Kulon Progo punya begitu banyak pesona yang belum banyak orang ketahui. Satu persatu obyek wisata indah di Kulon Progo mulai terungkap. Salah satu yang kini mulai naik daun adalah Bukit Widosari.

Bukit Widosari terletak di Kawasan Perbukitan Menoreh, Desa Tritis, Ngargosari, kecamatan Samigaluh, Kulon Progo Yogyakarta (Lihat Google Map). Bukit ini memiliki ketinggian 1012 meter diatas permukaan laut membuat Bukit cantik dari Kulon Progo ini memiliki suhu yang sejuk dan menyegarkan. Tempat wisata ini telah kami rangkum dalam paket liburan ke jogja 3 hari.

Puncak Bukit Widosari Kulon Progo Yogyakarta

Memiliki suasana yang tenang dan tentram, konon katanya Puncak Widosari adalah tempat Pangeran Diponegoro untuk menenangkan diri. Suasana di Bukit memang sangat menentramkan hati siapapun yang berkunjung kesana. Pemandangan alam yang disajikan pun sangat spektakuler.

Walaupun memiliki ketinggian lebih dari 1000 meter, untuk menuju Puncak Widosari Kulon Progo ini tidaklah sulit. Pengelola sudah membuat tangga dan pengaman di samping kiri dan kanan agar pengunjung lebih nyaman untuk naik ke puncak bukit.

Namun, tetap siapkan tenaga ya. Sebab kamu perlu menaiki 240 anak tangga di bukit ini. Jangan khawatir, beberapa titik untuk beristirahat juga sudah tersedia di bukit ini.Jika sudah sampai ke Puncak Widosari, kamu akan mendapatkan pemandangan yang sangat mempesona. Lelah saat menaiki bukit akan segera sirna.

Pepohonan hijau yang menyejukan mata, gunung-gunung gagah dan bahkan laut selatan akan terlihat dari Puncak Bukit Widosari Kulon Progo. Hal yang menarik di puncak bukit adalah terdapat bongkahan batu besar.

Bongkahan batu ini adalah sebuah magnet yang sangat mencolok di Bukit Widosari Kulon Progo. Batu ini menjadi salah satu ciri khas dari Bukit menawan sehingga menarik banyak wisatawan. Pengelola juga sudah menyediakan beberapa gardu pandang sebagai tempat pengunjung untuk berfoto. Gardu-gardu ini sudah dibuat sangat nyaman dan aman oleh pengelola agar pengunjung bebas mengambil foto.

Jika senja datang, pemandangan di Puncak Widosari sangat menakjubkan. Semburat jingga dan gemerlap lampu kota Yogyakarta dan Magelang akan membuat pengunjung berdecak kagum.

Fasilitas

Dibuka sejak tahun 2012, fasilitas di Bukit Widosari tentu sudah cukup lengkap meliputi:

  • Mushola
  • Tempat Makan
  • Toilet
  • Gardu Pandang
  • Parkir
  • Gazebo
  • Wifi Gratis

Harga Tiket

Harga tiket masuk Puncak Widosari masih ramah di kantong pengunjung. Berikut daftar biaya yang diperlukan pengunjung ketika masuk ke Puncak Widosari:

KeteranganHarga
Tiket MasukRp.2.000,00
Sewa tulisan foto-fotoRp.2.000,00
Parkir MotorRp.3.000,00
Parkir MobilRp.5.000,00

Jam Buka

bukit widosari

Obyek wisata Kulon Progo yang satu ini mulai beroperasional pukul 6 pagi hingga pukul 6 sore. Pengunjung memiliki rentang yang cukup banyak untuk menikmati eksotisnya Puncak Widosari.

Namun, waktu terbaik untuk mengunjungi Bukit Widosari Kulon Progo adalah pada saat matahari terbenam. Pengunjung dapat mengabadikan indahnya sang surya tenggelam dari ketinggian Puncak Widosari. Jika sudah puas menikmati keindahan Puncak Widosari dan belum merasa lelah. Pengunjung dapat mengunjungi objek wisata lain di sekitar Bukit Widosari seperti Kebun Teh Tritis dan Kebun Teh Nglinggo.

Ketika berkunjung ke Kulon Progo, akan lebih mudah jika kamu menggunakan sepeda motor untuk alat transportasi. Pengunjung dapat berpindah dari tempat wisata sat uke tempat wisata lain tanpa tergantung kendaraan umum. Walaupun tidak membawa motor, pengunjung dapat mencari sewa motor Jogja di raskita.com untuk mendapatkan sepeda motor yang diinginkan.

Demikian ulasan tentang keindahan Bukit Widosari, sebuah bukit indah dan masih tersembunyi di Kulon Progo. Masukan ke daftar destinasimu ketika mengunjungi Kulon Progo.