Jogja terkenal dengan gunung Merapi. Salah satu wisata yang sangat recommended untuk menikmati keindahan gunung Merapi adalah Kaliadem. Kaliadem Merapi ini merupakan kaki gunung Merapi yang menyimpan keindahan alam sangat luar biasa.

Mengunjungi Jogja rasanya tidak akan lengkap jika tidak singgah ke tempat wisata yang satu ini. Nah, ada baiknya jika Anda mengenal lebih dulu Kaliadem sebelum berkunjung.

Bunker Kaliadem Merapi

bunker kaliadem

Wisata Kaliadem lebih dikenal dengan wisata bunker. Disini terdapat sebuah bunker yang sudah ada sejak zaman kolonial Belanda. Fungsi utama dari bunker ini adalah sebagai tempat berlindung pada saat gunung Merapi meletus.

Namun sayangnya bunker ini sudah tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Letusan gunung Merapi yang sangat dahsyatnya pada tahun 2006 telah meluluhlantakkan bunker ini.

Tidak hanya itu, dua orang relawan yang berlindung dalam bunker juga ikut menjadi korban amukan Merapi.

Peristiwa bunker Kaliadem Merapi ini membuat kawasan Kaliadem mati total dan tidak banyak dikunjungi. Padahal sebelumnya Kaliadem menjadi salah satu tempat kesukaan para pendaki Merapi untuk berkemah.

Lihat juga Pantai Greweng Jogja

Kaliadem kembali dibuka untuk wisatawan setelah letusan gunung Merapi pada tahun 2010. Letusan pada tahun 2010 ini lebih dahsyat dibandingkan pada tahun 2006. Hal ini membuat Kaliadem tertutup lava dingin dan bebatuan akibat erupsi Merapi.

Membutuhkan waktu sekitar 3 tahun untuk memulihkan kawasan Kaliadem ini menjadi tempat wisata. Berkat kerja keras warga sekitar dan pemerintah, sekarang ini Kaliadem sudah dibuka kembali.

Untuk Anda yang ingin mengunjungi Kaliadem Merapi bisa memilih paket wisata Jogja 2 hari di Raskita.com. Berlibur ke tempat wisata Merapi ini memang tidak puas jika hanya 1 hari saja.

Berkunjung ke Kaliadem selama 2 hari bisa memuaskan Anda untuk melihat keagungan Merapi. Apalagi jika malam hari pada saat cuaca cerah Anda bisa menikmati keindahan lava pijar yang keluar dari gunung Merapi.

Disiang harinya Anda bisa menikmati kesejukan alam Merapi dan juga berswafoto di bunker Kaliadem.

Bentuk bunker Kaliadem sebelum erupsi dan sesudah erupsi tidak banyak berubah. Anda masih bisa memasuki bunker hanya untuk sekedar berswafoto ataupun menikmati sensasi berada dalam bunker.

Lokasi Wisata Bunker Kaliadem Merapi

Alamat: Kinarejo, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582

Lihat: Google Map

Fasilitas

Untuk Anda yang berkunjung ke Kaliadem tidak perlu khawatir dengan fasilitas yang diberikan. Disini sudah disediakan berbagai fasilitas penunjang, yaitu:

  • Warung makan dan minum
  • Toilet dan Mushola
  • Lava tour

Harga Tiket

harga tiket bunker kaliadem

Anda tidak perlu risau dengan harga tiket untuk masuk ke Kaliadem. Harga tiket masuknya sangat terjangkau. Berikut ini daftarnya:

KeteranganHarga
Tiket masukRp.   10.000,-
Parkir motorRp.     2.000,-
Parkir mobilRp.     5.000,-
Lava Tour jarak jauhRp. 650.000,-/Kelompok
Lava Tour jarak pendekRp. 350.000,-/Kelompok

Jam Buka

Untuk Anda yang ingin menikmati keindahan Kaliadem bisa datang pada pagi hari. Kaliadem Merapi buka pada pukul 7 pagi dan tutup malam harinya. Sangat disarankan untuk datang di pagi hari agar Anda bisa menikmati keindahan gunung Merapi.

Anda juga bisa datang pada sore hari jika cuaca cerah. Sangat disarankan bagi Anda yang datang pada sore hari untuk menginap di homestay ataupun mendirikan tenda.

Lihat juga Tlogo Putri Kaliurang

Untuk ke Kaliadem sangat disarankan menggunakan kendaraan pribadi. Anda bisa ke Kaliadem naik motor ataupun menggunakan mobil. Dengan kendaraan pribadi Anda masih bisa berkeliling ke tempat wisata sekitaran Merapi seperti Kaliurang.

Jadi, jangan lewatkan Kaliadem Merapi ketika Anda datang berkunjung ke Jogja. Pastikan Kaliadem masuk kedalam daftar tempat wisata yang akan dikunjungi ketika ke Jogja.