wisata Air Terjun Seloprojo

Air Terjun Seloprojo

Selain terkenal akan gudeg dan wisata pantainya yang indah, Yogyakarta ternyata juga menyimpan potensi wisata lain. Salah satunya wisata alam air terjun yang ada di Sleman. Air terjun ini bernama Air Terjun Seloprojo yang biasa disebut juga sebagai Air Terjun Sumuran. Seloprojo memiliki ketinggian air sekitar 30 meter dengan aliran yang berasal langsung dari Gunung Telomoyo. Tidak heran air yang dimiliki air terjun ini begitu jernih dan dingin. Lokasinya yang tersembunyi dan tidak memiliki papan penunjuk jalan menjadikan tempat ini tidak begitu populer di kalangan wisatawan.

Keunikan Air Terjun Seloprojo

Air Terjun Seloprojo Jogja

Destinasi wisata Yogyakarta ini memiliki 2 air terjun yang letaknya berdekatan. 2 air terjun ini sebenarnya masih berada dalam kawasan Seloprojo dan bernama Air Terjun Sumuran dan Air Terjun Senthong. Hanya saja, masih banyak wisatawan yang berpikir bahwa Air Terjun Seloprojo adalah nama lain dari Air Terjun Sumuran. Padahal, Seloprojo adalah kawasan wisata 2 air terjun itu. ini menyebabkan tidak banyak yang mengetahui keberadaan Air Terjun Senthong.

Lihat juga Air Terjun Sidoharjo

Padahal, keduanya masih berada di lokasi yang sama. Rute menuju Air Terjun Seloprojo ini juga cukup licin karena terkena tempias air terjun dan lokasinya yang masih tersembunyi. Jika tidak ingin tersesat, disarankan untuk mengambil paket wisata Jogja di Raskita.com yang juga menyediakan pemandu wisata untuk kamu. Tapi kamu tidak perlu khawatir, perjalanan sulit yang dilalui untuk mencapai air terjun ini akan terbayar lunas ketika melihat pemandangannya.

Di destinasi wisata alam yang satu ini, kamu bisa menemukan adanya dua kolam yang digunakan untuk menampung air dengan kedalaman satu meter, Kolam-kolam ini sengaja dibentuk agar pengunjung bisa bermain dan mandi di daerah aliran air terjunnya. Selain itu, terdapat 3 patung burung di lokasi air terjun dengan lobang aliran air yang meluncur dari paruh burungnya. Patung itu dibuat mirip dengan bebatuan candi sehingga akan menimbulkan kesan kolosal di air terjun Penasaran dengan ulasan lebih lengkap mengenai wisata air terjun yang cantik ini? Berikut informasi lengkap yang kami sediakan untuk kamu.

Lokasi Air Terjun Seloprojo

Alamat: Seloprojo, Ngablak, Magelang, Jawa Tengah 56194

Lihat: Google Map

Fasilitas Air Terjun Seloprojo

Meskipun air terjun ini memiliki potensi wisata yang besar, pihak pengelola masih belum menyediakan fasilitas yang memadai di sini. Akses wisata menuju air terjun ini masih sulit untuk dilalui. Meskipun begitu, daerah wisata ini masih mungkin untuk terus berkembang. Berikut beberapa fasilitas yang ada di wisata yang bisa dimanfaatkan:

  • 2 buah kamar mandi umum
  • Lapangan parkir untuk kendaraan roda dua
  • Gazebo bagi pengunjung yang ingin beristirahat
  • Camp ground atau tempat berkemah bagi pengunjung yang ingin menginap dan melakukan kegiatan outbound.

Itulah beberapa fasilitas yang ditawarkan oleh pengelola air terjun. Untuk fasilitas parkir roda empat sendiri belum disediakan oleh pihak pengelola. Hal ini wajar, karena lokasi wisata ini masih dalam tahap pengembangan. Hanya mampu menampung 30 kendaraan roda dua, lokasi parkir wisata ini ada di sebelah pos retribusi.

Lihat juga Air Terjun LEPO Dlingo

Untuk warung makan juga belum tersedia di lokasi wisata alam yang satu ini. Pengunjung disarankan untuk membawa perbekalan sendiri ketika datang ke sini.

Harga Tiket

Wisata Air Terjun Seloprojo

Tidak ada harga tiket yang ditawarkan pihak pengelola. Pengunjung hanya akan dikenakan biaya retribusi untuk pengembangan tempat wisata yang satu ini. Berikut daftar harganya:

Keterangan Harga
Harga Tiket Masuk Belum dikenakan harga tiket
Biaya Retribusi Rp 5.000 per orang
Parkir Sepeda Motor Rp 2.000 per unit

Jam Buka

Pihak pengelola tidak pernah menutup tempat wisata yang satu ini. Air terjun Seloprojo ini buka dari hari senin sampai minggu. Hanya saja, untuk jam kunjungan, disarankan untuk datang dari pukul 08.00 sampai pukul 17.00.
Karena pada malam hari pos retribusi pasti kosong. Akses jalan yang sulit juga dikhawatirkan akan membuat pengunjung mendapat cedera jika berkunjung malam-malam. Air terjun ini memang masih dalam tahap pengembangan, tetapi wilayah ini memiliki potensi wisata yang besar.

Lihat juga Grojogan Banyu Tibo

Keindahan alamnya yang masih asri dan jernihnya air terjun tidak akan membuatmu menyesal telah mengunjungi tempat ini. Spot untuk hunting foto juga banyak. Ada lokasi yang dipenuhi pepohonan hijau yang bisa dijadikan untuk spot mengambil foto. Selain itu, tempatnya yang tidak begitu ramai juga bisa dijadikan tempat menenangkan diri. Nah, itulah beberapa informasi lengkap seputar Air Terjun Seloprojo. Semoga artikel ini bisa menjadi bahan referensi liburanmu dan selamat berlibur.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *