Museum Sonobudoyo jogja

Museum Sonobudoyo

Salah satu wisata sejarah yang direkomendasikan untuk dikunjungi ketika Anda berwisata ke kota Yogyakarta adalah Museum Sonobudoyo. Mengapa layak untuk dikunjungi? Karena museum ini selain mempunyai sejarah yang panjang juga mempunyai program-program menarik yang sayang untuk dilewatkan. Mendengar kata museum kadang di benak kita akan tergambar suatu tempat yang membosankan, sepi penuh benda-benda kuno dan seterusnya. Tetapi seiring waktu museum akan berubah, berbenah menjadi lebih dari sekedar tempat pajangan benda-benda kuno.

Museum Sonobudoyo Yogyakarta

Secara historis museum ini diresmikan dan dibuka untuk umum pada tanggal 6 November 1935 di masa penjajahan Belanda. Tujuan dari pembuatan museum adalah untuk melestarikan dan mengembangkan kebudayaan pribumi terutama di Jawa, Madura, Bali dan Lombok.

Bagi Anda yang hendak mengunjungi museum ini dalam rangka liburan bersama keluarga atau rekan caranya sangat mudah. Buka saja situs Paket wisata Jogja raskita di alamat https://raskita.com. Ada banyak Paket Wisata Yogyakarta yang dikemas sesuai dengan kebutuhan Anda. Ketika Anda datang sendiri dan ingin berpetualang sendiri raskita juga mempunyai paket rental sepeda motor di Sewa motor Jogja. Walaupun Anda belum hafal atau baru pertama kali ke Yogya, ingin ke Museum Sonobudoyo jangan takut kesasar karena Google Maps akan menunjukkan jalan dengan tepat.

Museum Sonobudoyo

Lokasi Wisata

Alamat: Jl. Pangurakan No.6, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122

Lihat: Google Map

Fasilitas

Selain fasilitas umum seperti tempat parkir, kamar mandi/toilet dan hal-hal lainnya Museum Sonobudoyo menghadirkan fasilitas lain yang berupa fisik maupun non fisik. Ini yang menarik karena untuk menghindari kesan museum adalah suatu bangunan yang angker di antaranya:

  • Program unggulan pagelaran wayang kulit setiap hari kerja. Pagelaran yang ditujukan kepada seluruh wisatawan baik asing maupun domestik tersebut dilakukan secara lengkap. Menggunakan wayang kulit asli diiringi gamelan, ada dalang, sinden serta menggunakan Bahasa Jawa. Pertunjukan ini hanya singkat saja yakni dimulai pada pukul 20.00 dan selesai pada pukul 22.00 WIB.
  • Koleksi-koleksi benda-benda budaya. Koleksi museum utamanya yang berasal dari kebudayaan Jawa, Madura, Bali dan Lombok. Saat ini koleksinya mencapai sejumlah lebih dari 43.000 buah dan selalu bertambah hasil dari berbagai macam cara mulai dari ganti rugi, hibah dan juga titipan dari pihak lain.
  • Auditorium untuk ruang rapat, seminar atau pelatihan. Kapasitas peserta rapat bisa menampung sekitar 75 peserta di lantai dasar dan sekitar 100 peserta di lantai atas.
  • Gedung serbaguna berkapasitas 500 orang yang biasa digunakan untuk pesta pernikahan, ulang tahun atau lainnya. Gedung ini dilengkapi dengan penyejuk udara (AC), sound system, meja dan kursi.
  • Jasa pemandu wisata yang akan memandu pengunjung untuk mengenali koleksi-koleksi museum.

Harga Tiket Museum Sonobudoyo

Harga tiket untuk masuk sangatlah terjangkau. Harga tersebut mungkin berubah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu, tetapi perubahan tidak akan membebani pengunjung.

Keterangan Harga
Anak-Anak Rp 2.000,00
Dewasa Rp 3.000,00
Pertunjukan Wayang Kulit Rp 20.000, 00

Jam buka

Museum dibuka setiap hari Selasa hingga Minggu dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 15.30 WIB. Hari Senin museum tidak beroperasi dan pada hari Jumat museum tutup lebih awal yakni pukul 14.00 WIB. Khusus pagelaran wayang kulit, diselenggarakan pada tiap hari kerja dari hari Senin hingga hari Sabtu dari pukul 20.00 WIB hingga 22.00 WIB. Ketika berwisata ke Yogyakarta Anda jangan hanya mengunjungi satu tempat ya?.

Banyak tempat-tempat lain yang recommended untuk dikunjungi. Selain wisata budaya berupa tempat tempat peninggalan budaya ternyata masih banyak tempat lain seperti Pantai Parangtritis, Tebing Breksi, Taman Pelangi, Monumen Jogja Kembali dan masih banyak lainnya. Demikian ulasan singkat mengapa perlu mengunjungi Museum Sonobudoyo. Dengan mengunjungi museum maka ilmu dan pemahaman tentang budaya-budaya menjadi bertambah.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *