wisata goa selarong

Goa Selarong

Meraih kemerdekaan bukanlah hal yang mudah, ratusan tahun para pahlawan kita melawan penjajah yang silih datang berganti. Salah satunya ialah Pangeran Diponegoro yang memimpin perlawanan mengusir Belanda dan tinggal di Goa Selarong. Pergerakan ini dikenal dengan Perang Diponegoro.

Ketika masa penjajahan dulu, pihak Belanda tidak suka dengan keberanian yang dimiliki oleh Diponegoro. Mereka pun membakar tempat tinggal Diponegoro sehingga dirinya harus mengungsi di Goa. Tempat ini juga sekaligus dijadikan benteng pertahanan dan tempat berkumpulnya para bangsaan. Di sini, mereka menyusun strategi untuk mengusir para penjajah.

Mendalami Sejarah dengan Menyusuri Goa

Yogyakarta memang tidak pernah habis dengan objek wisata menarik. Jika biasanya datang untuk wisata belanja dan kuliner, maka tidak ada salahnya kamu wisata sejarah. Di tempat ini, kamu akan mempelajari sejarah singkat pangeran Diponegoro. Maka tidak heran, terdapat dua patung diponegoro yang berdiri sebagai bentuk penghargaan terhadap pahlawan nasional ini.

Ternyata di Goa Selarong ini memiliki dua goa lainnya yang menjadi tempat persembunyian Diponegoro dan bangsawan lainnya. Goa pertama ialah goa Kakung yang menjadi tempat persembunyian Pangeran Diponegoro. Sementara Goa Putri ditempati oleh Ayu Ratnaningsih yang merupakan selir Diponegoro. Tempat wisata ini telah kami rangkum dalam paket liburan ke jogja 3 hari.

Jika ke tempat ini, maka kamu bisa merasakan suasana yang sunyi dan tenang. Apabila kamu ingin mencari ketenangan diri, maka tempat ini sangat sesuai. Tempat ini juga bisa digunakan untuk berdoa bagi sebagian orang. kamu bisa saja menemukan bekas dupa yang dijadikan perlengkapan untuk berdoa.

Lihat tempat wisata jogja lainnya: Embung Nglanggeran

Selangor sendiri merupakan nama desa yang sangat strategis di Bantul, dan terletak di kaki bukit kapur. Jika ingin melakukan napak tilas perjuangan Diponegoro, maka kamu harus datang ke tempat ini. Jangan lupa untuk membaca buku sejarah sehingga perjalanan kamu lebih bermakna.

Lokasi Goa Selarong

Lokasi

Alamat: Waktu Gedug, Guwosari, Kec. Pajangan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55751

Lihat: Google Map

Jika Anda ingin mengunjungi tempat wisata ini, anda bisa menggunakan jasa rental mobil lepas kunci di jogja.

Fasilitas

Tidak hanya mempelajari tentang sejarah perjuangan, kamu juga bisa melakukan hal menyenangkan lainnya disini . Sebagai destinasi wisata Yogyakarta tempat ini memiliki berbagai fasilitas seru bagi para pengunjungnya. Berikut beberapa fasilitas dan kegiatan yang bisa kamu lakukan di goa ini.

  • Air Terjun

Salah satu aktivitas yang bisa kamu lakukan disini ialah menikmati air terjun goa Selarong. Air terjun ini memiliki ketinggian 35 meter. Kamu bisa menikmati sejuknya air yang jatuh langsung dari ketinggian. Setelah melewati jalanan yang cukup menanjak, kamu bisa beristirahat di pinggir air terjun. Jangan lupa untuk berfoto bersama keluarga.

  • Tempat bermain anak anak

Bagi kamu yang membawa anak kecil, mungkin akan kerepotan karena anak anak merasa bosan hanya melihat goa. Namun, jangan khawatir di sini terdapat fasilitas bermain anak anak yang bisa menghibur mereka. Jadi, kamu tidak perlu khawatir bepergian bersama anak anak.

  • Berkemah

Ternyata di goa ini juga disiapkan lahan yang bisa kamu jadikan sebagai tempat berkemah. Bagi kamu yang datang dari luar kota, maka berkemah merupakan salah satu alternatif kegiatan yang menarik. Bayangkan kamu bisa tidur di alam yang sejuk

Harga Tiket Goa Selarong

Untuk bisa menikmati semua fasilitas, kamu harus membayar harga tiket goa Selarong. Berikut adalah detail harga tiket di museum ini.

Tiket Masuk Rp 2.000
Tiket Parkir Rp 5.000

Jam Buka

Anda bisa mendatangi tempat ini setiap hari untuk menikmati wisata sejarah.  Jam Buka Goa Selarong ialah pada pukul 08.00-16.00. Namun, waktu terbaik untuk mendatangi goa ini adalah pada pukul 12.00–14.00. Jangan lupa untuk singgah ke air terjun untuk menyegarkan diri kamu dalam suasana yang terik.

Jika kamu adalah seorang wisatawan, maka bisa mendatangi tempat ini menggunakan motor. Anda bisa menggunakan jasa sewa motor Yogyakarta di raskita.com. Terdapat berbagai pilihan motor yang bisa kamu gunakan selama seharian. Tentunya harganya murah dan kamu bisa bebas  menikmati suasana Yogyakarta.

Itulah berbagai informasi mengenai Goa Selarong , kamu bisa melakukan wisata sekaligus mendapatkan informasi baru mengenai gunung teraktif di Indonesia ini

Scroll to Top
× 0811-282-016