wisata Museum Sisa Hartaku jogja

Museum Sisa Hartaku Jogja

Siapa yang tidak mengenal Yogyakarta? Salah satu kota di Indonesia yang memiliki sejuta pesona. Yogyakarta juga tidak hanya kaya akan wisata alamnya yang begitu indah, tapi juga wisata sejarah dan budayanya. Salah satu wisata sejarah di Jogja yang wajib kamu kunjungi yaitu Museum Sisa Hartaku. Museum Sisa Hartaku ini dibangun untuk mengenang keganasan erupsi Gunung Merapi pada bulan November 2010. Apa saja keunikan dari Museum Merapi ini? Simak penjelasan di bawah ini.

Keunikan Museum Sisa Hartaku

Museum Sisa Hartaku Jogja

Jika kita menilik kembali pada kejadian erupsi Gunung Merapi beberapa tahun lalu, kita akan teringat betapa dahsyatnya letusan Gunung Merapi kala itu. Lava pijar yang dimuntahkan gunung ini bahkan berhasil meluluhlantakkan seluruh kawasan di daerah Sleman. Letusan ini juga berhasil memakan korban hingga 200 orang dengan 800 orang lainnya luka-luka. Muntahan abu panas Merapi saat itu juga berhasil membumihanguskan apa saja, tanpa terkecuali.

Lihat juga Museum Sandi Jogja

Rumah-rumah, sawah, dan ladang warga terselimuti abu tebal dan hitam. Ternak, seperti domba, sapi, kerbau, dan kambing juga banyak yang tewas akibat gas beracun. Beberapa benda-benda perabotan rumah tangga juga banyak yang meleleh. Nah, dari beberapa sisa harta masyarakat pasca letusan Gunung Merapi ini kemudian dikumpulkan dan dibangun menjadi sebuah museum bernama Museum Sisa Hartaku.

Di museum ini, kamu akan menemukan beberapa foto kejadian saat gunung ini meletus. Di sana juga terdapat beberapa fosil hewan ternak yang mati serta benda-benda peninggalan warga. Dari museum Merapi ini, kamu akan turut merasakan betapa pedihnya bencana letusan Merapi kala itu. Kamu juga akan mendengar kembali kisah dahsyatnya letusan Merapi yang memakan banyak korban itu. Dengan begitu, kamu akan menyadari bahwa alam tidak pernah main-main, sehingga wajib kamu jaga dengan baik.

Lokasi Wisata Museum Sisa Hartaku

Alamat: Jl. Petung Merapi, Petung, Kepuharjo, Kec. Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55583

Lihat: Google Map

Fasilitas Wisata

Fasilitas yang dapat kamu temui di Museum Sisa Hartaku Merapi ini sudah cukup banyak. Fasilitas-fasilitas tersebut di antaranya:

  • Lahan parkir
  • Warung makan
  • Warung merchandise
  • Toilet
  • Spot foto dan tempat selfie

Harga Tiket Masuk Wisata

Museum Sisa Hartaku

Nah, buat kalian yang bertanya-tanya berapa harga tiketnya, harga tiket Museum merapi di Jogja ini gratis alias tidak dipungut biaya sepeser pun. Waw, menggiurkan bukan? Namun, untuk biaya parkirnya tetap bayar, ya. Harga parkir kendaraan dapat kamu lihat pada tabel berikut.

Keterangan Harga
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

Jam Buka Wisata

Wisata ini dibuka setiap hari, lho. Kamu dapat mengunjungi tempat wisata ini dari pukul 08.00-16.00 WIB. Setelah puas berkeliling museum, kamu juga dapat mengunjungi beberapa wisata lain yang terletak tidak jauh dari tempat ini. Tempat wisata tersebut yaitu The Lost World Castle Jogja, Museum Omahku Memoriku, serta Warung Kopi Merapi. Nah, buat kamu yang ingin berkeliling di wisata-wisata sekitar Museum Sisa Hartaku ini, ada baiknya membawa kendaraan pribadi, ya.

Lihat juga Museum Gunung Merapi

Jika terpaksa tidak ada, kamu bisa menggunakan jasa sewa mobil Jogja yang sudah disediakan oleh www.raskita.com. Untuk perihal harga, kamu tidak perlu khawatir karena harga yang ditawarkan juga cukup murah. Itu tadi sedikit informasi mengenai salah satu wisata sejarah di Jogja bernama Museum Sisa Hartaku. Semoga setelah mengunjungi tempat ini, kita akan semakin sadar akan pentingnya menjaga dan melestarikan lingkungan, ya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *