Gunung KIdul masih belum kehilangan pesonanya sebagai gudangnya wisata alam di Yogyakarta. Setiap sisi dan bagiannya selalu mempesona dan menunggu untuk di jelajahi. Salah satu tempat yang perlu dikunjungi saat ke Gunung Kidul adalah Pantai Ngrenehan.

Pantai Ngrenehan melengkapi deretan pantai cantik berpasir putih di Gunung Kidul yang telah punya nama terlebih dahulu seperti Pantai Wediombo, Pantai Drini dan Pantai Baron. Pantai Ngrenehan merupakan pantai nelayan yang memiliki keunikannya sendiri.

Menikmati Keindahan Pantai Ngrenehan

jalan-menuju-Pantai Ngrenehan

Nama Pantai Ngrenehan adalah pemberian seorang Raja Demak, Raden Fatah. Saat itu, beliau mencari ayahnya ibu tirinya yang kabur ke pantai ini. Mereka melarikan diri karena menolak untuk diajak masuk Islam oleh Raden Fatah. Raden Fatah dan pasukannya tetap mencari orang tuanya hingga sampai pantai ini. Namun perjuangan mereka tidak membuahkan hasil. Raden Fatah belum juga menemukan orang tuanya.

Oleh karena itu, Raden Fatah menamai tempat ini dengan Ngrenehan dari kata “rene” yang dalam Bahasa Indonesia berarti “sini”. Pantai Ngrenehan adalah sebuah desa nelayan yang berada di sebuah teluk. Karena berada di sebuah teluk maka arus dan ombak di Pantai ini tidak begitu besar. Jadi pengunjung dapat melakukan aktivitas air seperti berenang dan bermain air dengan aman di pantai ini.

Lihat juga Pantai Ngobaran Gunung Kidul

Pasir putih khas pantai di Gunung Kidul yang dikelilingi tebing dan batuan menambah eksotisnya pantai ini. Tempat ini seperti surga tersembunyi diantara rimbunya pepohonan di sekitarnya. Pengunjung pasti akan semakin takjub dengan pemandangan di tempat wisata ini jika dilihat dari atas. Karena merupakan pantai nelayan, pengunjung akan dengan mudah menemui warung-warung yang menyediakan Makanan dari ikan dan seafood segar.

Pengunjung juga dapat membeli ikan langsung dari nelayan untuk dibawa pulang. Selain keindahan alamnya pengunjung juga dapat menikmati wisata budaya berupa upacara adat. Upacara ini biasanya dilakukan pada saat bulan purnama di saat perayaan Hari Raya Nyepi. Jika pengunjung sudah bosan menikmati keindahan pantai di siang hari, jangan khawatir karena sudah disediakan area camping. Pengunjung dapat mendirikan tenda dan menikmati suasana pantai di malam hari sambil menyantap hidangan laut yang segar.

Lokasi Wisata

Alamat: Wonosari, Kanigoro, Sapto Sari, Kanigoro, Sapto Sari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55871

Lihat: Google Map

Fasilitas di Pantai Ngrenehan

Walau tergolong objek wisata yang baru berkembang, Pada pantai ini sudah memiliki fasilitas yang cukup lengkap seperti:

  • Tempat Makan
  • Toilet dan Ruang Ganti
  • Mushola
  • Area Parkir
  • Area Camping
  • Tempat Pelelangan Ikan

Harga Tiket Wisata

pura-di-pinggir-pantai

Tiket masuk untuk menikmati indahnya Ngrenehan masih cukup murah dan ringan di kantong pengunjung. Berikut daftar biaya yang perlu pengunjung keluarkan ketika datang ke Pantai Ngrenehan:

KeteranganHarga
Tiket MasukRp 5.000,00
Parkir MobilRp.5.000,00
Parkir MotorRp.3.000,00
Parkir Bus SedangRp.15.000,00
Parkir Bus BesarRp.20.000,00

Jam Buka

Pantai ini buka selama 24 jam setiap harinya. Pengunjung dapat datang kapanpun hingga puas. Namun, waktu terbaik untuk mengunjungi Pantai Ngrenehan adalah saat Matahari terbenam. Jika masih belum puas menikmati indahnya pantai di Gunung Kidul, lanjutkanlah perjalanan ke Pantai Ngobaran dan Pantai Nguyahan yang letaknya sangat dekat dengan pantai Ngrenehan.

Lihat juga Pantai Krakal Gunung Kidul

Tiap-tiap pantai tersebut memiliki pesonanya masing-masing. Mengunjungi Gunung Kidul tidak akan cukup dalam sehari. Pengunjung dapat mencari paket wisata Jogja yang tepat untuk menikmati banyaknya tempat wisata yang ada di Gunung Kidul maupun Jogjakarta. Demikian ulasan tentang Pantai Ngrenehan, Desa Nelayan yang sangat mempesona dengan teluk dan batu karangnya.