Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus Mangunan

Saat ini, banyak media sosial mengunggah informasi tentang tujuan wisata baru di Yogyakarta. Salah satunya yang banyak dikenal adalah Hutan Pinus Mangunan. Objek wisata ini menjadi tempat favorit karena biasanya pemandangannya hanya ditemukan di luar negeri.

Hutan Pinus Mangunan terletak di RPH (Resor Manajemen Hutan) di Mangunan. Hutan pinus ini ditutupi dengan pinus Merkusii. Lokasi ini sejalan dengan makam raja-raja Imogiri yang membuat orang menyebutnya sebagai Hutan Pinus Imogiri walaupun tidak terletak di wilayah Imogiri Bantul secara administratif. Tempat wisata ini telah kami rangkum dalam paket tour jogja 2 hari 1 malam.

Overview Hutan Pinus Mangunan

Sekarang daerah Mangunan tidak hanya berfungsi sebagai hutan lindung tetapi juga sebagai tujuan wisata. Aroma khas pinus akan tercium saat memasuki hutan. Barisan pohon pinus yang berdiri kokoh, menjadi daya tarik utama hutan ini. Tak heran, jika hutan menjadi salah satu tempat favorit untuk berfoto.

Pemandangan Hutan Pinus Mangunan mirip dengan hutan dalam Film Twilight yang menjadi tempat favorit untuk berfoto. Selain itu, tempat ini juga digunakan untuk mengambil foto untuk pemotretan professional. Objek wisata ini juga dilengkapi dengan panggung seni dengan kursi panjang yang berjejer di depannya.

Di hutan ini, ada jenis pohon lain yang ditanam seperti akasia, kemiri, mahoni, dan kayu putih. Suasana hutan pinus menarik wisatawan yang ingin bersantai dari aktivitas sehari-hari.

Selain hutan pinus Mangunan ada beberapa hutan pinus lain yaitu Hutan Pinus Pengger, Hutan Pinus Magelang, dan Hutan Pinus Magelang.

Hutan Pinus Mangunan Yogyakarta

Lokasi Tempat Wisata Hutan Pinus Mangunan

Alamat: Sukorame, Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 66783

Lihat: Google Map

Jika Anda bersama keluarga ingin mengunjungi tempat wisata ini, Anda bisa rental mobil murah di jogja lepas kunci atau dengan supir.

Fasilitas

Pengelola Hutan Pinus Mangunan menyediakan beberapa fasilitas untuk para pengunjung. Berikut beberapa fasilitas yang disediakan.

  1. Jalur tracking
  2. Area outbond
  3. Tempat ibadah (mushola)
  4. Tempat bersantai/gazebo
  5. Area parkir kendaraan

Harga Tiket Masuk ke Hutan Pinus Mangunan

Untuk bisa menikmati indahnya Hutan Pinus Mangunan anda tidak dikenakan biaya dan hanya dikenakan biaya beberapa ribu saja untuk parkir. Berikut daftar harganya.

Keterangan Harga
Tiket masuk Gratis
Tiket parkir mobil Rp 3000
Tiket parkir motor Rp 10.000
Tiket parkir bus Rp 20.000
Biaya pre wedding Rp 50.000

Jam Buka Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus Mangunan dibuka setiap hari mulai jam 6 pagi sampai 5.30 sore. Anda bisa berkunjung kapan saja kesini baik pagi, siang, maupun sore.

Setelah puas membuat foto di hutan pinus Mangunan, jangan lupa mengunjungi mata air Bengkuang di dekat hutan. Mata air  ini dipercaya sebagai tempat meditasi Sultan Agung Hanyakrakusuma, raja Mataram. Mata air yang banyak dikunjungi para peziarah ini dibangun oleh pemerintah Belanda pada tahun 1925 hingga 1930.

Lihat tempat wisata jogja lainnya: Museum Sonobudoyo

Untuk menuju mata air Bengkuang, Anda dapat berjalan kaki dari tempat parkir dan menembus hutan, mengikuti jalur Watu outbond. Bisa juga lewat jalur melingkar yang lebih jauh dan diakses dengan mengendarai sepeda motor dan sepeda.

Jika saat anda berkunjung ke Jogja tidak membawa sepeda motor, anda bisa sewa di raskita.com. Di sini anda bisa mendapatkan sepeda motor yang akan memudahkan perjalanan anda saat menyusuri hutan.

Harganya pun tidak mahal sesuai dengan motor yang anda pinjam. Anda harus pastikan keamanan dan kenyamanan anda saat pergi wisata.

Jika Anda pergi ke Hutan Pinus Mangunan, harap jaga kebersihan dan pelestarian hutan ini. Saat ini Hutan Pinus Mangunan semakin populer sebagai salah satu lokasi perburuan foto dan bahkan pre wedding. jangan heran jika para wisatawan menyebutkan bahwa objek wisata ini adalah  salah satu yang harus dikunjungi ketika ke Jogja.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *