air terjun sidoharjo

Air Terjun Sidoharjo

Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta ternyata masih menyimpan banyak keindahan alam yang saat ini dibuka untuk umum, salah satunya Air Terjun Sidoharjo. Curug atau air terjun ini bisa dikatakan masih perawan atau masih asri, karena belum banyak orang di luar sana yang berkunjung ke sini.

Air terjun atau Curug Sidoharjo ini terlihat gagah dan juga sangat tinggi, dengan tatanan tebing besar menjulang tinggi yang mengelilingi air terjun tersebut. Sebagian besar orang yang pernah berkunjung ke sini mengatakan bahwa, Air Terjun Sidoharjo ini merupakan curug paling tinggi di daerah Yogyakarta dan juga sekitarnya. Tempat wisata ini telah kami rangkum dalam paket wisata jogja 3 hari.

Tentang Air Terjun Sidoharjo

Air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih sekitar 75 meter yang selalu dialiri air dan lumut hijau yang menghiasi tebing. Di sini kamu tidak hanya bisa menikmati guyuran air dan kesejukan udara saja, tapi juga bisa melihat secara langsung kera ekor panjang yang bergelantungan di tebing-tebing.

Disekitar area wisata ini, terdapat banyak tanaman, seperti bunga liar yang akan menambah keindahan di Air Terjun Sidoharjo. Berbeda dengan curug yang lain, di sini airnya terlihat lebih bersih dan bahkan tidak ada satupun sampah di area ini. Meskipun masih ada sisa bakaran kayu sisa-sisa wisatawan yang di area air terjun ini.

Jarak dari tempat parkir menuju ke Air Terjun atau curug sidoharjo memang bisa dibilang lumayan jauh dan pasti akan melelahkan. Namun, di sepanjang perjalanan akan disuguhkan pemandangan dan panorama yang indah. Di situlah rasa lelahmu dalam perjalanan akan tergantikan dengan kekaguman yang luar biasa.

Lokasi Air Terjun Sidoharjo

Lokasi

Air Terjun Tertinggi ini terletak di Desa Sidoharjo, Kec. Samigaluh, Kab. Kulon Progo, Yogyakarta. Jarak air terjun ini dengan Pasar Dekso hanya berjarak sekitar 5 kilometer. Untuk dapat mencapai lokasi, kamu harus melewati tanjakan di jalan pegunungan. Jika Anda ingin mengunjungi tempat wisata ini, Anda bisa menggunakan jasa rental mobil murah di jogja.

Kemudian untuk lokasi air terjun perawan Sidoharjo ini tidak ada akses kendaraan untuk masuk. Jadi, kamu harus berhenti di parkiran yang telah disediakan dan berjalan kaki menuju Lokasi tempat wisata. Lihat Google Map

Fasilitas

Dikarenakan lokasi wisata alam ini masih tergolong baru dan bahkan masih perawan, belum tersedia fasilitas yang lengkap. Hanya saja ada beberapa fasilitas yang bisa kamu nikmati di sini, seperti :

  • Warung Makan
  • Kamar Mandi Umum
  • Area Parkir
  • Spot Foto

Nah, bagi kamu yang sedang ingin berlibur ke Jogja, jangan lupa untuk mampir ke tempat wisata alam yang satu ini. Tetap berhati-hati dalam berkendara menuju ke Sidoharjo dan pakailah kendaraan bermotor yang bertenaga.

Jika kamu datang jauh dari luar daerah dan tidak sempat membawa sepeda motor, kamu bisa menyewa secara online di Raskita.com. Di situ kamu bisa sewa KLX yang sangat cocok sekali untuk medan seperti di Air Terjun Sidoharjo ini.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Sidoharjo

Keterangan Harga
Tiket Masuk dan Parkir Rp 3.000
Kamar Mandi Umum Rp 2.000 – Rp 5.000

Jam Buka

Air terjun tertinggi di Yogyakarta ini sebenarnya tidak ada jam tutup, alias selalu buka 7×24 jam. Hanya dihimbau saja kepada wisatawan yang hanya ingin berkunjung atau tidak menginap datang di waktu cerah, seperti di pagi hari atau siang hari. Untuk sore hari harus sudah keluar dari lokasi air terjun.

Mengapa seperti itu? Karena di perjalanan menuju air terjun tidak ada penerangan sama sekali. Dikhawatirkan terjadi apa-apa atau tersesat dijalan. Kecuali bagi kamu yang ingin menginap, bisa izin terlebih dahulu ke warga setempat dan siapkan semua perlengkapan berkemah.

Itulah pembahasan tentang keindahan Air Terjun Sidoharjo, sebagai curug tertinggi di Yogyakarta dan sekitarnya. Jangan lupa untuk membawa kamera guna mengabadikan momen di tempat wisata alam tersebut. Pada saat kamu berkunjung ke situ, tetaplah jaga kebersihan lokasi wisata alam tersebut dari kotoran sampah, terutama sampah plastik.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *