Alun-Alun Kidul

Alun-Alun Kidul

Alun-Alun Kidul merupakan destinasi wisata Jogja yang patut untuk dikunjungi. Jogjakarta bukan saja terkenal sebagai kota pendidikan tetapi juga dikenal sebagai kota budaya. Bisa dibilang kota yang satu ini merupakan pusat kebudayaan jawa.

Jogjakarta merupakan kota destinasi wisata nasional yang terkenal. Sebagai kota wisata Jogja menawarkan banyak atraksi wisata. Bukan hanya Keraton Jogja dan Candi-Candi saja, Jogja juga memiliki destinasi wisata unik yaitu Alun – Alun Kidul.

Bersantai di Alun – Alun Kidul yang Penuh Sejarah

Pohon Beringin Alun Alun Kidul

Secara umum, tata letak kota di Pulau Jawa memiliki banyak kemiripan. Di sekitar pusat gedung pemerintahan biasanya memiliki pasar, tempat ibadah dan alun-alun. Kota Jogja juga memiliki hal yang sama. Kota Jogja mempunyai dua alun-alun yaitu alun-alun kidul atau disingkat Alkid dan Alun- Alun Utara.

Dua alun-alun ini merupakan milik Kesultanan Yogyakarta Hadiningrat. Menurut kepercayaan Jawa, alun-alun merupakan tempat beristirahatnya para dewa. Masyarakat Jogja menggunakan alun-alun ini sebagai tempat untuk istirahat dan menenangkan diri.

Lihat juga Agrowisata Bhumi Merapi

Alun-alun utara biasanya digunakan untuk berbagai jenis kegiatan yang bersifat masal. Sedangkan Alkid saat ini menjadi tempat istirahat bagi masyarakat Jogja di malam hari. Alun-alun yang letaknya di sebelah selatan keraton ini menawarkan banyak keunikan yang layak untuk dikunjungi.

Sejarah alun-alun kidul Yogyakarta erat kaitannya dengan keberadaan Keraton Jogja itu sendiri. Alun-alun ini dulunya digunakan oleh prajurit keraton untuk berlatih perang seperti memanah, berlatih menunggang kuda dan lain sebagainya. Tempat ini memiliki dua pohon beringin tua yang sangat keramat.

Untuk melatih konsentrasi prajurit, mereka diminta untuk menutup mata dan berjalan diantara dua pohon beringin keramat tersebut. Kegiatan melintas di antara dua pohon dengan mata tertutup masih dilakukan sampai saat ini.

Menurut mitos, siapa saja yang bisa melintasi dua pohon tanpa menabraknya, segala keinginannya akan terpenuhi. Terlepas dari kebenaran mitos ini, banyak wisatawan yang tertarik untuk melakukan ritual menantang ini.

Kegiatan melintasi pohon beringin ini mendatangkan rejeki tersendiri bagi masyarakat sekitar. Mereka menyewakan kain penutup kepala kepada wisatawan yang ingin menguji konsentrasinya.

Lokasi Alun-Alun Kidul

Alamat: Jl. Alun Alun Kidul, Patehan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55133

Lihat: Google Map

Fasilitas Umum yang Tersedia

Berbicara tentang fasilitas, anda tidak perlu khawatir. Alkid memiliki fasilitas umum yang terbilang sangat lengkap.

  • Kuliner dan rumah makan
  • Hotel dan penginapan
  • Toilet umum
  • Tempat parkir

Harga Tiket Masuk Alun Alun Kidul

Alun Alun Kidul Yogyakarta

Siapa saja bisa datang ke Alkid karena tempat ini adalah tempat umum. Untuk harga tanda masuknya silahkan lihat tabel di bawah ini.

Keterangan Harga
Tiket Masuk Gratis
Parkir Rp 3.000
Sewa Penutup Mata Rp 3.000

Jam Buka Alun-Alun Kidul

Alun alun kidul tutup jam berapa? Alun alun ini tidak pernah tutup alias buka 24 jam. Tempat ini merupakan tempat favorit masyarakat Jogja melepas lelah di sore dan malam hari. Banyak wisatawan yang duduk-duduk bersantai sambil menikmati hidangan dan suasana yang ada.

Lihat juga Taman Ramadanu Magelang

Terdapat banyak lokasi wisata yang tempatnya tidak terlalu jauh dari Alkid seperti Keraton Jogjakarta, Malioboro, Benteng Vredeburg, Taman Sari dll. Dari Malioboro ke alun-alun kidul bisa ditempuh dengan jalan kaki. Bila tidak mau capek, anda bisa menghubungi Raskita.com. Raskita adalah penyedia jasa sewa motor Jogja yang terpercaya.

Alun – alun Kidul Jogja menawarkan suasana kota Jogja yang tenang, asri dan menyenangkan. Bila anda berkunjung ke Yogyakarta, jangan lupa untuk menikmati keindahan alun alun yang kaya sejarah ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *