Grand Canyon van Yogya sebagian orang menyebutnya untuk menganalogikan Tebing Breksi yang ada di Yogyakarta. Barangkali yang menyebut belum pernah mengunjungi dan cuma mendengar nama sebuah ngarai tebing terjal yang berlokasi di Colorado Amerika Serikat.

Apabila Grand Canyon yang asli dibentuk oleh alam akibat kikisan sungai selama jutaan tahun, maka Tebing Breksi adalah tebing yang terbentuk akibat aktivitas manusia. Sebuah tebing batu vertikal yang memanjang beberapa ratus meter memotong sebuah bukit.

Grand Canyon van Yogya

Panggung Masa Depan Tebing Breksi

Lokasi Tebing Breksi atau Grand Canyon van Yogya yang menjadi destinasi wisata ini tadinya adalah sebuah tambang yang dikelola oleh masyarakat setempat. Batuan breksi yang membentuk sebuah bukit sedikit demi sedikit dipotong-potong untuk dibuat batu hiasan dalam seni konstruksi. Batu hiasan tersebut unik karena batu breksi mempunyai keindahan khas yang tidak bisa ditandingi dengan bentuk olahan lainnya. Pada tahun 2014 penambangan batu breksi resmi ditutup oleh pemerintah.

Penutupan ini adalah berasal dari sebuah kajian ilmiah yang menyatakan bahwa batu breksi yang saat itu ditambang oleh masyarakat adalah berasal dari aktivitas vulkanik gunung api purba Nglanggeran. Ketika keluar aturan pelarangan penambangan, sebagian sisi bukit sudah terpotong sehingga berbentuk tebing. Di bagian potongan membentuk sebuah lahan datar yang sekarang dijadikan lahan untuk membuat fasilitas wisata. Untuk naik ke atas tebing yang berupa tempat datar pengunjung akan melewati tangga batu yang dibuat dari hasil pahatan. Dinding juga asli batu breksi yang dipahat dengan sangat artistik oleh seniman.

Lihat juga Desa Wisata Gamplong

Lokasi ini tentunya juga sangat menarik untuk dijadikan spot foto. Bagian puncak bukit yang belum sempat terpotong letaknya tinggi. Dari ketinggian bukit tersebut dapat terlihat sebagian kota Yogyakarta dengan segala aktivitasnya. Di puncak tersebut bahkan bisa terlihat aktifitas naik turunnya pesawat di Bandara Adisutjipto Yogyakarta. Beberapa candi seperti Candi Prambanan yang tampak jelas terlihat. Sore dan pagi hari adalah waktu yang tepat untuk mengunjunginya. Di atas puncak ketinggian bukit matahari terbit maupun terbenam akan menampilkan suasana yang romantis.

Dinding-dinding batu yang dipahat dengan ornamen indah oleh seniman dengan tata lampu yang menawan menjadikan tempat ini begitu indahnya. Wisatawan dari luar daerah yang hendak datang ke tempat ini dapat dengan mudah mencari transportasi. Sewa mobil Jogja menyediakan berbagai macam jenis dan merek mobil sesuai dengan keinginan Anda. Juga terdapat paket-paket wisata yang sesuai dengan keinginan Anda. Cukup buka situs https://www.raskita.com maka wisata ke Yogyakarta akan menjadi kenangan yang tak terlupakan.

Lokasi Wisata Tebing Breksi

Alamat: Unnamed Road, Gn. Sari, Sambirejo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55572

Lihat: Google Map

Fasilitas

Sebagai sebuah tempat wisata yang relatif baru, fasilitas yang disediakan oleh pengelola belum terlalu lengkap. Ketidaklengkapan sebenarnya hanya soal waktu karena fasilitas dasar dari tempat wisata seperti:

  1. Akses jalan cor ke lokasi walaupun ketika masuk masih dalam perkerasan.
  2. Lokasi parkir sudah ada walau belum teratur dan masih berupa tanah perkerasan yang pada musim kemarau apalagi angin bertiup kencang maka debu banyak berterbangan. Sebaliknya di musim hujan becek sudah pasti.
  3. Tempat ibadah/masjid ada dan bersih karena masih baru
  4. Masih menjadi satu dengan tempat ibadah atau masjid
  5. Rumah makan ada

Harga Tiket

Tebing Breksi

Harga tiket yang dipatok tidaklah terlalu mahal mengingat fasilitas yang ada berupa spot foto-foto selfi banyak yang gratis.

KeteranganHarga
Tiket masukRp 5.000,00
Parkir mobil kecilRp 15.000,00
Parkir mobil busRp 25.000,00
Parkir sepeda motorRp 2.000,00

Jam buka Tebing Breksi

Tempat ini mulai buka 24 jam karena keindahan lokasi ini adalah di waktu matahari terbit (sunrise) dan mata hari terbenam (sunset). Terbit dan terbenamnya matahari adalah waktu yang tepat untuk mengabadikan keindahan Grand Canyon van Yogya.

Wisata sekitar

Tidak lengkap kiranya apabila di Yogyakarta hanya mengunjungi satu objek wisata. Banyak wisata di Yogyakarta dan sekitarnya. Di dekat Tebing Breksi sendiri ada banyak candi, mulai dari Candi Ijo, Candi Barong, Candi Banyunibo, Candi Ratu Boko hingga Candi Prambanan yang terkenal dengan Roro Jongrangnya.

Lihat juga Gereja Sayidan

Ayo rencanakan liburan Anda ke Yogyakarta, khususnya ke Tebing Breksi ini. Kota pelajar, kota budaya, kota wisata yang tak akan terlupakan.