wisata Lava Bantal Berbah

Lava Bantal Berbah

Orang Indonesia memang kreatif, daya imajinasinya tinggi sehingga mampu menjadikan sesuatu yang biasa-biasa saja menjadi luar biasa. Ketika mendapat musibah dia akan mengubahnya menjadi suatu berkah. Hal inilah yang terjadi di suatu desa yang bernama Dusun Watuadeg, Desa Jogotirto, Kecamatan Berbah, Kabupaten Sleman – Yogyakarta. Dusun tersebut saat ini dijadikan obyek wisata dengan nama Lava Bantal Berbah.

Dinamakan Lava Bantal karena batu lava yang membeku bentuknya menyerupai bantal yang bertumpuk-tumpuk. Bentuknya yang unik dengan dipadu aliran sungai yang deras menjadikan tempat ini layak untuk dikunjungi. Tempat wisata ini telah kami rangkum dalam paket tour jogja 3 hari.

Keindahan Lava Bantal Berbah

Mengunjungi destinasi wisata Lava Bantal Berbah kalau kita mau merenung maka angan kita serasa akan mundur ke masa ribuan tahun yang silam. Lokasi ini dulunya adalah aliran lahar panas dari sebuah gunung api purba yang erupsi melalui sebuah celah bumi sehingga bercampur dengan aliran air sungai sehingga membentuk gelembung-gelembung seperti bantal yang akhirnya mengeras seperti yang terlihat sekarang.

Sungguh sebuah keajaiban alam sehingga tidak salah kiranya tempat tersebut menjadi sebuah kawasan geoheritage atau warisan geologi yang terbentuk secara alami. Hal yang menarik dari batuan di tempat ini adalah warna dari bebatuan. Dibelah oleh sungai yang bernama Kali Opak, warna batu antara kanan dan kiri berbeda. Perbedaan warna ini sampai sekarang masih menjadi misteri dan masih diteliti oleh para ahli.

Lihat tempat wisata jogja lainnya: Jembatan Gondolayu Jogja

Kali Opak sendiri adalah sebuah sungai dengan tipe alami yang cukup ekstrim dengan aliran cukup deras berbatu batu. Karena keekstriman inilah sungai ini dimanfaatkan untuk wisata tubing river. Olahraga ini menggunakan ban dalam besar yang dijadikan sejenis perahu untuk menyusuri sungai dangkal penuh rintangan. Tubing river di tempat ini terutama di hari-hari libur Sabtu-Minggu dan hari besar nasional biasanya ramai.

Untuk melakukan petualangan tubing river yang berjarak sekitar 1 kilometer biasanya diselesaikan selama sekitar 30 menit. Untuk keamanan setiap kelompok peserta biasanya sekitar 5 orang akan dipandu oleh 1 orang pemandu. Bagi Anda dari luar kota dan ingin berwisata ke Lava Bantal Berbah coba kunjungi situs Raskita.com. Raskita menyediakan berbagai macam paket wisata sesuai dengan kebutuhan. Sewa bus Jogja akan menjemput rombongan dari Bandara ke destinasi wisata yang sudah direncanakan sebelumnya.

Lava Bantal Berbah

Lokasi wisata

Tanjung, Kalitirto, Kec. Berbah, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55573

Lihat: Google Map

Fasilitas

Sebagai sebuah destinasi wisata, maka Lava Bantal Berbah menyediakan fasilitas-fasilitas umum yang memadai diantaranya:

  • Tempat parkir yang luas
  • Kamar mandi/toilet yang bersih
  • Tempat ibadah/mushola
  • Pendopo dan gazebo
  • Tikar dan sound system bagi penyewa gazebo
  • Warung makan yang dikelola masyarakat
  • Pemandu tubing bagi yang ingin menikmati petualangan tubing river di Kali Opak.

Harga Tiket Lava Bantal Berbah

Harga tiket untuk masuk ke wisata Lava Bantal Berbah kalau cuma sekedar melihat-lihat adalah gratis alias tidak bayar. Hanya dikenakan biaya parkir dengan harga normal dan baru bayar bila ingin melakukan river tubing. Harga tersebut adalah harga normal dan sewaktu-waktu dapat berubah. Pastikan kesepakatan harga sebelum Anda bertubing ria.

Jenis Biaya
Tiket Masuk gratis
Parkir sepeda motor Rp 2.000,00
Parkir mobil kecil Rp 5.000,00
Parkir mobil besar Rp 10.000,00
Tiket river tubing anak per 30 menit Rp 10.000,00
Tiket river tubing dewasa per 30 menit Rp 15.000,00

Jam buka Lava Bantal Berbah

Destinasi wisata yang menampilkan atraksi tubing river ini buka setiap hari dari pukul 06.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB setiap hari dari hari Minggu hingga hari Senin tanpa mengenal hari libur. Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah pagi dan sore hari. Di sekitar objek wisata ini juga terdapat berbagai tempat wisata menarik lainnya. Tempat wisata dekat Lava Bantal diantaranya Goa Sentono, Candi Abang, Bukit Bintang, dan lain-lain.

Yogyakarta memang kaya dengan wisata baik tempat-tempat menarik berbasis alam seperti gunung, pantai dan sungai maupun berbasis budaya seperti candi, benteng, arena permainan dan lain sebagainya. Rencanakan liburan Anda ke Yogyakarta dan masukkan wisata Lava Bantal Berbah ke dalam agenda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *