wisata gereja sayidan jogja

Gereja Sayidan

Sayidan merupakan salah satu nama jalan yang cukup terkenal di Jogja. Salah satu wisata yang cukup populer di sini adalah Gereja Sayidan Jogja. Pertama kali mendengar namanya pasti Anda mengira ini merupakan tempat wisata religi umat Kristiani. Dugaan Anda salah, gereja ini bukan merupakan tempat wisata religi melainkan tempat wisata misterius.

Bagi Anda yang mengaku pemberani harus mengunjungi tempat ini ketika berlibur ke Jogja. Untuk itu, mari kita cek dulu informasi berikut ini.

Overview Gereja Sayidan

Gereja Gothic Sayidan di jogja

Misteri gereja yang ada di Sayidan ini sudah sangat terkenal di Jogja. Bahkan banyak para wisatawan yang khusus datang hanya untuk mengunjungi tempat ini. Gereja Sayidan lebih dikenal dengan nama Gereja Gothic Sayidan. Tahukah Anda bangunan dengan gaya kontemporer khas Belanda ini sebenarnya bukanlah gereja. Bentuk bangunannya memang menyerupai gereja dengan menara tinggi, namun sebenarnya bangunan ini adalah rumah.

Lebih tepatnya Gereja Sayidan ini dulunya adalah rumah hunian dan juga rumah produksi batik Jogja. Kawasan Sayidan Jogja memang cukup terkenal dengan sentra industri batiknya. Tidak salah jika banyak pabrik batik di sini. Gereja Sayidan dulunya merupakan rumah milik seorang konglomerat Tionghoa yang bernama Raden Petrus Haryono. Beliau adalah seorang pengusaha batik yang cukup terkenal dan mempunyai hubungan dekat dengan Keraton Yogyakarta.

Lihat juga Gunung Nglanggeran

Bangunan yang dibangun pada tahun 1979 ini merupakan rumah hunian yang sempat dipugar pada tahun 1986. Sejak saat itu rumah ini lebih dikenal dengan nama Gereja Sayidan karena bentuknya yang menyerupai gereja. Namun sayangnya, hunian megah dan mewah ini ditinggalkan pemiliknya dan dibiarkan begitu saja. Sampai sekarang Gereja Sayidan ini masih berdiri kokoh walaupun banyak kerusakan. Pemilik rumah pun masih sering datang untuk menengok.

Gereja Sayidan juga dikenal dengan nama Gereja Gothic Sayidan. Nama ini melekat sejak awal berdirinya bangunan. Bagian dalam Gereja Gothic Sayidan sangat luas dan kontemporer. Namun sayangnya sedikit orang yang berani masuk ke dalam. Untuk Anda yang ingin mengunjungi Gereja Sayidan sangat disarankan untuk sewa mobil terutama yang datang dari luar kota. Sewa mobil Jogja sangat banyak pilihannya, namun hanya Raskita.com yang recommended dan tepercaya.

Lokasi Wisata

Alamat: Prawirodirjan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55131

Lihat: Google Map

Fasilitas

Membicarakan mengenai fasilitas di Gereja Sayidan tentu saja sangat penting. Namun perlu Anda ketahui tidak ada fasilitas apa pun yang ada di sini. Kebanyakan wisatawan datang ke sini hanya untuk berswafoto dengan latar belakang gedung. Tidak hanya berswafoto, ada beberapa wisatawan yang melakukan uji nyali di Gereja Sayidan ini. Bagi Anda yang ingin melakukan uji nyali ada baiknya tetap menjaga sopan santun dan meminta izin kepada ketua RT atau pun RW sekitar.

Harga Tiket Gereja Sayidan Jogja

Gereja Sayidan

Tiket masuk Gereja Sayidan tentu saja gratis. Hal ini dikarenakan Gereja Sayidan bukan merupakan tempat wisata yang dibuka untuk umum.

Jam Buka

Untuk Anda yang ingin mengunjungi Gereja Sayidan bisa kapan saja. Hal ini dikarenakan Gereja Sayidan buka selama 24 jam. Bagi Anda yang hanya ingin berswafoto ataupun menikmati pemandangan saja bisa datang di siang atau sore hari. Bagi Anda yang pemberani dan menyukai hal yang berbau horor bisa mencoba datang ke Gereja Sayidan pada malam hari.

Lihat juga Resoinangun Garden

Suasana malam hari tentu saja lebih mencekam dan menyeramkan. Kemisteriusan Gereja Gothic Sayidan 2009 sudah sangat terkenal. Tunggu apalagi untuk Anda yang suka wisata horor sangat disarankan untuk berkunjung di Gereja Sayidan yang ada di Jogja ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *