Candi Sambisari

Candi Sambisari

Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekitarnya kaya dengan peninggalan sejarah berupa candi. Salah satu candi yang telah terkubur ratusan tahun, ditemukan kembali dan kini telah dipugar dengan sangat apiknya ada di Yogyakarta. Namanya Candi Sambisari.

Candi Hindu Sambisari yang berada di desa yang juga bernama Sambisari. Bagaimana sejarah dan ceritanya, berikut info untuk disimak berikut ini.

Candi yang Ratusan Tahun Terkubur

Lokasi Candi Sambisari

Candi-candi yang dibangun di banyak tempat di Indonesia, tidak terkecuali yang ada di Yogyakarta dibangun pada masa lalu. Satu demi satu reruntuhan candi ditemukan dari dalam tanah.

Bangunan candi yang dibangun di masa lalu banyak terkubur di kedalaman tanah akibat dari beberapa sebab diantaranya timbunan material letusan gunung. Saat ini satu-demi satu peninggalan tersebut mulai ditemukan dan banyak yang dipugar kembali.

Dari sekian banyak ada yang sudah di renovasi, masih diekskavasi, masih banyak yang belum tersentuh atau masih terkubur jumlahnya tidak ada yang tahu. Ini membuktikan bahwa Indonesia di masa lalu adalah sebuah negara yang sudah sangat maju peradabannya.

Candi Sambisari adalah salah satu destinasi wisata yang ada di Yogyakarta. Candi ini walau tidak seterkenal Candi Borobudur di Magelang atau Candi Prambanan di Klaten, tetapi mempunyai keunikan sendiri. Setiap tempat tentunya mempunyai ruh atau suasana kebatinan yang tentu saja berbeda dengan di tempat lain.

Lihat juga Museum Biologi Jogja

Secara geografis candi ini sebenarnya relatif sangat dekat dengan Candi Prambanan yang terkenal dengan Roro Jonggrang-nya. Secara jarak jalan hanya sekitar 7,8 km atau sekitar 18 menit perjalanan dengan kendaraan. Candi ini juga berdekatan dengan candi lainnya yakni Candi ratu Boko dan juga Candi Kalasan.

Kisah penemuan Candi Sambisari juga belum terlalu lama untuk ukuran tahun. Pada tahun 1966 dikisahkan seorang petani yang bernama Kartowinangun ketika menggarap sawahnya mencangkul sebuah batu yang ternyata merupakan bagian dari sebuah candi. Penemuan tersebut dilaporkan ke Dinas Purbakala yang akhirnya melakukan ekskavasi atau penggalian lanjutan.

Dikatakan waktu yang cukup lama untuk mengidentifikasi dan menata ulang puzzle-puzzle batu yang berserakan tertimbun dalam tanah selama ratusan tahun. Teka-teki batu berserakan baru tersusun rapi dan diresmikan pada tahun 1987. Candi tersebut diberi nama sama dengan nama desa tempat candi ditemukan, yakni Sambisari.

Secara historis, Candi Sambisari tidak diketahui kapan mulai di bangun, hanya saja baru merupakan perkiraan antara tahun 812 – 838 M. Candi tersebut terkubur di dalam tanah sampai ratusan tahun ketika Gunung Merapi meletus dengan sangat dahsyat sekitar tahun 1006. Material vulkanik yang menimbun bisa menjadi bukti.

Kini setelah selesai dipugar wajah candi menjadi cantik dengan taman asri yang mengelilinginya. Berada di kedalaman sekitar 6,5 meter jika dibandingkan permukaan tanah sekitarnya menambah keunikan candi ini. Tidak heran lokasi candi banyak dijadikan spot foto menarik dan sesi pemotretan prewedding pasangan calon pengantin.

Bagi wisatawan baik domestik maupun mancanegara yang berniat berwisata ke Candi Sambisari dapat mengunjungi situs https://raskita.com/. Banyak penawaran Paket wisata Jogja sesuai dengan kebutuhan.

Lokasi Wisata

Alamat: Jalan Candi Sambisari, Purwomartani, Kalasan, Sambisari, Purwomartani, Kec. Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55571

Lihat: Google Map

 

Fasilitas

Sebagai sebuah destinasi wisata, fasilitas tentu adalah hal yang utama. Selain parkir yang luas, toilet serta tempat ibadah ternyata di kompleks Candi Sambisari mempunyai museum mini yang berisi informasi dan foto-foto tentang penemuan, ekskavasi hingga segala sesuatu tentang candi tersebut.

Harga Tiket

Harga Tiket Masuk candi sambisari Jogja

Harga tiket masuk masuk Candi Sambisari sangat terjangkau, hanya terdapat perbedaan harga untuk wisatawan domestik dan mancanegara.

Keterangan Harga
Tiket masuk wisatawan domestik Rp 5.000,00
Tiket masuk wisatawan mancanegara Rp 10.000,00
Parkir sepeda motor Rp 2.000,00
Parkir mobil kecil Rp 5.000,00
Parkir mobil besar/bus Rp 10.000,00

Jam Buka

Jam operasional Candi Sambisari adalah Jam 08.00 WIB hingga Jam 17.00 WIB, buka dari hari Senin hingga Minggu.

Candi Sambisari adalah satu dari ratusan destinasi wisata yang ada di Yogyakarta. Temukan tempat-tempat menarik lainnya mulai dari wisata budaya, alam pantai dan gunung maupun kuliner yang sungguh tidak terlupakan.

Lihat juga Merapi Landmark Jogja

Demikian sekilas tentang Candi Sambisari yang dapat dijadikan lokasi destinasi wisata ketika kamu bersama keluarga atau rekan berada di Yogya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *