Berwisata ke pantai atau ke air terjun tentu menjadi hal biasa yang dilakukan wisatawan. Tapi lain lagi ceritanya jika berwisata ke pantai dan ke air terjun sekaligus. Memangnya bisa? Tentu saja, sekarang kamu bisa berwisata ke pantai sekaligus air terjun dengan mengunjungi Grojogan Banyu Tibo yang ada di Gunung Kidul. Grojogan berasal dari bahasa Jawa yang memiliki arti air terjun. Banyu berarti air dan Tibo berarti jatuh. Jadi, Grojogan Banyu Tibo berarti air terjun air jatuh.

Keunikan Grojogan Banyu Tibo

Hal yang unik dari Grojogan Banyu Tibo adalah letaknya yang berada di pantai Banyu Tibo. Air yang berasal dari pegunungan Karst ini langsung jatuh ke bibir pantai, sehingga menampilkan keindahan pantai dan air terjun sekaligus. Keunikan lainnya adalah air ini memiliki rasa yang tidak tawar, sekaligus tidak asin, sehingga sangat cocok untuk dijadikan tempat bermain air. Ditambah lagi dengan udaranya yang sejuk dan pemandangan hijau, membuat destinasi wisata unik yang satu ini lebih indah dari tempat lainnya.

Jika kamu membutuhkan tempat wisata untuk tempat refreshing yang menenangkan pikiran, maka berkunjung ke Grojogan Banyu Tibo adalah jawabannya. Tempat ini memang tergolong sunyi dan kurang populer dibandingkan tempat wisata lain. Tapi, justru karena kesunyiannya itulah yang membuat tempat ini cocok untuk menenangkan pikiran. Selain itu, destinasi wisata unik Jogja yang satu ini terletak agak terpencil yang menyebabkan sulitnya sinyal ponsel.

Lihat tempat wisata jogja lainnya: Goa Tanding

Jadi, kamu harus menghafal rute menuju ke sini agar tidak tersesat. Atau demi mengutamakan keselamatan, kamu bisa memakai paket wisata Jogja dengan pemandu wisata agar tidak tersesat. Raskita.com menyediakan paket wisata yang murah, beragam dan pemandu wisata profesional.

Lokasi

Alamat: Unnamed Road, Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55881

Lihat: Google Map

Fasilitas

Karena bukan termasuk tempat wisata populer Jogja, fasilitas yang ada di destinasi wisata ini tidak selengkap tempat wisata lain. Tapi untuk fasilitas dasar, tempat ini menyediakannya. Berikut beberapa fasilitas wisata yang bisa kamu dapatkan di sini.

  • Toilet umum
  • Tempat parkir sepeda motor
  • Beach Camp untuk mendirikan tenda
  • Warung makan di atas karang
  • Spot Foto
  • Penyewaan Papan Selancar
  • Pusat oleh-oleh
  • Musala

Ada banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan di tempat ini. Salah satunya adalah berenang di pantai, mandi di air terjun, melakukan sightseeing hingga berkemah di tempat yang telah disediakan.

Harga Tiket Masuk Grojogan Banyu Tibo

Seperti destinasi wisata pada umumnya, untuk dapat masuk ke Grojogan ini kamu juga harus membayar tiket masuk. Tidak perlu cemas, harga tiket Grojogan Banyu Tibo yang ditawarkan pihak pengelola cukup murah dan pantas dengan pemandangan yang akan didapatkan. Berikut rincian harga tiket masuk ke destinasi wisata yang satu ini.

KeteranganHarga
Harga Tiket MasukRp 6000,- per orang
Biaya Parkir Sepeda MotorRp 2000 per unit
Biaya Parkir MobilRp 5000 per unit
Biaya Sewa Beach CampRp 80.000 (Sesuai dengan kebijakan pihak pengelola)

Jam Buka Banyu Tibo

Seperti lazimnya tempat wisata yang memiliki jam operasi, Grojogan Banyu tibo juga memiliki jam bukanya sendiri. Untuk akses ke pantai, kamu bisa mengunjunginya setiap hari selama 24 jam penuh. Hanya saja, beberapa fasilitas pelengkap yang ada di tempat wisata itu akan tutup di sore hari dan baru akan buka pada pukul 08.00 WIB. Jika kamu ingin berlibur ke tempat yang berbeda, bisa dicoba untuk mengunjungi tempat wisata yang satu ini.

Selain menggabungkan wisata pantai dan air terjun dalam satu tempat, Banyu Tibo juga menghadirkan suasana sunyi untuk kamu menenangkan diri.Itulah beberapa informasi tentang Grojogan Banyu Tibo yang perlu kamu ketahui. Semoga artikel ini bisa kamu jadikan sebagai referensi liburan. Selamat berlibur!