Museum Biologi Jogja merupakan tempat wisata sekaligus tempat belajar tentang flora dan fauna yang sangat menyenangkan. Jogja dikenal sebagai kota budaya, kota wisata dan kota pendidikan. Sebagai kota pendidikan, Jogja merupakan rumah bagi banyak universitas terkenal.

Bagi yang ingin berwisata sekaligus belajar, Anda bisa mengunjungi beberapa museum penting yang ada di kota Jogja dan sekitarnya. Museum menyimpan barang-barang menarik yang kaya akan informasi dan sejarah. Bila Anda ingin belajar tentang flora dan fauna Anda bisa berkunjung ke Museum Biologi Jogja.

Sekilas tentang Museum Biologi Jogja

Museum Biologi Yogyakarta

Museum Biologi Jogja merupakan museum milik UGM. Museum flora dan fauna ini merupakan penggabungan dua museum yaitu museum Zoologicum dan museum Herbarium UGM. Museum yang mengoleksi aneka specimen flora dan fauna ini resmi dibuka untuk khalayak ramai pada tahun 1970.

Museum yang bisa dijadikan tempat belajar flora dan fauna ini memiliki berbagai macam koleksi yang unik dan menarik. Meski ada beberapa yang berasal dari luar negeri, Sebagian besar koleksi  Museum biologi UGM berasal dari Indonesia.

Museum yang dikelola UGM ini memiliki 3752 koleksi awetan atau herbarium. Ada awetan kering, basah, kerangka maupun fosil. 30% koleksi tersebut merupakan preparat hewan sedangkan 70% adalah preparat tumbuh-tumbuhan

Lihat juga Deso Boro Kulonprogo

Yang menarik, museum ini memiliki beberapa koleksi hewan langka yang dilindungi. Disini Anda bisa menyaksikan koleksi Buaya Putih, Burung Cendrawasih, Komodo, Trenggiling, Harimau, Beruang Madu dll.

Ada banyak ragam koleksi tanaman yang bisa Anda saksikan dari Crytogamea (tanaman dataran rendah) sampai spermathophyta atau tanaman dataran tinggi. Ada 180 familia dan terdiri dari 1672 species dalam awetan kering dan 350 jenis lainnya dalam awetan basah

Museum megah ini memiliki 8 ruangan yang menyajikan koleksi yang berbeda. Ruangan I dan II dikhususkan untuk koleksi yang dikeringkan. Isinya beragam mulai dari ikan, serangga, kambing sampai dengan kerangka simpanse dan kerangka manusia.

Untuk koleksi tumbuhan dan hewan yang diawetkan secara basah dipamerkan di lantai III dan IV. Sedangkan tulang gajah dan kuda utuh ada di ruang V. Untuk koleksi penyu dan aves, Anda bisa temukan di ruang VII.

Lokasi Wisata

Alamat: Jl. Sultan Agung No.22, Wirogunan, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55151

Lihat: Google Map

Fasilitas Museum Biologi

Museum yang cocok untuk dijadikan sarana edukasi ini dikelola secara profesional. Untuk kenyamanan pengunjung, museum ini dilengkapi dengan beberapa fasilitas yang diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Pemandu museum yang siap menjelaskan semua koleksi museum dengan detail.
  • Terdapat perpustakaan berisikan buku-buku yang berhubungan dengan koleksi museum.
  • Untuk kenyamanan pengunjung museum ini juga memiliki beberapa fasilitas penunjang seperti tempat parkir yang luas, toilet yang bersih serta Mushola untuk pengunjung yang beragama Islam.

Museum Biologi di Yogyakarta ini memiliki koleksi yang luar biasa jumlahnya. Fasilitas pendukungnya juga sangat memadai. Jadi sangat disayangkan bila kita tidak mau memanfaatkannya secara maksimal.

Harga Tiket Masuk Museum

Museum Biologi Yogyakarta

Untuk bisa menikmati aneka koleksi flora dan fauna yang ada, pengunjung harus membayar tiket yang besarnya sangat terjangkau.

Keterangan                                                                    Harga
Pelajar                                                                            Rp 5000
Umum                                                                            Rp 7000
Turis Manca                                                                 Rp 15.000

Jam Buka

Museum Biologi di Jogja ini buka setiap hari kerja yaitu hari Senin sampai hari Kamis mulai buka jam 07.30 WIB dan tutup jam 16.00 WIB. Jam buka untuk hari Jumat sedikit lebih panjang yaitu antara jam 07.30 WIB sampai jam 17.00 WIB.

Jumlah pengunjung museum ini tidak terlalu ramai, jadi Anda bisa datang kapan aja. Yang penting jangan datang pada hari Minggu dan hari libur nasional karena pada hari-hari tersebut museum tutup.

Setelah Anda puas menyaksikan koleksi flora dan fauna di museum, Anda bisa menuju lokasi wisata lainya. Ada banyak Lokasi wisata yang letaknya tidak terlalu jauh dari museum seperti Taman Pintar Jogja, Malioboro dan juga Museum Benteng Vredeburg.

Lihat juga Waduk Sermo Kulonprogo

Untuk ke Malioboro mungkin Anda harus naik kendaraan. Bila Anda memerlukan mobil Anda bisa menghubungi Raskita.com. Raskita adalah biro agen wisata terkenal yang menyediakan jasa sewa mobil Jogja dengan harga terjangkau.

Museum Biologi UGM memiliki koleksi flora dan fauna yang jumlahnya sangat fantastis. Tempat ini sangat cocok untuk berwisata sekaligus belajar tentang hewan dan tumbuh-tumbuhan. Bila Anda akan ke Jogja dalam waktu dekat, pastikan Anda mengunjungi museum yang satu ini.