wisata candi pawon

Candi Pawon

Menikmati liburan sembari belajar sejarah tak akan pernah membosankan bila Anda berkunjung ke Candi Pawon. Candi Pawon bercorak Budha dan menawarkan suasana tenang saat Anda melangkahkan kaki di sekitarnya. Jika biasanya candi-candi dibangun cukup tertutup, candi yang satu ini dilengkapi dengan ventilasi pada biliknya. Dikelilingi oleh rumah-rumah penduduk membuat Candi Pawon Jogja terkesan tersembunyi.

Saat pertama kali masuk, Anda akan disambut dengan ornamen Kalamakara, yang ada di atas pintu candi. Berikut ini adalah beberapa ulasan tentang Candi Pawon yang bersejarah.

Serunya Rekreasi di Candi Pawon

Lokasi Candi pawon

Menyaksikan keindahannya pasti membuat Anda ingin tahu seperti apa asal usul Candi Pawon. Candi Pawon mendapatkan namanya dari kata pawuan atau perabuan. Berdasarkan Bahasa Jawa Kuno, diketahui bahwa candi ini adalah tempat menyimpan abu dari jenazah Raja Indra pada masa dinasti Syailendra. Nama lain dari Candi Pawon adalah Candi Branjanalan.

Nama ini menunjukkan bahwa candi ini juga difungsikan lain sebagai tempat bersemayamnya senjata Dewa Indra, sang penguasa petir. Candi ini diperkirakan dibangun pada pertengahan abad ke-8 Masehi, dalam abad yang sama dengan Candi Borobudur, Prambanan, dan juga Candi Mendut. Candi Pawon peninggalan agama Budha, sama seperti Candi Borobudur dan Candi Mendut.

Lihat juga Alun-Alun Kidul

Tinggi Candi Pawon adalah 5,20 meter. Sementara bilik yang dimiliki candi ini berukuran 2,65 x 2,64 meter. Dengan ukuran seperti itu, maka bentuk candi ini memang ramping, tak seperti Candi Borobudur. Bentuknya yang indah menjadikan candi ini salah satu spot yang paling digemari untuk berfoto. Setelah puas menjelajah setiap detail Candi Pawon yang indah,

Anda dapat mencoba kuliner khas Jawa Tengah. Ada beberapa warung di sekitar candi yang dapat Anda cicipi kelezatan masakannya. Tak hanya itu, Anda juga bisa mampir ke kios souvenir untuk membelikan oleh teman-teman di rumah. Oleh-oleh Anda akan jadi sarana mengenalkan hasil karya anak bangsa pada orang di sekitar.

Lokasi Wisata Candi Pawon

Alamat: Brojonalan, Dusun 1, Wanurejo, Kec. Borobudur, Magelang, Jawa Tengah 56553, Indonesia

Lihat: Google Map

Fasilitas Yang Ditawarkan

Mengajak teman dan keluarga ke Candi Pawon adalah pilihan tepat untuk liburan. Tak hanya menawarkan nuansa sejarah yang kental, Candi Pawon juga menjadi tempat mencari ketenangan. Untuk membuat Anda merasa semakin nyaman berada di sana, pemerintah telah menyiapkan beberapa fasilitas pendukung, di antaranya:

  1. Area parkir yang cukup luas
  2. Warung-warung makanan dan minuman
  3. Toilet atau kamar mandi umum
  4. Kios penjual souvenir di sekitar Candi Pawon

Harga Tiket

Sejarah Candi Pawon

Soal harga tiket masuk, Anda tak perlu khawatir. Harga tiket masuk Candi Pawon Jogja tentunya bisa dikatakan murah meriah untuk semua pengunjung. Apalagi jika dibandingkan dengan fasilitas yang memadai serta keindahan bukti peradaban manusia ini.

Keterangan Harga
Tiket masuk WNI Rp 10 ribu
Tiket masuk WNA Rp 20 ribu
Parkir motor Rp 2 ribu
Parkir mobil Rp 5 ribu

Jam Buka

Bagi Anda yang sedang melakukan tour ke beberapa tempat di Magelang, Jawa Tengah, mengetahui jam buka Candi Pawon sangat penting. Jam buka Candi Pawon adalah setiap hari pukul 9 pagi hingga setengah 6 sore. Jika Anda menginginkan hasil foto yang diiringi nuansa senja yang syahdu, Anda bisa datang mulai pukul 3 sore, dan mencari spot terbaik. Seusai berkunjung dari Candi Pawon, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke beberapa destinasi wisata terdekat.

Lihat juga Agrowisata Bhumi Merapi

Pasalnya, Candi Borobudur yang sangat terkenal dan Candi Mendut yang eksotis terletak tak jauh dari sana. Tak hanya itu, ada juga Museum Karmawibangga, Javanava Travelcafe, dan CitraElo Rafting untuk Anda yang suka tantangan. Berkunjung ke Candi Pawon akan jadi lebih mudah jika Anda berkendara dengan mobil. Namun jika rumah Anda terlalu jauh untuk mengendarai mobil ke lokasi, Anda dapat menemukan promo terbaik sewa New Avanza di Raskita.com.

Perjalanan Anda dan keluarga akan menjadi semakin menyenangkan tanpa harus berdesak-desakan mencari tiket angkutan lain. Menjelajahi Candi Pawon sama dengan membantu melestarikan warisan kebudayaan Indonesia. Mengenalkan anak-anak dan rekan kerja pada peninggalan sejarah ini akan membuat rasa cinta tanah air semakin menguat. Menikmati liburan juga akan jadi lebih berarti dengan mengunjungi Candi Pawon maupun candi-candi lain di sekitarnya. Selamat berlibur!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *