titik nol jogja

Titik Nol Kilometer Jogja

Sudah pernah berkunjung ke Titik Nol Jogja? Sebuah wisata berbentuk persimpangan unik yang tepat berada di depan Keraton Jogja. Banyak yang menyebut lokasi ini mirip gaya Eropa. Lokasinya yang berada dekat dengan pusat keramaian Malioboro, membuat siapa saja ingin mengambil gambar.

Wisata Titik Nol Yogyakarta menjadi salah satu destinasi favorit kalangan muda, mengapa? Ya, tempat ini memiliki pemandangan yang mempesona, sangat instagramable.

Saat mengunjungi tempat ini, kamu dapat melihat anak-anak muda yang mengambil gambar atau video di spot-spot keren yang ada di sini. Mau tau seperti apa sih keunikan Titik Nol di kota gudeg? Yuk simak beberapa ulasan berikut ini.

Overview Tempat Wisata Titik Nol Jogja

nol KM Jogja

Titik Nol Yogyakarta ternyata bukan sekadar tempat wisata biasa. Sejarah mencatat peristiwa besar di tempat ini. Seperti diketahui, area Titik Nol di Jogja ini merupakan salah satu titik perlawanan besar-besaran yang dilakukan Jenderal Sudirman pada peristiwa Serangan Umum 1 Maret. Hal itu bisa dibuktikan dengan dibangunnya Monumen Serangan Umum 1 Maret yang lokasinya di dekat Titik Nol Kilometer, tepatnya di sebelah timur (masuk komplek Benteng Vredeburg).

Lihat juga Stonehenge Merapi

Kawasan wisata ini terbilang unik bahkan disebut-sebut mirip wisata di Eropa. Di sekeliling area terdapat bangunan-bangunan bergaya Belanda dengan hiasan lampu-lampu khas Jogja berwarna hijau dengan garis-garis kuning yang memberikan kesan spesial inilah Jogja. Nuansa klasik yang eksotik dapat terekam di kamera jika mengambil gambar di lokasi ini. Mulai dari bangunan, suasana kota hingga pemandangan di sekitar lokasi, termasuk juga cuaca sangat khas menandakan Kota Jogja.

Lokasi Titik Nol ini sering digunakan masyarakat sebagai tempat kumpul mengadakan demonstrasi, aksi damai, karnaval budaya hingga kebutuhan nongkrong-nongkrong di petang hingga malam hari. Wisatawan luar Jogja umumnya memburu lokasi wisata ini sebagai spot yang menandakan mereka sedang di Jogja. Terutama kalangan muda yang sangat senang mengambil foto dengan latar persimpangan ini.

Jogja dikenal salah satunya melalui icon ini yang cukup banyak tersebar di sosial media. Buat kamu yang ingin menelusuri keindahan wisata Titik Nol di Jogja, cukup hanya dengan mengambil paket wisata Jogja 1 hari di raskita.com. Dalam waktu satu hari saja, kamu bisa mengeksplorasi keindahan tempat ini dilanjutkan wisata belanja di area Malioboro.

Lokasi Wisata

Alamat: Jl. Pangurakan No.1, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122

Lihat: Google Map

Fasilitas di Titik Nol Jogja

Sebagai lokasi wisata di persimpangan jalan, area Titik Nol tetap memiliki beberapa fasilitas yang dibutuhkan pengunjung, di antaranya: Area pedestrian (batu marmer berwarna abu-abu berbentuk persegi dengan ukuran besar)

  1. Tempat duduk
  2. Kawasan parkir
  3. WC umum

Harga Tiket

nol KM Jogja

Destinasi wisata Jogja ini menjadi tempat yang recomended kamu kunjungi karena selain indah juga gratis. Di tempat ini kamu bisa berlama-lama tanpa khawatir adanya tagihan tiket masuk. Kapan saja berkunjung tak perlu khawatir dengan biayanya.

Keterangan Harga
Dewasa/ Anak-anak Gratis
Kendaraan roda dua/ roda empat Gratis

Jam Buka

Jam buka wisata Titik Nol di Yogyakarta selama 24 jam. Artinya kapan saja kamu mau berkunjung ke tempat ini, lokasi tetap bisa kamu kunjungi. Petang atau pagi hari menjadi waktu terbaik mengunjungi tempat ini. Saat cuaca tidak panas dan kamu bisa mengambil gambar sepuasnya. Meskipun demikian, pada malam hari pengunjung masih banyak yang sekedar nongkrong, ngobrol hingga berfoto.

Lihat juga Alun-alun Utara Jogja

Masih belum puas dengan wisata yang hanya sekedar duduk dan berfoto, kamu bisa langsung menelusuri area paling terkenal di Jogja, yakni Malioboro. Hanya dengan berjalan kaki, kamu sudah bisa melanjutkan wisata ke tempat tersebut. Di Malioboro tak hanya sekedar berfoto, kamu juga bisa belanja di pasar terkenal seperti Beringharjo. Menelusuri Jogja memang tak cukup sehari. Seminggu atau bahkan sebulan pun berada di Jogja, kamu akan selalu ingin jalan dan mengeksplorasi tempat wisatanya.

Kalau kamu punya kesempatan berkunjung yang singkat selama di Jogja, ada baiknya menggunakan jasa paket wisata saja. Jangan lupa berkunjung ke Jogja saat liburan. Tak hanya Titik Nol Jogja yang bisa kamu nikmati, ada ribuan tempat wisata di Yogyakarta yang selalu menanti untuk dikunjungi. Jogja memang bikin kangen.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *