Museum Sasmita Jogja

Museum Sasmita Panglima Jenderal Sudirman

Indonesia yang kita nikmati saat ini ada berkat para pahlawan. Salah satu pahlawan itu adalah Jenderal Sudirman yang tak menghiraukan keadaan dirinya, dan terus bergerilya. Mengenangnya dengan mengunjungi Museum Sasmita Panglima Jenderal Sudirman, membawa kita kembali melihat kegagahannya. Museum ini dulunya adalah tempat kediaman Panglima Besar Jenderal Sudirman yang sebenarnya.

Lihat juga Candi Prambanan Jogja

Di sini kamu akan benar-benar mengetahui seperti apa beliau dan betapa besar cintanya pada Indonesia. Bukankah dengan alasan itu saja tempat ini sudah pasti harus dijadikan destinasi kunjunganmu ketika berada di Jogja? Kalau alasan itu belum cukup, rasanya membaca overview mengenai tempat bersejarah ini akan membuatmu merasakan hal yang sama.

Overview Museum Sasmita Panglima Jenderal Sudirman

museum sasmitaloka panglima besar koleksi jenderal sudirman

Seperti sudah dikatakan di awal, tempat ini adalah rumah Jenderal Sudirman, Jenderal gagah kita yang patut terus diingat jasanya. Di rumah ini, desain bangunan dipertahankan seperti aslinya, lengkap dengan mobil yang diparkir di bagian depan. Setiap tahun, rumah selalu dicat ulang dengan warna aslinya supaya kita tahu karakter beliau yang sebenarnya. Pada bagian rumah yang sudah menjadi museum ini terdapat ruang koleksi utama yang berisi barang peninggalan Jenderal Sudirman.

Di sini pulalah letak tandu yang dulu beliau naiki ketika bergerilya sambil melawan penyakit yang dideritanya. Ada pula bagian di mana kita menyadari kesederhanaan keluarga Jenderal Sudirman dari kamar lama beliau. Pada bagian lain, terdapat ruangan yang dibuat mirip dengan Rumah Sakit Panti Rapih, tempat sang Jenderal dirawat kala itu. Disini kita bisa melihat sebuah cerita mengenai sakit Jenderal Sudirman yang sudah sangat parah dan memerlukan operasi.

Untuk membuat kita lebih terhanyut dalam suasana mengenang beliau, pihak museum juga menampilkan berbagai macam diorama. Diorama-diorama tersebut menggambarkan peristiwa penting dan sulit yang dialami Jenderal Besar kebanggan kita itu. Tak cukup sampai disitu, kita masih akan disuguhi dokumentasi – dokumentasi bersejarah yang bisa membuat kita merasakan semangat beliau. Puluhan dokumentasi itu tertata dengan apik, bahkan dokumentasi Jenderal Sudirman Purwokerto ada di sana. Beliau menghabiskan waktunya di Purwokerto bersama Tan Malaka merencanakan kongres Purwokerto di tahun 1946.

Lokasi Museum Sasmita Panglima Jenderal Sudirman

Jl. Bintaran Wetan No.3, Gunungketur, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55151

Lihat: Google Map

Fasilitas

Tidak banyak fasilitas yang ada di sejarah Museum Jenderal Sudirman Jogja ini, namun kamu bukan datang untuk fasilitasnya bukan? terlepas dari hal itu, berikut fasilitas di museum ini :

Tempat Parkir Luas

Penyedia sepertinya mengerti akan antusias para kawula muda yang ingin semakin dekat mengenang beliau. Disini tempat parkir dijaga dengan aman oleh pihak pengelola museum sehingga tidak pernah ada kejadian buruk terjadi. Sebelum diubah menjadi area parkir, dulunya bagian ini merupakan halaman rumah.

Musala

Fasilitas musala yang ada di museum bisa dibilang sangat istimewa karena kita tahu Jenderal Sudirman adalah muslim yang taat. Musala ini sudah ada sejak lama, dan pengelola hanya merawatnya saja.

Toilet

Untuk fasilitas satu ini sepertinya mau tempat wisata bersejarah ataupun bukan, merupakan hal yang wajib. Tanpa bisa melepaskan hajat dengan lancar, konsentrasi selama kunjungan bisa saja mudah buyar.

Harga Tiket

museum sasmitaloka panglima besar koleksi jenderal sudirman

Ketika kita berniat mengunjungi tempat luar biasa bersejarah ini, tentunya harga tiket tidak menjadi masalah. Tapi ternyata Kamu malah akan bermasalah karena dikejutkan dengan tiket masuk.

Keterangan Harga
Tiket Masuk Gratis
Tiket Parkir Gratis

Jam Buka

Museum yang membawa kita jauh ke 70 tahun lalu ini buka hanya 5 hari dalam satu minggu yaitu Senin – Jumat. Jam bukanya pun tidak lama, dari pukul 8 pagi hingga 3 sore saja. Maka dari itu kamu harus datang awal agar bisa melihat semua memorabilia yang ada. Selain itu jika datang awal, kamu juga bisa mengunjungi Benteng Vredeburg dan keraton yang letaknya cukup dekat. Supaya tidak kehilangan waktu karena jam buka yang sempit, gunakanlah jasa www.raskita.com yang menyediakan Paket Wisata Jogja.

Lihat juga Goa Rancang Kencono

Dengan menggunakan jasa terpercaya www.raskita.com, waktu kunjungan akan tertata dan kemungkinan kehabisan waktu tidak akan ada. Demikian overview Museum Sasmita Panglima Jenderal Sudirman yang berisi kenangan kegagahan dan semangat membaranya. Semoga kamu bisa segera datang kesini, dan lalu ikut terhanyut dalam rasa yang sama, memahami rasa perjuangan yang membara.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *