Wisata Keraton Ngayogyakarta

Keraton Ngayogyakarta

Yogyakarta adalah salah satu kota paling terkenal di Jawa dan kota yang paling menarik. Kota ini dikenal sebagai daerah istimewa dan juga kota pendidikan. Ikon kota ini yang paling terkenal adalah Keraton Ngayogyakarta. Ini adalah salah satu keraton yang masih bertahan sampai sekarang di Indonesia. Banyak seniman dan kaum intelektual yang berduyun-duyun ke sini untuk sejarah singkat keraton Yogyakarta. Kota ini terkenal di Indonesia karena secara teknis merupakan kesultanan yang masih ada sejak 1700-an. Akibatnya, banyak objek wisata Yogyakarta yang berhubungan dengan kerajaan/keraton.

Keraton Ngayogyakarta

Keraton Ngayogyakarta adalah sebuah tempat yang dibangun dan dirancang dengan cermat untuk menjadi tempat tinggal Raja Jawa dan simbol budaya Jawa. Keraton elegan dan megah ini dibangun berdasarkan kepercayaan kuno tentang hubungan antara Tuhan, manusia, dan alam. Setiap fiturnya memiliki makna simbolis khusus yang terkait dengan budaya Jawa. Bangunan utama keraton dibangun di tengah menghadap langsung ke utara menuju Gunung Merapi yang megah.

Sisi selatannya dibangun menghadap Samudra Hindia, yang diyakini sebagai tempat tinggal Kanjeng Ratu Roro Kidul, Ratu Laut Selatan. Ada cerita unik di Yogyakarta yang mengatakan bahwa Ratu Laut Selatan adalah permaisuri mistis Sultan. Desain keraton Ngayogyakarta adalah contoh indah arsitektur tradisional Jawa yang tidak ada bandingannya. Tata letak dasar dan asli bangunan utama keraton mulai dibangun pada masa pemerintahan Sultan Hamengku Buwono I, pada tahun 1755 – 1756.

Bangunan keraton lainnya secara bertahap diperluas oleh penerus takhta. Simbol resmi istana ini bernama Praja Cihna. Ini menggambarkan elemen-elemen penting yang memancarkan makna filosofis. Huruf Jawa di tengah adalah “ha” dan “ba”, singkatan dari Hamengku Buwana. Dan warna merah adalah simbol keberanian dan kewaspadaan untuk menghargai kebenaran, sedangkan emas adalah simbol kemegahan yang agung. Keraton ini dirancang untuk menjadi lebih dari sekadar tempat tinggal kerajaan. Keraton dibangun untuk menjadi titik fokus seluruh kerajaan Sultan.

Keraton Yogyakarta

Lokasi Wisata

Alamat: Jl. Rotowijayan Blok No. 1, Panembahan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Lihat: Google Map

Jika Anda ingin mengunjungi tempat wisata bersejarah ini bersama keluarga, Anda bisa menggunakan jasa rental mobil murah di jogja.

Fasilitas

Jika Anda berlibur ke keraton Yogyakarta, selain bisa menikmati pemandangan keraton, Anda juga akan mendapatkan beberapa fasilitas. Berikut fasilitas yang akan Anda dapatkan.

  • Untuk memudahkan pengunjung, abdi dalem keraton sudah menyediakan papan berisi denah dan petunjuk Keraton Ngayogyakarta
  • Anda akan ditemani oleh ahli dalem saat berkeliling di dalam keraton dan akan mendapatkan penjelasan singkat mengenai sejarah keraton. Jadi Anda tak perlu khawatir akan tersesat.
  • Di keraton Ngayogyakarta sudah disediakan toilet umum. Anda tidak perlu keluar untuk keraton untuk mencari toilet
  • Di dalam keraton juga ada tempat oleh-oleh khas Yogyakarta. Anda bisa membeli oleh-oleh untuk keluarga di sini.

Harga Tiket Masuk Keraton Ngayogyakarta

Harga tiket masuk ke keraton Ngayogyakarta tidak mahal. Selain tiket, ada juga penyewaan kendaraan untuk mengantar Anda ke keraton Ngayogyakarta. Berikut list lengkapnya.

Keterangan Harga
Tiket masuk wisatawan domestik Rp. 7000
Tiket masuk wisatawan mancanegara Rp. 12.000
Sewa mobil Rp. 300.000 s/d Rp. 2.350.000
Sewa motor Rp. 100.000 s/d Rp. 2.800.000
Sewa bus Rp. 650.000 s/d Rp. 3.400.000

Jam Buka

Jam buka keraton Jogja pada hari biasa dimulai pada pukul 8 pagi dan tutup pada pukul 2 siang. Khusus hari Jumat keraton buka pada pukul 8 pagi sampai pukul 12 siang. Keraton Ngayogyakarta buka setiap hari. Jadi Anda bebas mengunjunginya kapan saja. Jika Anda suka dengan pertunjungan seni Jawa seperti gamelan. Anda bisa berkunjung ke sini pada jam 9.30 pagi. Biasanya di jam ini keraton akan menampilkan pagelaran.

Lihat tempat wisata jogja lainnya: Ayunan Langit Watu Jaran

Saat berkunjung ke sini selalu perhatikan semua aturan yang dijelaskan oleh ahli dalem. Keraton Ngayogyakarta ada aturan khusus yang dibuat oleh keluarga keraton Jogja dan itu wajib dihormati oleh para pengunjung keraton. Jadi pastikan Anda mengikuti arahan mereka. Anda akan mendapat pengalaman yang tak terlupakan di Yogyakarta. Setelah mengunjungi daerah keraton, Anda juga dapat berjalan-jalan di tempat-tempat wisata terdekat, seperti Jalan Malioboro dan Pasar Beringharjo. Kompleks Taman Sari juga dekat dengan keraton.

Taman ini juga ada kaitan sejarah kerajaan, dan terdiri dari kastil air yang indah dan masjid bawah tanah yang unik bernama sumur Gumuling. Agar wisata keraton Yogyakarta semakin mudah, Anda bisa booking paket wisata Jogja. Di Yogyakarta ada banyak sekali agen yang menawarkan paket wisata tetapi yang paling direkomendasikan adalah raskita.com. Raskita.com menyediakan banyak paket wisata salah satunya adalah paket wisata Jogja 1 hari.

Ini adalah paket yang paling laris. Keraton Ngayogyakarta adalah tempat liburan yang wajib Anda kunjungi di Yogyakarta. Banyak sekali keunikan khas budaya Jawa disini. Fasilitas yang disediakan pun banyak. Anda juga bisa memilih paket wisata untuk menyempurnakan liburan Anda. Ajak keluarga Anda ke Yogyakarta sekarang juga.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *