wisata religi di Masjid Jogokariyan

Masjid Jogokariyan

Yogyakarta tak hanya menyediakan wisata alam dan kuliner menarik. Di bagian selatan kota ini terdapat wisata religi yang sayang untuk dilewatkan. Masjid Jogokariyan namanya. Pada pemerintahan Orde Baru, dibangun masjid ini sebagai tempat ibadah dan belajar. Biar tak penasaran, simak ulasan singkat terkait masjid favorit di kawasan Jogokariyan ini. Apa saja daya tarik masjid ini? Bagaimana pula wisata religi serta manajemen masjidnya?.

Keunikan Masjid Jogokariyan yang Tersohor

Puluhan tahun berlalu, Jogokariyan menjelma kawasan religi yang selalu ramai pengunjung. Setiap hari, ada saja acara keagamaan yang digelar oleh pihak manajemen. Satu fakta masjid Jogokariyan menarik terungkap. Saat memasuki bulan Ramadhan, masjid ini selalu menyediakan menu berbuka dengan jumlah fantastis. Menu berbuka umumnya adalah makanan khas dari tanah Jawa. Selain menu berbuka dari manajemen, di sekitar masjid juga terdapat kampung Ramadhan.

Sepanjang jalan menuju masjid akan disesaki para penjaja makanan. Anda bisa menemukan makanan terkini sampai panganan pasar yang mulai sulit ditemukan. Masih di kawasan kampung Jogokariyan, Anda akan menemukan penginapan masjid Jogokariyan. Hotel ini dikelola langsung oleh sistem manajemen masjid. Pengelola menyediakan 11 kamar yang terbuka untuk umum. Ada 10 kamar dengan standar regular, sementara 1 kamar khusus VIP.

Lihat tempat wisata jogja lainnya: Pantai Parangtritis

Tarifnya sendiri sangat terjangkau, jadi tak perlu khawatir untuk menginap. Hal menarik lainnya dari manajemen masjid adalah program infak Rp0. Manajemen menggalakkan gerakan infak yang menyasar seluruh masyarakat sekitar. Pihak masjid selalu mengupayakan infak tersisa adalah Rp0 setiap diumumkan. Semua dana yang masuk benar-benar dialokasikan kepada orang-orang membutuhkan secara maksimal, terutama warga di sekitar masjid.

Masjid Jogokariyan Yogyakarta

Lokasi Wisata

Alamat: Jl. Jogokaryan No.36, Mantrijeron, Kec. Mantrijeron, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55143

Lihat: Google Map

Fasilitas

Demi meningkatkan pelayanan pada para jamaah, masjid ini dilengkapi berbagai fasilitas, seperti:

  • Islamic Center
  • Aula
  • Penginapan
  • Parkir
  • Toilet
  • Tempat wudhu
  • CCTV 24 jam
  • ATM beras
  • Jalur khusus disabilitas

Ingin mencoba pengalaman wisata religi yang berbeda? Cobalah datang ke sini bersama keluarga. Lokasi masjid tidak jauh dari pusat kota, bahkan bisa ditempuh dalam waktu 10 menit. Jika Anda berasal dari luar kota, sewa mobil jogja di raskita.com bisa jadi alternatif. Selain terjangkau, tentunya Anda tak susah lagi mencapai lokasi tersebut. Perjalanan dijamin aman dan nyaman, tanpa disadari.

Harga Tiket

Sebelum berkunjung ke sini, ada baiknya cek dulu masjid Jogokariyan Yogyakarta dan biayanya:

Keterangan Harga
Penginapan Rp 150.000 – Rp 250.000
Parkir Donasi seikhlasnya

Jam Buka masjid Jogokariyan

Mengingat fungsinya sebagai tempat ibadah, masjid Jogokariyan terbuka 24 jam untuk umum. Anda bisa datang kapan pun untuk melaksanakan ibadah salat di sini. Tetapi disarankan datang di waktu subuh ataupun Jumat sore. Berdasarkan masjid Jogokariyan Instagram, manajemen masjid biasanya mengadakan kajian sehabis salat subuh atau hari-hari tertentu. Bila Anda berkunjung ke sini, jangan lupa mampir ke Alun-alun Selatan.

Lokasi kedua tempat tersebut tidaklah jauh, cukup menempuh waktu sekitar 5 menit menggunakan kendaraan. Selain Alun-alun Selatan, Anda juga bisa menyusuri jalan Prawirotaman yang menjadi kampung turis. Nah, destinasi wisata yang lengkap bukan untuk mengisi liburan bersama orang terkasih? Jadi sudah tidak bingung bukan menentukan itinerary liburan di Yogyakarta. Wisata religi memang terbilang baru, tapi tak ada salahnya dicoba.

Apalagi menikmati suasana syahdu di kampung Jogokariyan. Untuk mendapatkan pengalaman tak terlupakan, datanglah pada bulan Ramadhan. Niscaya Anda akan menemukan sisi berbeda dari masjid Jogokariyan yang selama ini tak dibayangkan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *