Air Terjun Gedad

Gunungkidul memang kaya akan wisata alam yang menakjubkan. Tidak hanya terkenal dengan pantai-pantainya yang indah, Gunungkidul juga mempunyai objek wisata Air terjun. Dimana salah satunya adalah Air Terjun Gedad yang kini mulai menarik perhatian banyak wisatawan.

Salah-satu yang baru dibuka adalah Air Terjun Gedad  Nan Unik atau orang menyebut dengan ATG. Dikatakan unik karena tingginya cuma sekitar 15 meter saja tetapi berundak undak.

Ternyata air terjun buatan

Air Terjun Gedad Jogja

Menurut cerita masyarakat, ATG pertama kali dibuat oleh seorang pemuka agama atau kyai. Tidak jelas kapan tahunnya, Kyai Abu Dardak adalah sosok yang sebenarnya mengubah arah aliran sungai dengan penggalian menuju Dusun Gedad Banyusoco Playen, Gunung Kidul tempat obyek wisata ini berada. Tujuan mengubah aliran sungai adalah untuk pengairan dari pesantren yang didirikannya.

Sang kyai menggali tanah di Gunung Nggrunggung untuk mengalirkan air ke Dusun Gedad. Dalam perjalanannya aliran sungai melewati bukit-bukit kapur sehingga terjadilah sebuah air terjun yang sangat unik dan menawan. Oleh masyarakat dinamakan Air Terjun Gedad. Bangunan pesantren yang didirikan oleh Kyai Abu Dardak sampai sekarang masih ada dan dikelola oleh anaknya.

Lihat juga Air Terjun Kembang Soka

Air Terjun Gedad adalah obyek wisata baru di Gunungkidul. Dibuka untuk umum oleh Karang Taruna Dusun Gedad di bulan Desember 2016.

Masih belum banyak dikenal, obyek wisata tersebut ramai dikunjungi oleh wisatawan utamanya di hari-hari libur nasional. Wisatawan domestik adalah yang paling banyak, terkadang terselip juga wisatawan mancanegara. Yang datang ke ATG ini biasanya adalah wisatawan suka berpetualang yang mencari tempat belum begitu terkenal dengan suasana alami.

Berjarak sekitar 50 km atau sekitar 2 jam perjalanan dari kota Yogyakarta, wisatawan yang hendak kesana dapat rental mobil dan motor di Sewa mobil Jogja dan Sewa motor jogja melalui online di Raskita.com.

Lokasi wisata

Alamat: Gedad, Banyusoco, Kec. Playen, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55861

Lihat: Google Map

Fasilitas

Fasilitas tempat wisata ini belum memadai untuk dikatakan sebagai tempat wisata. Hal ini dapat dimaklumi karena berstatus sebagai tempat wisata baru yang dikelola oleh masyarakat, bukan investor. Saat ini fasilitas yang tersedia adalah berupa:

  • Sepanjang jalan ada memang penjual makanan bergaya tradisional dengan harga terjangkau bagi yang membutuhkan.
  • Sebelum masuk ke lokasi juga terdapat tempat parkir yang dikelola oleh masyarakat.
  • Tempat ibadah pastinya juga ada karena ada di lingkungan pesantren.
  • Di depan air terjun dibuat sebuah dek khusus bagi yang mempunyai hobi swafoto alias selfi.

Harga Tiket

Tiket Masuk Air Terjun Gedad

Harga tiket untuk masuk ke tempat wisata ini sangat terjangkau, berikut harga tiket yang berlaku saat ini dan sewaktu-waktu bisa berubah.

Jenis Tiket Biaya
Tiket Masuk Rp 5.000,00
Parkir Mobil Rp 5.000,00
Parkir Sepeda Motor Rp 2.000,00

Jam buka

Sebagai sebuah tempat wisata baru dan belum dikelola secara profesional maka tempat ini tidak mempunyai jam resmi buka atau tutupnya tempat wisata. Sebagai panduan adalah matahari atau sinar terang. Ketika matahari mulai bersinar, lokasi sudah terang sekitar jam 07.00 lokasi dibuka dan tutup menjelang maghrib ketika matahari mulai terbenam demi keamanan dari para pengunjung.

Lihat juga Air Terjun Randusari

Selain air terjun ini di Gunung Kidul juga ada air terjun lainnya yang juga menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Air terjun Sri Gethuk yang sayang untuk dilewatkan.

Sebelum berkunjung ke Air Terjun Gedad pastikan tubuh sehat ya, agar Anda bisa benar-benar maksimal menikmati keindahan alam disini. Jangan pergi sendirian, biar liburan makin seru Anda sebaiknya mengajak teman atau keluarga. Selamat menikmati keindahan alam di air terjun dan selamat berlibur.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *