Untuk Kamu yang ingin merasakan pergi ke Grand Canyon tanpa harus mengeluarkan banyak biaya, Luweng Sampang bisa jadi salah satu alternatifnya.

Kenapa begitu? karena tempat ini mempunyai kesamaan dengan Grand Canyon hanya saja ukurannya yang lebih kecil atau bisa dibilang sebagai versi mininya. Memang apa saja yang menjadi keindahan tempat wisata ini? yuk simak ulasannya di bawah ini.

Overview Luweng Sampang

Luweng Sampang jogja

Tempat ini memiliki air terjun yang sangat indah dengan dihimpit dinding-dinding tebing yang menjorok ke dalam seperti lubang. Air terjun di Jogja ini memang tidak terlalu tinggi, hanya sekitar 5 meter saja, berbeda dengan wisata air terjun Sri Gethuk. Namun keindahan nya tetap sama. Tempat ini masih sangat asri karena belum banyak orang-orang yang menjamah tempat wisata ini.

Lihat juga Candi Pawon

Mitos yang beredar di masyarakat tentang tempat wisata Jogja ini, konon katanya salah satu tokoh legenda Indonesia yakni Sunan Kalijaga pernah bertapa disini. Masyarakat di sini yang percaya akan hal tersebut, dan menganggap bahwa air di tempat ini adalah air keramat. Terlepas dari itu semua, daya tarik utama dari tempat wisata ini adalah spot – spot foto nya yang Instagramable sebagai background foto.

Tak heran, tempat ini selalu ramai dengan orang-orang untuk berfoto ria dibandingkan daripada mandi di air terjunnya. Bahkan tempat ini selalu jadi pilihan alternatif untuk melakukan sesi foto pre wedding. Akibat kemiripan tempat ini dengan Grand Canyon, hanya berbeda di ukuran luas tempat nya saja, banyak sekali wisatawan mancanegara juga berkunjung ke sini. Itu semua terbukti karena ada beberapa foto wisatawan internasional yang mengunggah foto saat berada disana di laman Instagram Mereka.

Lokasi Air Terjun Luweng Sampang

Alamat: Jl. Juminahan, Sampang, Mongkrong, Sampang, Gedang Sari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55863, Indonesia

Lihat: Google Map

Fasilitas

Hampir sama sekali tidak ada fasilitas khusus yang tersedia, hanya tersedia tempat parkir saja. Jadi Kamu harus mempersiapkan barang bawaan yang akan digunakan dan juga bekal makanan yang cukup karena belum ada warung yang dekat dengan tempat ini.

Harga Tiket

Air Terjun Luweng Sampang

Harga tiket tempat wisata ini bisa dibilang gratis, karena tidak ada tempat karcis khusus. Kamu bisa memasuki tempat ini kapan saja yang Kamu mau, tetapi harus membayar parkir yang harganya adalah sebagai berikut :

KeteranganHarga
Parkir Kendaraan Roda DuaRp 2.000
Parkir Kendaraan Roda EmpatRp 5.000

Jam Buka

Jam buka tempat wisata ini adalah 24 jam, jadi Kamu bisa mengunjungi nya kapan pun yang Kamu mau. Hanya saja disarankan untuk mengunjungi nya pada pagi hari atau siang hari karena jika terlalu sore biasanya akan sepi pengunjung. Setelah mengunjungi tempat air terjun ini, Kamu juga bisa berkunjung ke tempat air terjun lainnya seperti air terjun Kedung Kandang yang letaknya hanya 1 kilometer dari tempat ini.

Lihat juga Alun – Alun Kidul

Jika Kamu ingin berkunjung ke 2 air terjun yang indah diatas, Kamu bisa gunakan paket wisata Jogja 2 hari yang Kami sediakan. Agar lebih mudah menyiapkan segala kebutuhan liburan Kamu yang bisa Kami atur. Mungkin demikianlah informasi tentang wisata eksotis yakni Luweng Sampang yang dianggap sebagai mini Grand Canyon Jogja. Dengan berwisata ke tempat ini, Kamu akan merasakan sensasi wisata luar negeri tanpa harus merogoh kocek banyak.