Desa Wisata Jelok

Desa Wisata Jelok

Gunung Kidul memang banyak memunculkan berbagai wisata unik. Setiap daerah atau wisata memang memiliki khas tersendiri. Salah satu wisata unik di Gunung Kidul ini  adalah Wisata Desa Jelok.

Wisata ini terbilang berbeda dari yang lain. Meski ada di desa tapi nuansa yang diberikan begitu berbeda. Wisata ini bahkan mendapatkan julukan tertentu karena keindahannya. sebelum kamu menuju ke tempat ini, baiknya simak dulu ulasan wisata ini.

Overview Tempat Wisata

Desa Wisata Jelok Jogja

Wisata ini berada di desa wisata Jelok kabupaten Gunung Kidul daerah Istimewa Yogyakarta. Karena suasananya di desa maka nuansanya pun begitu kental dengan alam bebas. Tempat wisata ini pun juga begitu sejuk karena tempatnya di atas bukit.

Adapun sejarah desa wisata jelok ini dipelopori oleh seorang mahasiswa bernama Aminudin Azis. Ide itu muncul karena pada waktu ini desa ini terisolir di Gunung Kidul. Sehingga, dia pun bersama masyarakat bekerjasama membangun desa ini.

Untuk menyusun rencana pembangunan ini, mereka membangun sebuah gubuk khas Jelok. Gubuk ini biasa digunakan untuk tempat belajar anak-anak. Sedangkan pada malam harinya lebih banyak digunakan untuk tempat ngobrol.

Lihat juga Jogja Bay

Berawal dari inilah mereka terus membentuk konsep wisata yang berada di desa Jelok Purworejo ini. Konsep ini intinya membuat wisata dengan basis lingkungan, budaya dan masyarakat. Luas yang akan dibuat wisata ini terdapat 75 Hektar.

Kerja keras mereka pun terbayar pada tahun 2010. Dia bersama masyarakat berhasil membangun sebuah jembatan gantung. Tercatat, jembatan ini di bangun dengan panjang 82 meter dan lebar 1 meter. Dengan adanya itulah perekonomian masyarakat sekitar mulai naik karena banyaknya tempat untuk dijadikan ladang bisnis

Seiring berjalannya waktu, wisata ini terus dikembangkan oleh masyarakat. Selain jembatan gantung sebagai ciri khasnya, ada juga spot lain untuk menikmati wisata di sini. Bentuknya ada yang petualangan seperti outbond, bersepeda, berkemah, dll. Selain itu petualangan juga ada taman baca dan wisata budaya.

Lokasi Desa Wisata Jelok

Alamat: Jelok, Beji, Kec. Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55862

Lihat: Google Map

Fasilitas

Untuk fasilitas yang disediakan di tempat ini terbilang lengkap untuk ukuran wisata desa. Karena destinasinya yang beragam maka disediakan berbagai fasilitas seperti :

  • Parkir
  • Musholla
  • Tempat makan
  • Outbound
  • Susur sungai Oyo
  • Tracking
  • Upacara rasulan
  • Kesenian karawitan

Mengingat banyaknya fasilitas yang diberikan, wisata ini baiknya dilakukan dengan mengajak banyak teman. Setidaknya 50-100 teman akan lebih asyik berada disini. Untuk itu, kamu bisa melakukan pemesanan sewa bus Jogja di raskita.com. Dengan ini, kamu tidak perlu membawa beberapa mobil untuk mengajak teman dalam jumlah banyak.

Harga Tiket

Tiket Masuk Desa Wisata Jelok

Di wisata ini terbilang berbeda dari yang lainnya. Karena pengunjung tidak hanya disuguhi satu tempat saja melainkan ada beberapa spot yang bisa dipilih. Sehingga, ada beberapa tiket tambahan selain tiket masuk desa wisata jelok. Berikut daftar harga tiketnya :

Keterangan Harga
Tiket masuk Gratis
Paket live in rumah warga 200 ribu/orang
Trip pendek ( 5 KM) 50 ribu
Trip menengah (10 KM) 75 ribu
Trip Panjang ( 15 KM) 150 ribu
Parkir 5 ribu

Jam Buka

Wisata Jelok ini memiliki jam buka antara 08.00 – 20.00 WIB. Jam tersebut berlaku untuk semua hari termasuk hari minggu. Untuk mendapat suasana yang memuaskan sebaiknya kamu datang ke tempat ini pada saat weekend. Kamu bisa dengan puas menikmati berbagai fasilitas yang ada.

Sembari datang ke wisata ini sebaiknya kamu juga bisa mengunjungi wisata terdekat. Wisata ini berdekatan dengan Jelok Tuntang. Sebagian dari kamu pasti terasa asing dengan tuntang. Nama tuntang ini sebutan lainya PLTA. Nuansa wisatanya tidak kalah menarik dari wisata jelok ini.

Lihat juga Jogja Gallery

Dari ulasan di atas, wisata ini memang akan membuat kamu puas karena fasilitasnya yang super lengkap. Tetapi di sisi lain kamu juga harus mempunyai uang yang cukup untuk menikmatinya. Karena untuk sekedar trip saja harus membayar 50 ribu.

Dengan nuansa pedesaan dan berbagai fasilitas itulah Wisata Desa Jelok disebut bidadarinya Gunung Kidul. Karena disana khas jawa maka mereka menyebutnya dengan sebutan “Dewi Elok”. Kata tersebut jika di indonesiakan wanita cantik atau lebih familiarnya bidadari.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *