Kabupaten Bantul memang memiliki segudang tempat cantik yang mampu memikat hati. Selain wisata alamnya yang memikat, ada beberapa tempat buatan manusia yang tidak kalah indah di Bantul. Tempat yang menarik itu adalah Jembatan Soka yang sangat cocok untuk kamu yang hobi hunting.

Jembatan ini sebenarnya hanyalah jembatan biasa yang menghubungkan Desa Srihardono dengan Desa Selorejo. Tapi, yang jadi suguhan utamanya memang bukan jembatan tersebut, melainkan pemandangan alam yang ada di sekitar jembatan.

Keunikan Jembatan Soka

Jembatan yang terletak di Kabupaten Bantul ini memiliki keunikan berupa struktur jembatannya. Banyak pengunjung yang mengatakan bahwa struktur jembatan ini sangat mirip dengan jembatan Suramadu versi yang lebih kecil.

Bagi kamu pecinta fotografi, pasti akan senang sekali dengan jembatan yang satu ini. Ini karena pemandangan yang ada di belakang Jembatan Soka Bantul ini sangat indah.

Dari jembatan ini, kamu bisa melihat pemandangan indah berupa rerimbunan hutan yang ada di sepanjang sungai Opak. Ditambah lagi dengan desain jembatan yang berlantaikan kayu yang digantung dengan tali-temali berwarna merah yang sangat kuat.

Jika berkunjung di sore hari, maka kamu mungkin akan bisa melihat matahari tenggelam. Karena pada dasarnya jembatan ini adalah termasuk prasarana penghubung antara Srihardono dan Selorejo, maka kamu juga akan banyak berpapasan dengan warga sekitar.

Sangking indah jembatan ini, banyak pasangan muda-mudi yang menjadikan lokasi jembatan sebagai tempat pre-wedding. Banyak pula yang datang ke sini khusus hanya untuk berfoto saja.

Penasaran dengan informasi selengkapnya tentang jembatan ini? Baca ulasan yang kami sediakan untuk kamu di bawah ini.

Lokasi Jembatan Soka

Alamat: Soko, Seloharjo, Kec. Pundong, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55771

Lihat: Google map

Jika Anda ingin ke lokasi tempat wisata ini dari jogja sendiri, Anda bisa rental motor jogja.

Fasilitas Jembatan Soka

Karena pada dasarnya jembatan ini adalah jembatan penghubung antar desa dan bukannya tempat wisata pada umumnya, jembatan ini tidak memiliki fasilitas khusus. Akan tetapi, banyak rumah warga yang biasa ditumpangi oleh para pengunjung.

Misalnya, jika kamu datang dan ingin memarkirkan kendaraan, kamu bisa menumpang di halaman rumah warga. Hal ini dilakukan karena tidak adanya lapangan parkir yang ada di dekat jembatan.

Tapi, ada banyak warung warga yang bisa kamu singgahi jika kamu lapar.

Jembatan Soka

Harga Tiket Jembatan Soka

Jembatan Gantung Soka ini pada dasarnya adalah pengganti jembatan lama yang lama yang telah rusak diterjang banjir. Jembatan yang terbuat dari beton tersebut putus di tengah dan dapat dilihat dari jembatan soka yang baru.

Karena jembatan gantung Bantul ini fasilitas umum dan berada di tempat terbuka, tidak ada harga tiket khusus yang diberlakukan. Hanya saja, jika menumpangkan kendaraan di halaman rumah warga, alangkah baiknya kalau kamu membayarkan biaya parkir kepada warga yang ditumpangi.

Jembatan ini hanya cocok dikunjungi untuk mengambil foto, bukan untuk berlibur secara khusus. Jadi, jika kamu menyewa paket wisata Jogja 1 hari di Raskita.com, kamu bisa meminta pada pemandu yang mendampingi untuk mampir sebentar ke jembatan ini dan berfoto.

Jam Buka Jembatan Soka

Tidak ada jam buka khusus yang diterapkan di jembatan Soka. Kamu bebas untuk datang dan melewati jembatan ini kapan saja. Hanya saja, jika ingin melihat atau mengambil objek jembatan berkabut, disarankan untuk sampai sebelum pagi buta.

Begitupun sebaliknya jika kamu ingin menikmati pemandangan matahari tenggelam, disarankan untuk datang selepas ashar dan menunggu sebentar. Pemandangan matahari tenggelam di Jembatan tersebut sangat indah.

Meskipun bukan tempat wisata seperti tempat lainnya, jembatan ini layak kamu kunjungi. Terutama untuk kamu yang hobi memotret lanskap. Sebab pemandangan yang ada di jembatan ini memang tidak ada duanya.

Itulah beberapa informasi mengenai jembatan Soka yang bisa kamu jadikan referensi hunting. Semoga bermanfaat.