Waduk Gajah Mungkur

Waduk Gajah Mungkur

Waduk Gajah Mungkur memiliki popularitas yang sangat baik di Kabupaten Wonogiri dan daerah sekitarnya. Tidak hanya memiliki fungsi yang signifikan bagi penduduk desa terdekat, tetapi waduk juga menjadi tempat liburan baru bagi mereka yang mengunjungi Wonogiri. Selain pergi ke gunung dan pantai saat Anda berada di Jogja juga bisa mengunjungi wisata Waduk Wonogiri. Anda bisa mengeksplor banyak hal di tempat wisata ini.

Waduk Gajah Mungkur

Lokasi Waduk Gajah Mungkur

Waduk ini terletak di Desa Pokoh Kidul. Nama waduk ini berasal dari keberadaan pegunungan Gajah Mungkur di dekatnya yang terletak di sebelah barat. Proyek Waduk di Wonogiri dimulai pada tahun 1976 dan mulai berfungsi pada tahun 1982. Proses pembuatan waduk cukup lama. Menurut penduduk setempat, total luas Waduk ini adalah 8.800 hektar, menjadi milik 7 kecamatan.

Di sana juga ada bendungan yang memiliki ketinggian 40 meter dan panjang 830 meter. Tidak heran, penduduk desa terdekat atau petani selalu dapat memenuhi kebutuhan mereka. Meski beberapa saat lalu Waduk Gajah Mungkur kering. Sebenarnya, manfaat Waduk Wonogiri ini adalah untuk irigasi, pasokan air, dan penghasil listrik. Tapi karena waduk ini memiliki potensi sebagai objek pariwisata, pemerintah daerah menyediakan beberapa fasilitas menuju ke lokasi.

Lihat juga Tlogo Putri Kaliurang 

Setelah pemerintah membangun banyak fasilitas, orang-orang dapat melakukan banyak hal di daerah itu termasuk memancing, fotografi, jalan-jalan, dan banyak lagi. Dalam beberapa tahun terakhir wadung ini jadi tempat wisata yang populer. Pengunjungnya tidak hanya dari dalam kota tetapi juga berasal dari luar kota. Menjadi tempat liburan terkenal di Kabupaten Wonogiri, Waduk Gajah Mungkur Jogja memang memiliki banyak pengunjung baik dari desa terdekat atau daerah lain.

Wisatawan bisa menikmati banyak hal disana. Misalnya, para wisatawan bisa naik perahu dan menjelajahi waduk bersama keluarga mereka. Tidak hanya mereka dapat menyewa perahu, tetapi mereka juga bisa menikmati wahana lain seperti naik sepeda air, banana boat, dan speed boat. Masing-masing wahana harganya berbeda. Wisatawan harus membawa uang tunai yang cukup ketika mengunjungi Waduk tersebut.

Hal umum berikutnya yang harus dilakukan di Waduk Gajah Mungkur adalah memancing. Waduk telah menjadi rumah bagi berbagai jenis ikan termasuk ikan wader pari, tawes, patin jambal, dan lain sebagainya. Di Waduk ini terdapat beberapa tempat yang cukup bagus untuk menangkap ikan-ikan itu.

Lokasi Wisata

Alamat: Waduk Gajahmungkur, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah

Lihat: Google Map

Fasilitas yang Ada di Waduk Gajah Mungkur

Pengelola Waduk wonogiri ini sudah melengkapi dengan berbagai fasilitas. Ini guna memastikan seluruh pengunjung mendapatkan pelayanan yang baik dan kenyamanan. Inilah beberapa fasilitas yang disediakan.

  • Kamar mandi umum.
  • Tempat santai
  • Penyewaan banana boat
  • Penyewaan speed boat
  • Live Musik
  • Loker baju
  • Bisa menyewa baju renang
  • Tempat ibadah
  • Area parkir kendaraan

Harga Tiket Masuk

Waduk Gajah Mungkur

Pengunjung Waduk ini akan dikenakan beberapa biaya termasuk biaya masuk dan biaya parkir. Berikut daftar harganya.

Keterangan Harga
Tiket masuk ke Wisata Rp. 5000
Tiket parkir mobil Rp. 5000
Tiket parkir motor Rp. 2000

Jam Buka Wisata

Waduk Gajah Mungkur buka setiap hari mulai jam 7 pagi sampai jam 5 sore. Anda bisa menikmati wahana yang ada disini mulai pagi sampai sore. Selain itu jika anda ingin mampir ke tempat wisata lain. Ada beberapa tempat wisata yang dengan Waduk Gajah Mungkur. Anda bisa berkunjung ke pantai Nampu dan watu cenik. Waktu yang pas untuk kesini adalah menjelang sore hari karena cuaca tidak terlalu panas.

Lihat juga Bunker Kaliadem Merapi

Anda tetap bisa nyaman mengelilingi waduk. Untuk memudahkan perjalanan anda bisa sewa New Innova di raskita.com. Sewa mobil di raskita.com sangat mudah dan murah. Anda bisa menyewa selama beberapa hari sesuai kebutuhan anda Faktanya adalah Waduk Gajah Mungkur adalah salah satu wisata yang populer di Jawa Tengah. Ketika anda berlibur ke Jawa Tengah jangan lupa untuk menyempatkan singgah ke tempat wisata yang satu ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *