Embung Batara Sriten menjadi salah satu tempat wisata Gunung Kidul yang mempesona. Tempat yang diresmikan tahun 2014 ini sudah diperbaiki sehingga pengunjung bisa merasakan keindahannya. Keindahan yang dimaksud berupa telaga buatan berlatarkan pemandangan puncak Batur Agung. Bagi kamu yang merasa jenuh dan butuh penyembuhan, Embung Batara Sriten bisa menjadi solusinya. Rasakan energi alam yang meluap disana. Untuk informasi lebih lengkapnya, bisa anda baca di ulasan berikut.

Keindahan Alam Embung Batara Sriten

Batara Sriten terletak di Sriten, Pilangrejo, Kecamatan Nglipar, Gunung Kidul, D.I.Yogyakarta. Ikon utama dari tempat wisata ini adalah adanya embung di puncak tertinggi Gunung Kidul. Embung sendiri merupakan cekungan penampung air atau kamu bisa menyebutnya dengan telaga buatan. Telaga buatan ini terletak di Puncak Batur Agung, kira-kira di ketinggian 859 mdpl. Nah selain untuk tempat wisata, embung dibuat untuk mengairi beberapa tumbuhan seperti kelengkeng dan manggis yang ada di sekitar.

Karena berada di puncak, maka pemandangan yang disuguhkan sangat luar biasa. Bahkan kamu bisa melihat Rawa Jombor dan Waduk Gajah Mungkur saat menaiki puncak Mangir. Hal yang tak kalah menarik adalah adanya makam. Makam di Embung Batara Sriten ini merupakan makam Syekh Wali Jati.

Lokasi Wisata

Alamat: Sriten, Pilangrejo, Nglipar, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55852

Lihat di Google Map: Klik disini

Jika Anda ingin mengunjungi tempat wisata ini, Anda bisa menggunakan jasa rental mobil murah di jogja lepas kunci atau dengan sopir.

Fasilitas

Embung Sriten selalu diperbaiki sehingga kini memiliki fasilitas lengkap seperti:

  • Tempat parkir yang luas
  • Toilet umum
  • Mushola
  • Warung makan
  • Gazebo
  • Pendopo
  • Spot foto

Fasilitasnya cukup lengkap kan? Kamu tidak perlu khawatir lagi kalau berkunjung ke sana.

Harga Tiket Masuk Embung Batara Sriten

Tiket masuk Embung Sriten cukup murah, berikut rincian harga tiket masuk beserta tarif lainnya.

KeteranganHarga
Tiket MasukRp 4.000
Biaya Parkir MotorRp 2.000
Biaya Parkir MobilRp 10.000

Murah meriah kan? Keindahan yang kamu dapatkan sangat memuaskan, tidak sebanding dengan harga tiket termasuk yang murah.

Jam Buka Embung Sriten

Embung Sriten buka pukul 5 pagi hingga jam 6 sore. Namun kadang ada yang camping juga jadi bisa dipastikan boleh 24 jam. Jika kamu ingin masuk gratis dan merasakan kesunyian, kamu bisa datang saat hari biasa, bukan akhir pekan ataupun hari libur. Di puncak Batara Sriten kabupaten Gunungkidul kamu bisa hunting foto sepuasnya karena memang menyajikan pemandangan yang menakjubkan. Pemandangan yang lebih menakjubkan bisa didapat saat sore hari.

Kamu bisa menikmati sunset yang sangat indah saat sore. Agar tidak gagal melihat sunset, disarankan untuk berkunjung saat musim kemarau. Jalannya juga sangat menanjak jadi berkunjung di musim kemarau menjadi pilihan yang tepat. Sebelum melakukan perjalanan, periksa juga kendaraanmu. Pastikan kendaraan dalam keadaan baik dan bensin terisi full. Sangat disarankan untuk tidak menggunakan motor matic agar terhindar dari rem blong saat jalan menurun.

Lihat tempat wisata jogja lainnya: De Arca Statue Museum

Apabila kamu tidak berani mengendarai motor sendiri ke Batara Sriten, kamu bisa mengajak teman atau saudaramu. Bisa juga dengan menggunakan jasa tour and travel yang menyediakan paket wisata Jogja 3 hari atau lebih. Karena kamu sudah gi GunungKidul, sayang rasanya jika tidak sekalian mengunjungi wisata lainnya.

Jika kamu takjub dengan keindahan Embung ini, ada Embung lain yang tidak kalah menawan. Kamu bisa mampir ke Embung Nglanggeran yang juga menyuguhkan pemandangan indah. Demikian sedikit ulasan tentang tempat wisata Embung Sriten. Semoga ulasan di atas bisa membantu anda mendapatkan informasi lebih. Nah, apakah kamu tetap tertarik mengunjungi Embung Batara Sriten?