air terjun randusari

Air Terjun Randusari

Surga wisata alam Yogyakarta yang sangat recommended adalah air terjun. Wisata air terjun ini banyak didapati di daerah Bantul. Salah satu air terjun yang sangat indah dengan suasana yang masih sangat alami adalah Air Terjun Randusari.

Air terjun yang satu ini berada di Dlingo, Bantul. Keindahan air terjun ini sudah cukup dikenal dikalangan masyarakat Yogyakarta. Tidak hanya wisatawan domestik saja, tapi banyak wisatawan dari luar Yogyakarta yang khusus datang hanya untuk melihat air terjun ini.

Air Terjun Randusari

Lokasi Air Terjun Randusari

Air terjun Randusari Jogja ini mempunyai ketinggian sekitar 15 meter dengan tiga bagian. Aliran air terjun ini memang tidak terlalu kencang, namun keindahan alam di sekitarnya membuat air terjun ini menarik minat banyak wisatawan.

Pada mulanya, air terjun ini hanya air terjun biasa dengan penampungan air di bawahnya. Sebelum menjadi tempat wisata, air terjun ini hanya digunakan sebagai sumber air bersih warga sekitar. Namun karena keindahan alamnya, tempat ini mulai dibuka sebagai tempat wisata.

Nama Randusari sendiri diambil dari kata randu dan sari. Randu mempunyai arti pohon kapuk dan sari berarti asri. Jadi secara keseluruhan arti dari nama air terjun ini adalah pohon kapuk yang asli.

Lihat juga Air Terjun Sidoharjo

Sebenarnya air terjun ini dinamakan Randusari karena letaknya di samping pohon kapuk yang sangat asri. Di sekitar air terjun ini memang masih banyak hutan hijau yang sangat menyejukkan. Tidak salah jika suasana di sini sangat damai dan tenang.

Wisata air terjun Randusari ini tidak hanya menawarkan keindahan alamnya saja. Di sini kamu bisa bersantai di atas hammock yang sudah disediakan oleh pengelola. Hammock-hammock ini tergantung kuat menghadap ke air terjun.

Selain hammock, di sini juga disediakan gazebo kecil tempat untuk bersantai sambil menikmati pemandangan air terjun yang sangat memukau. Jika kamu suka bermain air, kamu bisa berendam ataupun berenang di bawah air terjun ini.

Kesegaran air pegunungan akan membuat badanmu menjadi segar kembali dan menghilangkan semua penat. Kamu juga bisa menikmati keindahan alam di sekitar air terjun sambil berendam.

Air terjun Randusari Yogyakarta ini sangat recomended untuk kamu yang ingin berwisata murah di Jogja. Tidak hanya itu, tempatnya yang tenang juga bisa dijadikan sebagai tempat berbulan madu kamu dengan pasangan.

Untuk kamu yang ingin honeymoon dengan berlibur di Yogyakarta sangat disarankan untuk memilih paket honeymoon dari Raskita.com. Paket wisata ini sangat cocok untuk pasangan baru yang ingin menikmati keindahan alam Yogyakarta.

Lokasi Air Terjun Randusari

Alamat: Jl. Randusari, Banyuurip, Jatimulyo, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55783

Lihat: Google Map

Fasilitas

Air terjun Randusari Bantul ini memang belum lama dibuka, namun fasilitas yang diberikan sudah dirasa bagus. Fasilitas yang baru ada di tempat ini yaitu:

  • Warung-warung kecil
  • Toilet
  • Area parkir

Harga Tiket

Air Terjun Randusari

HTM air terjun Randusari ini juga tergolong sangat murah. Berikut daftarnya:

Keterangan Harga
Tiket masuk Rp  5.000,-
Parkir mobil Rp  5.000,-
Parkir motor Rp  2.000,-

Jam Buka

Bagi kamu yang ingin mengunjungi air terjun ini bisa datang pada pagi hari. Jam buka tempat ini adalah jam 7 pagi sampai dengan jam 5 sore. Sebenarnya tidak ada batasan waktu buka, namun untuk menjaga lingkungan pengelola menetapkan jam buka dan tutupnya.

Lihat juga Air Terjun Seloprojo

Berlibur ke air terjun ini sangat cocok diagendakan pada saat musim penghujan. Hal ini dikarenakan airnya masih cukup deras dan jernih. Sebenarnya pada musim kemarau air terjun ini tidaklah kering. Namun warga membatasinya, hal ini dikarenakan air hanya cukup untuk warga saja pada saat musim kemarau.

Waktu yang tepat untuk datang adalah di siang hari. Cuaca siang hari di sini tidaklah terlalu panas sehingga kamu bisa bersantai dan menikmati tiupan angin sepoi-sepoi yang menenangkan. Ayo kunjungi air terjun Randusari sekarang juga.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *