profesional sehingga belum banyak fasilitas yang disediakan. Semuanya masih asli alami sehingga apabila kamu berkunjung maka harus siapkan segala sesuatunya dengan cermat.

Harga Tiket

Tempat wisata ini tidak mempunyai tarif masuk alias gratis. Tidak ada portal apapun yang membatasi karena ketika sampai maka kamu sampai di sebuah perkampungan. Titipkan kendaraan bermotor di rumah-rumah penduduk, dijamin aman karena penduduknya ramah-ramah. Tidak ada tarif yang pasti akan untuk parkir, tapi tarif dibawah bisa menjadi patokan dan bisa memberi yang lebih itu lebih baik.

Keterangan Harga
Tiket Masuk Gratis
Parkir Mobil Rp 5.000,00
Parkir Sepeda Motor Rp 2.000,00

Jam Buka

Wisata Bukit Cumbri buka selama 24 jam karena waktu yang paling baik untuk mendapatkan pengalaman yang menarik adalah di kala pagi hari saat dapat menikmati sunrise dari atas awan. Perkiraan perjalanan menuju puncak adalah sekitar 1 jam. Perkirakan saja waktu yang tepat untuk mendaki.

Sebagai salah-satu wisata alam Bukit Cumbri dengan trekking dan camping bila mau, maka diperlukan kondisi fisik yang sehat dan prima. Agar jangan sampai sakit maka selalu jaga kesehatan. Selain menjaga kesehatan, karena trekking maka selalu jaga kelestarian alam.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *