wisata Pantai Depok jogja

Pantai Depok Jogja

Siapa yang tidak tahu dengan Pantai Depok? Pantai yang letaknya hanya 1,5 km dari Parangtritis ini memang terkenal di kalangan wisatawan lokal. Selain karena keindahan pantainya, wisata pantai Yogyakarta yang satu ini juga terkenal dengan aneka menu seafood yang rasanya mampu menggoyang lidah. Tidak heran, hampir seluruh warga yang tinggal di sekitar pantai ini berprofesi sebagai nelayan. Itulah kenapa hidangan laut yang diolah di tempat ini sangat istimewa. Sebab memang semua ikan dan seafood yang ada di sini memang masih segar ketika diolah.

Sejarah Pantai Depok

Pantai Depok sunset

Jika ingin berkunjung ke Pantai Depok, rasanya tidak lengkap jika tidak mengetahui sejarah yang ada di sini. Jadi, sejarah pantai ini dimulai dari perpecahan Kerajaan Majapahit di masa lampau. Karena adanya perpecahan yang terjadi di area kerajaan, banyak prajurit Majapahit yang meninggalkan area istana. Mereka mencari tempat tinggal yang baru hingga sampailah di sebuah tempat dimana mereka mendirikan padepokan.

Lihat juga Pantai Baru Jogja

Padepokan ini diberi nama Depok oleh para prajurit tersebut. Padepokan Depok itu sendiri dipimpin oleh Tunggul Wulung bersama anak angkatnya yang bernama Arya Baya sebagai pengelola dusun. Sayangnya, ketenangan Depok terguncang ketika Tunggul Wulung wafat dan terjadi perebutan kekuasaan. Perebutan kekuasaan itu menghasilkan perpecahan wilayah menjadi dua bagian, yakni Sono dan Grogol.

Kelak, Grogol inilah yang menjadi kelurahan Parangtritis yang terkenal di kalangan wisatawan. Pada tahun 1997 silam, seorang nelayan dari Cilacap menemukan Pantai Depok dan memberi inspirasi bagi penduduk setempat untuk beralih profesi sebagai nelayan. Karena hasil melaut yang memuaskan, maka didirikanlah Pangkalan Pendaratan Ikan. Inilah kenapa banyak pantai ini terkenal dengan kuliner seafoodnya yang segar. Penasaran dengan destinasi wisata di Yogyakarta yang satu ini? Berikut ulasan singkatnya.

Rute dan Lokasi Pantai Depok

Alamat: Parangtritis, Pantai, Parangtritis, Kec. Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Lihat: Google Map

Fasilitas Pantai Depok

Seperti yang ada di daerah wisata pada umumnya, pengelola destinasi wisata pantai ini juga menyediakan fasilitas-fasilitas yang cukup lengkap. Pemandangan yang ada di pantai ini tidak jauh berbeda dengan yang ada di Parangtritis. Matahari tenggelam di pantai ini sangat indah. Di sini juga ada gumuk pasir seperti di Parangtritis sehingga pengunjung bisa merasakan sensasi selancar pasir. Berikut daftar fasilitas yang ada di Pantai Depok ini.

  • Toilet dan kamar mandi umum dengan jumlah yang memadai
  • Area parkir yang luas
  • Warung makan yang menjual aneka hidangan seafood
  • Kios yang menjual cinderamata dan oleh-oleh khas pantai ini.
  • Penjual makanan ringan yang menjual makanan dan minuman khas pantai.
  • Tempat penyewaan tikar dan payung.
  • Musholla
  • Kolam renang anak
  • Pasar ikan tempat menjual ikan segar.

Harga Tiket Masuk

Pantai Depok

Destinasi wisata Pantai Depok ini tergolong populer di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara. Wisata pantai andalan di Yogyakarta yang satu ini memang ramai pengunjung, terutama di akhir pekan dan di hari libur. Jika kamu berniat pergi ke lokasi wisata yang satu ini, bisa coba untuk menggunakan paket wisata Jogja 1 hari.

Ini disebabkan tidak adanya bus yang bisa mengantar kamu langsung ke lokasi ini. Jadi, jika ingin datang ke sini, kamu harus memiliki kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan tersebut. Dengan menggunakan paket wisata, maka tidak perlu khawatir akan transportasi kamu menuju pantai ini. Harga tiket masuk yang ditawarkan pihak pengelola pantai juga cukup murah. Berikut rinciannya.

Keterangan Harga
Harga Tiket Masuk Rp 5000/ orang
Parkir Sepeda Motor Rp 3000/ unit
Parkir Mobil Rp 7000/ unit
Parkir Mini Bus Rp 10.000/ unit
Retribusi Toilet Rp 2000
Parkir Bus Rp 15.000/ unit
Sewa Kolam Renang Anak Rp 5000/ unit
Sewa Tenda dan Payung Rp 20.000

Jam Buka

Seperti wisata alam pada umumnya, Pantai Depok tidak memiliki jam buka khusus. Destinasi wisata pantai ini selalu buka setiap hari selama 24 jam penuh. Tapi, untuk pemakaian fasilitas, biasanya hanya bisa digunakan pada jam 06.00 pagi sampai jam 17.00 sore. Jika kamu berniat untuk menginap, bisa menyewa hotel atau homestay yang ada di sekitar pantai. Harga yang ditawarkan untuk hotel dan homestay tersebut bervariasi, tergantung fasilitas yang ditawarkan.

Lihat juga Air Terjun Watu Jonggol Kulon Progo

Wisata pantai di Yogyakarta memang selalu indah dan memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Pantai ini juga termasuk salah satu pantai rekomendasi untuk didatangi jika kamu berlibur ke Yogyakarta. Itulah beberapa informasi singkat mengenai Pantai Depok. Semoga artikel ini bisa dijadikan referensi dan selamat berlibur!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *