Apa, sih, nama puncak tertinggi di Yogyakarta? Benar, puncak tertinggi di Yogyakarta adalah Puncak Suroloyo yang termasuk ke dalam bagian Perbukitan Menoreh. Dengan ketinggian lebih kurang 2000 meter dpl, perbukitan yang memiliki puncak di Suroloyo ini resmi menjadi puncak tertinggi di Yogyakarta. Uniknya, kamu bisa menikmati pemandangan 4 gunung sekaligus dalam satu pendakian. Ini dikarenakan perbukitan Suroloyo ini dekat dengan 4 gunung, yakni Merapi, Merbabu, Sindoro dan gunung Sumbing. Dari puncak ini kamu juga bisa meneropong Candi Borobudur yang indah, loh.

Misteri Puncak Suroloyo

Puncak Suroloyo

Menurut legenda, dulunya puncak ini adalah tempat Raden Mas Rangsang menerima wangsit sebelum akhirnya menerima gelar Sultan Agung Hanyokrokusumo. Kisah ini tertulis dalam Kitab Cabolek yang dibuat oleh Ngabehi Yasadipura. Selain legenda mengenai Raden Mas Rangsang, ternyata puncak dari Perbukitan Menoreh ini juga memiliki legenda lain. Diyakini bahwa puncak tertinggi di Yogya ini adalah tempat bermukimnya Batara Guru, yakni pimpinan Para Dewa.

Lihat juga Angkringan Tugu Jogja Lik Man

Konon katanya, di tempat inilah Ki Semar mengasuh Petruk, Gareng, dan Bagong. Itu pula sebabnya puncak ini juga disebut sebagai puncak Ki Semar atau rumah Ki Semar. Keunikan lain tempat ini selain mitosnya adalah banyaknya gunung yang mengelilinginya. Banyak yang bilang, bahwa jika ingin mendaki gunung dalam satu pendakian, cukup dengan naik ke puncak bukit ini. Sebab, di sini kamu juga bisa melihat puncak gunung Merapi, Merbabu, Sindoro dan Gunung Sumbing.

Lokasi Puncak Suroloyo

Alamat: Keceme, Onggosoro, Giritengah, Kec. Borobudur, Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta 56553

Lihat: Google Map

Fasilitas Wisata

Tempat wisata perbukitan ini memiliki 3 gardu pandang yang merupakan spot terbaik untuk menikmati pemandangan di puncak. Ada gardu pandang dan beberapa fasilitas lain seperti di bawah ini:

  • Toilet umum
  • Warung makan
  • Tempat parkir
  • Villa dan Homestay yang ada di puncak
  • Ground Camp bagi pengunjung yang ingin berkemah
  • Gardu Suroloyo yang bisa dimanfaatkan pengunjung untuk melihat Candi Borobudur dari ketinggian.
  • Gardu Sariloyo jika pengunjung ingin menikmati pemandangan Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro.
  • Gardu Kaendran tempat dimana pengunjung bisa melihat pemandangan Pantai Glagah yang biru di Kulonprogo.

Karena tempat wisata ini berada di atas perbukitan, maka beberapa wisatawan yang baru di Yogyakarta terkadang membutuhkan pemandu wisata. Jika kamu juga membutuhkan pemandu wisata, mungkin bisa mencoba untuk mengambil paket wisata Jogja dari Raskita.com. Selain bisa mendapatkan pemandu, dengan mengambil paket wisata, kamu juga bisa mendapatkan transportasi yang layak menuju puncak ini.

Harga Tiket Masuk Wisata

Lokasi Puncak Suroloyo

Untuk bisa mengunjungi Puncak dengan pemandangan yang fantastis ini, kamu tidak perlu membawa banyak uang. Dengan budget minimalis, pun, kamu bisa masuk ke dalam tempat wisata yang satu ini. Berikut rincian harganya.

KeteranganHarga
Harga Tiket MasukRp 5.000 per orang
Parkir Sepeda MotorRp 2.000 per unit
Parkir MobilRp 5.000 per unit

Sebenarnya, harga yang dipatok untuk masuk ke dalam Puncak Suroloyo ini masih tergolong murah. Bahkan terlalu murah untuk pemandangan dan kesejukan alam yang ada di atasnya.

Jam Buka Wisata

Seperti lazimnya tempat wisata, puncak tertinggi di perbukitan Menoreh ini juga memiliki jam buka. Menurut informasi, puncak ini sebenarnya tidak memiliki jam buka resmi. Hanya saja, beberapa warung dan fasilitas lain (kecuali Villa dan homestay) biasanya sudah tutup ketika menjelang senja. Meskipun demikian, ada juga beberapa warung yang buka sampai malam. Jika kamu berencana untuk berkemah di puncak, maka ada baiknya untuk datang dari sore. Ini supaya bisa menikmati pemandangan malam yang bertabur bintang di puncaknya.

Lihat juga Museum Ullen Sentalu

Jika ingin melakukan perjalanan wisata yang berbeda, maka berangkat ke Suroloyo mungkin bisa menjadi pilihan. Apalagi di dekat puncak ini ada wisata yang tidak kalah menarik. Tidak sampai 1 km kamu bisa mampir ke wisata Candi Borobudur. Itulah beberapa informasi mengenai Puncak Suroloyo. Puncak ini juga masuk ke dalam rekomendasi tempat wisata jika kamu ingin berkunjung ke Yogyakarta, loh. Selamat berlibur.