Yogyakarta adalah kota eksotis di Indonesia yang dilengkapi dengan banyak situs budaya dan wisata yang perlu kamu kunjungi. Salah satunya adalah Alun-alun Utara Keraton Yogyakarta. Salah satu landmark utama di Jogja ini memiliki nilai budaya dan sejarah yang sangat kuat.

Saat ini Alun-alun Utara merupakan salah satu tempat wisata di jogja yang paling ramai dikunjungi. Telah ada sejak awal berdirinya Keraton Yogyakarta, Alun-alun Utara dulunya diyakini sebagai tempat unjuk kebolehan para prajurit. Kini, tempat ini ramai dikunjungi terutama di malam hari sebagai objek wisata kuliner di jogja.

Overview Alun-alun Utara

Pohon beringuin Alun - alun utara

Sejarah Alun-alun Utara

Seperti yang disampaikan sebelumnya, Alun-alun Utara merupakan salah satu tempat bersejarah yang di Yogyakarta. Dulunya, tempat ini merupakan bagian tak terpisahkan dari kerajaan. Latihan perang dan unjuk kebolehan prajurit kerajaan dilakukan di tempat dengan ukuran 150 x 150 m ini. Selain itu, saat rakyat Jogja ingin mendapatkan keadilan langsung dari Sultan, mereka melakukan ritual pepe (berjemur) di Alun-alun Utara ini. Di sekeliling Alun-alun Utara dulunya terdapat beberapa pendopo.

Pendopo-pendopo ini digunakan sebagai tempat peristirahatan para bupati yang ingin menghadap sultan. Dinamai sebagai Alun-alun Utara karena letaknya yang ada di bagian utara keraton, dan merupakan satu dari dua alun alun yang dimiliki Keraton Jogja. Alun-alun yang lain berada di sebelah selatan Keraton.

Keunikan Alun-alun Utara

Salah satu keunikan dari Alun-alun Utara adalah adanya dua pohon beringin besar di bagian tengah Alun-alun. Dua pohon beringin ini dinamai dengan pohon Kyai Dewandaru dan Kyai Wijayandaru. Awalnya pohon beringin juga ditanam di sekeliling Alun-alun Utara Yogyakarta ini. Terdapat enam puluh tiga pohon beringin yang melambangkan usia Nabi Muhammad SAW. Saat ini Alun-alun Utara merupakan tempat yang ramai dikunjungi pengunjung baik siang maupun malam hari.

Lihat juga Stonehenge Merapi

Di pagi hari, banyak pengunjung yang melakukan olahraga di tempat ini. Sementara malam harinya, tempat ini penuh dengan berbagai makanan dan jajanan yang bisa kamu nikmati. Harganya juga sangat terjangkau yang membuatnya menjadi salah satu tempat wisata di jogja yang murah. Bagi kamu yang ingin mengunjungi Alun-alun Utara dan mendapatkan pengalaman liburan di jogja yang lengkap dan menyenangkan, kamu bisa menggunakan paket wisata jogja 1 hari yang ditawarkan oleh Raskita.com nih.

Dengan paket wisata ini, kamu bisa mengunjungi Alun-alun Utara dan beberapa tempat wisata terbaik di jogja lainnya. Tentunya, jika kamu hanya punya waktu kunjung yang terbatas, menggunakan paket wisata jogja 1 hari merupakan pilihan terbaik. Dengan paket wisata ini, kamu akan diajak ke lima tempat wisata di jogja. Pada akhir tur, kamu akan diajak ke pusat oleh oleh di jogja sehingga kamu gak usah bingung cari oleh oleh untuk keluarga di rumah jika waktu tinggalmu di jogja cukup pendek.

Lokasi Alun-alun Utara Jogja

Alamat: Jl. Alun-Alun Utara, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122

Lihat: Google Map

Fasilitas

Terdapat beberapa fasilitas umum di Alun-alun Utara yang bisa kamu gunakan. Beberapa diantaranya sebagai berikut.

  1. Tempat Makan, kamu tidak akan kesulitan mencari tempat makan di sekitar Alun-alun Utara. Juga kamu tidak perlu khawatir karena harganya pasti terjangkau. Tempat Parkir, kamu yang kesini menggunakan kendaraan pribadi bisa mendapatkan tempat parkir yang aman dan luas.
  2. Toilet, ini merupakan fasilitas umum yang bisa kamu dapatkan dalam jumlah dan kondisi yang memadai di sini.
  3. Penginapan dan hotel, bagi kamu yang berencana menginap untuk menikmati suasana malam Alun-alun Utara, terdapat banyak penginapan dan hotel dengan berbagai kelas yang bisa kamu gunakan.

Harga Tiket

Masjid Gede Alun - alun utara

Hingga saat ini, Alun-alun Utara bisa kamu kunjungi tanpa membayar tiket masuk. Ya, sebagai salah satu tempat umum, Alun-alun Utara bisa kamu kunjungi secara gratis. Tapi jangan lupa bawa uang jajan yang banyak ya, karena makanan dan jajanan yang dijual disini pasti membuat kamu tergoda.

Jam Buka

Karena merupakan tempat umum, tentunya Alun-alun Utara buka tujuh hari seminggu dan dua puluh empat jam sehari, hehe. Akan tetapi, akan sangat menyenangkan jika kamu berkunjung ke Alun-alun Utara ini pada malam hari, karena menu kuliner yang ditawarkan sangat beragam dan harganya sangat terjangkau. Informasi tambahan sobat traveler.

Lihat juga Candi Ijo

jika kamu sudah berkunjung ke Alun-alun Utara, kamu bisa mengunjungi beberapa tempat wisata dekat Alun-alun Utara, seperti Malioboro, Alun-alun Kidul, atau beberapa pusat oleh oleh yang ada disana. Sekian review tentang Alun-alun Utara, salah satu tempat wisata terbaik di jogja.