wisata sejarah di Plengkung Gading Jogja

Plengkung Gading

Tak hanya sekadar bangunan, Plengkung Gading Jogja merupakan bangunan bersejarah yang punya cerita sakral. Untuk Anda yang belum tahu, plengkung merupakan bangunan gapura pintu yang ada di Jogjakarta. Gapura ini masih satu bagian dari Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Sampai sekarang, bangunan ini masih menjadi bangunan sakral. Seiring dengan semakin berjalannya waktu, Plengkung Gading Kraton Jogja juga dijadikan sebagai tempat wisata. Ingin berkunjung ke tempat ini? Yuk simak dulu informasi berikut.

Keunikan Berwisata di Plengkung Gading Yogyakarta

misteri plengkung gading jogja

Meski berlokasi di tempat terbuka dan bisa dikunjungi siapa saja, banyak orang penasaran dengan misteri Plengkung Gading. Pada zaman dahulu, plengkung ini adalah gerbang utama untuk masuk dan keluar keraton. Plengkung ini terdiri dari lima gerbang utama, yakni Plengkung Taruno, Plengkung Madyasuro, plengkung Jagabaya, Plengkung Jagasuro, dan Plengkung Nirbaya. Kelima plengkung tersebut terletak di tiap penjuru mata angin di Jogjakarta.

Lihat juga Tebing Breksi Jogja

Ini menjadi keunikan tersendiri dari wisata sejarah ini. Anda bisa mengunjungi kelima plengkung tersebut atau salah satunya saja. Bangunan yang masih terjaga keasliannya adalah plengkung Nirbaya Gading yang berada di sisi Selatan Keraton Ngayogyakarta. Untuk Anda yang ingin mengunjungi gapura bersejarah di Jogja tersebut, silahkan ambil paket sewa mobil Jogja. Dengan membawa kendaraan sendiri, Anda bisa lebih puas mengunjungi tempat wisata tersebut. Sewa mobil yang paling direkomendasikan untuk Anda adalah Raskita. Jasa sewa mobil ini sangat terpercaya di Yogyakarta.

Lokasi Wisata Plengkung Gading Jogja

Alamat: Jl. Patehan Kidul No.4, Patehan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55133

Lihat: Google Map

Fasilitas Yang Tersedia di Plengkung Gading Jogja

Setelah melewati Plengkung Gading, Anda akan langsung masuk ke kawasan Alun-Alun Kidul (Alkid) Yogyakarta. Anda bisa berfoto-foto ria di gapura bersejarah ini kemudian lanjut nongkrong atau berwisata kuliner di Alkid. Fasilitas yang ada di tempat wisata ini adalah sebagai berikut:

  1. Tempat parkir yang luas
  2. Wisata kuliner
  3. Tempat Ibadah di dekat lokasi

Harga Tiket Masuk Plengkung Gading

plengkung gading

Plengkung Gading pada dasarnya merupakan ruang publik yang bisa diakses secara gratis oleh masyarakat umum. Untuk Anda yang ingin datang ke lokasi ini, disarankan datang ketika sore hingga malam hari. Lampu kota akan menambah keindahan tempat ini. Berikut adalah harga tiket masuk dan biaya-biaya lain yang ada di tempat wisata bersejarah ini.

Keterangan Harga
Tiket Masuk Gratis
Parkir Motor Rp 3.000
Parkir Mobil Rp 5.000
Sewa Mobil Kayuh Alun-Alun Rp 50.000 per 3 putaran (nego)
Sewa Odong-Odong Rp 5.000 –an

Jam Buka Plengkung Gading Jogja

Untuk siapa pun yang ingin mengunjungi tempat ini, Anda bisa mengunjunginya kapan saja. Akan tetapi, waktu terbaik untuk mengunjungi Plengkung Gading adalah saat malam hari. Saat siang hari, udara panas bisa membuat Anda merasa tak nyaman. Jadi, lebih disarankan saat malam hari saja jika ingin ke sini. Setelah puas berfoto di gapura Keraton Jogja, Anda bisa lanjut ke Alun-Alun Kidul kemudian ke Malioboro atau ke Tugu Yogyakarta.

Lihat juga Desa Wisata Gamplong

Ada banyak sekali wisata malam di tengah kota Jogja yang bisa dikunjungi. Sambil mengunjungi tempat wisata, jangan lupa mampir ke beberapa wisata kuliner Jogja. Demikian adalah penjelasan mengenai Plengkung Gading Jogja yang penting untuk disimak. Kapan lagi bisa berwisata sejarah secara gratis. Yuk agendakan liburan terbaik Anda dari sekarang.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *