Salah satu obyek wisata jogja yang menarik untuk dikunjungi adalah Candi Ijo. Candi Ijo menawarkan banyak hal menarik yang tidak dimiliki oleh candi lain di kota Jogja. Sebelum anda berkunjung ke candi ini sebaiknya anda tahu tentang tentang sejarah dan hal-hal menarik lainya.

Sebagai pusat kebudayan Jawa, Jogja memiliki sejarah yang sangat panjang. Hal ini dibuktikan dengan keberadaan candi-candi yang tersebar di kota Jogja dan sekitarnya. Ada candi yang berukuran besar dan dan ada juga yang berukuran kecil. Salah satu candi yang menawarkan banyak keunikan adalah Candi Ijo.

Keistimewaan Candi Ijo yang Harus Anda Tahu

Candi ijo sunset

Sejarah Candi Ijo erat kaitanya dengan Kerajaan Mataram Kuno. Banyak arkeolog berpendapat bahwa candi ini kemungkinan besar dibangun pada zaman kerajaan Medang. Hal ini diketahui berdasarkan penemuan prasasti kuno yang disebut dengan prasasti Ipoh yang ditulis pada tahun 906 Masehi.

Mirip dengan candi-candi Hindu lainnya, di dalam bangunan candi terdapat ruangan kecil yang berisi Lingga dan Yoni. Di dalam candi juga terdapat tulisan yang berbunyi “Om Sarwwawinasa”. kalimat ini diulang-ulang sampai 16 kali. Tulisan aneh ini menjadi misteri Candi Ijo yang belum terpecahkan sampai sekarang.

Banyak Arkeolog berpendapat bahwa tulisan itu merupakan suatu mantra kutukan. Terlepas dari misteri kutukan tulisan tersebut, Candi yang terletak di atas bukit ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para pelancong.

Lihat juga Rumah Hobbit Sleman Yogyakarta

Disebut Candi Ijo karena candi ini terletak di atas sebuah gumuk atau perbukitan yang disebut dengan gumuk Ngijo. Letak Candi ini memang berada di atas ketinggian 375 meter di atas permukaan air laut. Hal ini membuat candi Ijo menjadi candi tertinggi di Jogja.

Suasana di sekitar candi sangat menakjubkan. Udaranya yang segar ditambah dengan pemandangan yang indah seluas mata memandang, membuat lokasi ini cocok untuk dijadikan tempat beristirahat. Mereka yang menyukai dengan keindahan alam pasti menyukai candi Ijo.

Karena letaknya di bukit yang lumayan tinggi,  pengunjung candi bisa menikmati keindahan kota Jogja dari ketinggian. Selain itu, candi dengan arsitektur gagah ini menawarkan spot foto yang spektakuler. Mereka yang suka memotret mata hari terbit, candi Ijo sunset dan sunrise manawarkan keindahan luar biasa yang tidak bleh di lewatkan.

Lokasi Candi Ijo

Alamat: Kikis, Sambirejo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55572

Lihat: Google Map

Fasilitas yang Tersedia

Kondisi candi dan lingkungan terawat dengan baik. Untuk kenyamanan pengunjung, candi ini dilengkapi dengan beberapa fasilitas pendukung seperti:

  • Terdapat toilet dan area parkir yang luas
  • Terdapat pos penjagaan yang memberikan informasi seputar candi.
  • Terdapat beberapa Gazebo yang memungkinkan pengunjung beristirahat sambil menikmati suasana yang ada.
  • Terdapat beberapa spot foto menarik untuk memfasilitasi pengunjung mengambil gambar.
  • Banyak warung-warung yang menyediakan aneka jenis makanan untuk wisatawan.

Meski masih jauh dari sempurna, secara umum pengunjung merasa nyaman dengan fasilitas yang tersedia.

Harga Tiket Masuk Kawasan Candi

Candi ijo sunset

Untuk bisa menikmati keindahan candi dan lingkungan alam disekitarnya, pengunjung dikenakan tiket masuk yang nominalnya tidak seberapa.

KeteranganHarga
Tiket Masuk Wisatawan LokaRp 5.000
Tiket Masuk Wisatawan MancanegaraRp 10.000
ParkirRp 3.000

Jam Buka Candi

Candi ini buka setiap hari mulai dari jam 06.00 WIB sampai jam 17.00 WIB. Sama seperti candi-candi lainnya, lokasi Candi terletak di alam terbuka. Agar tidak terlalu panas, disarankan untuk mengunjungi candi dipagi hari dan sore hari. Nah bagi anda yang ingin mengabadikan matahari tenggelam, anda bisa datang waktu sore hari sambil membawa peralatan fotografinya.

Ada banyak obyek wisata lain yang letaknya tidak terlalu jauh dengan Candi Ijo seperti Tebing Breksi, candi Prambanan, Candi Boko dan candi Sewu. Bagi anda yang memerlukan transportasi untuk menuju lokasi-lokasi wisata tersebut, ada baiknya menghubungi kami Raskita.com.

Lihat juga Bukit Paralayang Jogja

Kami merupakan agen wisata terbaik yang menyediakan sewa mobil Jogja dengan harga terjangkau. Agen wisata kami memiliki berbagai macam jenis mobil untuk disewakan.

Candi Ijo merupakan objek wisata sejarah yang bukan saja unik dan menarik tetapi juga sangat penting khususnya masyarakat Jawa. Candi ini membuktikan bahwa nenek moyang orang jawa sudah memiliki teknologi yang maju.

Berwisata ke candi bersejarah bukan saja menyenangkan, tetapi juga bisa menambah wawasan kita tentang kejayaan masa lalu leluhur kita. Kota Jogja merupakan kota budaya yang banyak menawarkan objek wisata sejarah yang salah satunya adalah Candi Ijo.