Jogja National Museum

Jogja National Museum atau JNM

Mengunjungi kota Jogjakarta tentunya kurang berkesan jika tidak mengunjungi Jogja National Museum atau yang lebih dikenal dengan JNM. Tempat wisata ini merupakan tempat wisata yang sangat direkomendasikan untuk para pecinta seni. Anda bisa menikmati berbagai karya seni rupa lokal sampai internasional.

Di sini Anda bisa menikmati berbagai seni rupa kontemporer yang pastinya berkualitas tinggi. Selain itu, ada banyak kegiatan dan kesenangan lain yang bisa Anda lakukan dengan membaca lebih lanjut berikut ini.

Overview Jogja National Museum

jogja national museum art space

Jogja National Museum atau JNM ini mulai dibangun pada tahun 2006. Museum ini dibangun di bekas kampus ISI atau pada saat itu bernama Akademi Seni Rupa. Kepindahan kampus ISI ke Jalan Parangtritis pada tahun 1998 membuat gedung ini tidak terawat. Pada akhirnya tahun 2006 gedung ini direnovasi dan menjadi Jogja National Museum Art Space. JNM ini sudah cukup terkenal. Di sini Anda bisa menikmati berbagai karya seni rupa modern dan kontemporer.

Lihat juga Pule Payung Jogja

Selain itu, di JNM juga sering diadakan berbagai kegiatan seni yang sangat menarik. Kegiatan seni pertama yang dilakukan di JNM adalah kegiatan melukis dengan tajuk “Melukis Lagi di Gampingan.” Kegiatan ini sukses diselenggarakan dan membuat JNM dikenal dikalangan masyarakat Jogja khususnya para seniman. Masyarakat sekitar dan seniman Jogja lebih mengenal JNM sebagai Jogja Gallery. Hal ini dikarenakan JNM merupakan salah satu pusat pameran seni rupa terbesar yang ada di Jogjakarta. Bagi Anda yang berkunjung ke Yogyakarta untuk berlibur wajib mengunjungi JNM.

Lokasi Wisata Jogja National Museum

Alamat: Jl. Prof. DR. Ki Amri Yahya No.1, Pakuncen, Wirobrajan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55167

Lihat: Google Map

Fasilitas

Fasilitas yang diberikan Jogja National Museum ini tidak hanya sebatas ruang pameran saja. Berikut ini beberapa fasilitas yang ada di JNM:

1. Ruang Fine Art

Ruangan ini merupakan ruangan pameran utama yang menyajikan berbagai lukisan dari seniman lokal maupun nasional.

2. Pendopo Ajiayasa

Biasanya pendopo ini digunakan sebagai tempat penyelenggaraan berbagai acara seni yang ada di Jogja. Anda bisa cek di Jogja National Museum instagram berbagai foto acara menarik disini.

3. Ruang Patung

Anda bisa menikmati berbagai karya seni patung pahatan asli Jogja di ruang patung ini.

4. Ruang Kriya

Ruangan ini merupakan ruangan khusus untuk seni kriya khas Jogja. Selain kriya khas Jogja juga ada berbagai seni kriya nusantara lainnya.

5. Kantin, Toilet, dan Mushola

Setelah capek berkeliling melihat seni rupa Anda bisa beristirahat di kantin dan mushola yang ada disini. Selain itu, terdapat toilet bersih dan nyaman yang bisa Anda gunakan.

6. Wifi Gratis

Disini Anda juga bisa mengakses wifi secara gratis. Wifi gratis ini bisa Anda nikmati di seluruh area JNM.

7. Music dan Art Shop

Bagi Anda yang ingin membeli oleh-oleh kesenian khas Jogja bisa singgah sebentar di music dan art shop yang ada di dalam museum. Ada banyak seni rupa yang dijual disini. Harganya pun tidak terlalu mahal.

Harga Tiket

jogja national museum event

Tiket masuk Jogja National Museum 2019 berubah-ubah menyesuaikan hari dan acara yang diselenggarakan. Di hari biasa tiket untuk masuk ke Jogja National Museum ini gratis. Namun jika ada acara, harga tiket masuk disesuaikan dengan acara tersebut. Harga tiket masuk Museum Art Jogja ini memang tergolong murah.

Jam Buka

Untuk Anda yang ingin mengunjungi Jogja National Museum bisa datang di pagi sampai sore hari. JNM buka setiap hari mulai pukul 09.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB. Namun jika ada acara museum buka sampai acara selesai. Bagi para pecinta seni yang ingin mengunjungi JNM sangat direkomendasikan untuk datang di pagi ataupun siang hari. Hal ini dikarenakan pada jam-jam ini museum cukup ramai dan masih banyak art shop yang buka.

Lihat juga Tambakboyo Sleman

Selain itu, jika Anda datang di pagi hari maka Anda bisa mengunjungi tempat wisata lainnya yang ada di sekitar museum. Museum ini dekat dengan tempat wisata budaya lainnya seperti Museum Sandi dan Museum Sasmitaloka. Anda juga bisa berwisata kuliner khas Jogja di sekitaran daerah Gambiran.Para wisatawan yang datang dari luar kota juga sangat disarankan untuk sewa mobil sebagai moda transportasi.

Sewa mobil Jogja cukup banyak dengan harga yang terjangkau. Salah satu tempat sewa mobil di Jogja yang sangat recomended adalah Raskita.com. Disini tersedia banyak jenis mobil yang sesuai dengan kebutuhan liburan Anda di Jogjakarta. Tunggu apalagi segera agendakan liburan Anda bersama orang terdekat ke Jogja National Museum. Selain berlibur, Anda juga bisa mendapatkan banyak ilmu kesenian di sini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *