wisata Museum Perjuangan Yogyakarta

Museum Perjuangan Yogyakarta

Salah satu cara untuk mempelajari budaya Indonesia adalah dengan berkunjung ke museum. Tidak ada cara yang lebih baik untuk memahami negara ini daripada belajar melalui museum terbaik di Indonesia. Salah satu museum terbaik di Indonesia adalah Museum Perjuangan Yogyakarta Saat berlibur ke museum, Anda bisa mempelajari banyak hal. Mulai dari peninggalan kuno, seni kontemporer, pakaian batik tradisional, transportasi, hingga sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Museum Perjuangan merupakan museum menyimpan banyak sejarah perjuangan negeri ini.

Museum Perjuangan Yogyakarta

Museum Perjuangan adalah salah satu museum di Yogyakarta, provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Museum ini didirikan untuk memperingati Setengah Abad Kebangkitan Nasional di Yogyakarta pada 20 Mei 1958. Museum ini didirikan di atas tanah yang disediakan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono IX. Bangunan-bangunan monumental disini didirikan untuk memperingati setengah abad kebangkitan nasional Republik Indonesia. Dirancang oleh Prof. Kelvin dari fakultas Teknik, UGM dan pakar budaya R. M. Sri Handoyo sebagai pendamping.

Museum Perjuangan memiliki tempat utama yang berisi peninggalan sejarah. Ruangan yang pertama di taat secara rapi di luar gedung. Disana menyajikan patung kepala pahlawan nasional, relief yang menjelaskan dan bercerita bagaimana lahirnya Boedi Utomo, masa penjajahan Jepang, dan partai Sarekat Islam. Selain itu juga membahas PD dua, Kongres Pemuda kesatu, masa pindahnya Ibukota negara ke Jogja, Peristiwa 1 Maret 1949, dan pertempuran puputan di Bali.

Lihat tempat wisata jogja lainnya: Bukit Cumbri

Di museum ini juga mengulik sejarah serangan belAnda pada Agresi Militer Belanda satu dan dan beberapa peristiwa sejarah lainnya. Selain di Yogyakarta ada beberapa museum perjuangan lain. Di antaranya Museum Perjuangan Bogor, Museum Perjuangan Bandung, dan Museum Perjuangan Jakarta.

Lokasi Wisata

[fusion_modal_text_link name=”Google Map” class=”” id=””][/fusion_modal_text_link]

Jl. Kolonel Sugiyono No.24, Brontokusuman, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55153

Fasilitas

Fasilitas adalah salah satu poin penting bagi sebagian besar wisatawan saat mengunjungi tempat wisata. Semakin baik fasilitas yang diberikan, semakin banyak pula pengunjung yang hadir. Fasilitas yang disediakan oleh Museum Perjuangan Yogyakarta cukup banyak sehingga bisa memudahkan pengunjung Museum. Berikut list fasilitas yang disediakan.

  1. Menyediakan taman bermain
  2. Menyediakan tempat ibadah (mushola
  3. Menyediakan toilet umum
  4. Menyediakan tempat parkir kendaraan
  5. Ada tempat khusus untuk pameran (tersedia indoor dan outdoor)
  6. Sudah dilengkapi hotspot area
  7. Disini juga tersedia perpustakaan
  8. Mushola

Harga Tiket Masuk Museum Perjuangan Yogyakarta

Harga tiket masuk ke Museum Perjuangan dibanderol dengan harga yang murah. Anda hanya perlu merogoh kocek beberapa rupiah untuk masuk ke sini.

KeteranganHarga
Tiket Masuk Perorangan (untuk dewasa)Rp. 2000/orang dewasa
Tiket Masuk Perorangan (untuk anak-anak)Rp. 1000/anak
Tiket Masuk Rombongan (untuk dewasa)Rp. 1000/orang dewasa
Tiket Masuk Rombongan (untuk anak-anak)Rp. 500/anak
Tiket Masuk Dewasa (mancanegara)Rp. 10.000/orang dewasa
Tiket Masuk anak-anak (mancanegara)Rp. 10.000/anak
Tiket Parkir MotorRp. 2000/motor
Tiket Parkir MobilRp. 10.000/mobil

Jam Buka Museum Perjuangan Yogyakarta

Museum Perjuangan Yogyakarta hanya buka pada hari Senin sampai Jumat saja. Untuk hari Minggu libur. Jam buka museum dimulai jam setengah delapan dan tutup jam empat sore. Catat baik-baik jadwalnya agar Anda tidak salah jadwal. Anda bisa mengunjungi museum ini kapan saja. Setelah Anda selesai melihat-lihat isi Museum Perjuangan Yogyakarta, Anda bisa mampir ke beberapa tempat wisata yang berada dekat dengan museum ini.

Tempat wisata yang bisa dikunjungi adalah Sekretarian Sementara Museum Anak Kolong Tangga dan Alun-alun Kidul Yogyakarta. Untuk menghemat biasa Anda juga bisa booking paket wisata. Tempat booking paket wisata yang terpercaya adalah raskita.com. Paket yang laris dan direkomendasikan adalah paket wisata Jogja 1 hari. Anda bisa menikmati tour wisata dengan biaya yang lebih murah. Selain harga murah yang ditawarkan untuk hampir semua hal,

Jogja juga menyimpan banyak kisah sejarah yang pasti tidak ingin Anda lewatkan. Jogja menarik untuk dijelajahi dan akan memberi Anda pengalaman yang berbeda. Selain menarik dijelajahi, Anda juga bisa meningkatkan pengetahuan dan wawasan Anda selama berada di Jogja. Museum ini dapat dianggap sebagai cara untuk mengingatkan diri kita tentang sejarah kita. Dan juga untuk menarik banyak wisatawan untuk datang dan menjelajahi keindahan masa lalu. Museum Perjuangan perlu dilestarikan agar tidak melupakan siapa kita sebenarnya. Dan dapat belajar dari peristiwa masa lalu untuk membentuk kita dengan lebih baik hari ini.

Scroll to Top
× 0811-282-016