Yogyakarta terkenal dengan surga wisata alam yang sangat menakjubkan. Salah satunya yaitu Bukit Paralayang. Untuk Anda yang ingin menikmati keindahan pantai selatan dari ketinggian sangat disarankan untuk datang ke sini.

Bagi Anda yang ingin datang kesini wajib untuk mengetahui detail apa saja yang bisa Anda nikmati di sini.  Berikut sekilas tentang Bukit Paralayang.

Keindahan Bukit Paralayang

Bukit Paralayang Yogyakarta

Bukit yang satu ini juga dikenal sebagai Bukit Paralayang Watugupit. Bagi Anda yang pernah datang ke pantai Parangtritis tentunya pernah melihat bukit di bagian timurnya bukan? Bukit bagian timur Parangtritis inilah yang dinamakan Bukit Paralayang.

Sesuai dengan namanya, bukit ini merupakan pusat olahraga paralayang yang ada di Jogja. Pada hari-hari tertentu Anda bisa menyaksikan para atlet paralayang latihan. Anda juga bisa datang kesini ketika ada acara festival atau lomba paralayang.

Lihat juga Jogja National Museum atau JNM

Tidak hanya menyaksikan para atlet latihan saja, Anda juga bisa mencoba olahraga pemacu adrenalin yang satu ini. Baru-baru ini disini sudah dibuka kelas paralayang untuk umum.

Bagi Anda yang tidak suka dengan olahraga pemacu adrenalin tetap bisa menikmati keindahan pantai dari atas bukit ini.

Bukit Paralayang Watugupit Kabupaten Gunung Kidul Daerah Istimewa Yogyakarta ini merupakan tempat yang tepat untuk menikmati sunrise dan sunset.

Sunrise Bukit Paralayang Parangtritis atau Watugupit ini sangat memesona. Apalagi jika Anda menikmatinya bersama dengan orang terkasih. Tidak hanya sunrise saja, Anda juga akan disuguhi pemandangan alam pantai selatan yang memesona.

Tidak salah jika bukit ini menjadi salah satu tempat yang dianjurkan untuk honeymoon para pasangan baru. Keindahan alamnya juga sangat cocok untuk dijadikan objek fotografi ataupun tempat pre wedding.

Bagi Anda yang ingin berbulan madu ke bukit ini sangat disarankan untuk mengambil paket honeymoon dari Raskita.com. Anda bisa mendapatkan paket honeymoon paling romantis di sini. Tidak hanya itu, ada banyak pilihan tempat wisata lain yang bisa kunjungi di Yogyakarta.

Lokasi Bukit Paralayang

Alamat: Area Hutan, Giricahyo, Purwosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55872

Lihat: Google Map

Fasilitas yang Tersedia

Para pengunjung bukit ini tidak perlu khawatir dengan fasilitas yang ada di sini. Sebelum naik ke bukit ada banyak fasilitas yang bisa Anda nikmati. Berikut ini fasilitas yang bisa Anda nikmati:

  • Toilet dan musala
  • Kafe terbuka di bawah dan atas bukit
  • Guide paralayang

Harga Tiket Masuk

Bukit Paralayang Jogja

Untuk harga tiket masuk bukit Paralayang Jogja ini cukup terjangkau jadi tidak akan menguras dompet Anda. Berikut daftar harga tiketnya:

KeteranganHarga
Tiket masukRp    5.000,-/orang
Parkir motorRp    2.000,-
Parkir mobilRp    5.000,-
Paket paralayangRp    350.000,-

Jam Buka

Bukit ini buka selama 24 jam dan Anda dapat mengunjunginya sesuka hati. Sangat disarankan untuk datang di pagi hari ataupun sore hari.

Untuk Anda yang ingin datang pada pagi hari sangat disarankan datang sebelum subuh. Datang pada dini hari Anda bisa menikmati sunrise diatas bukit. Selain itu, di siang harinya Anda bisa mengunjungi Pantai Parangtritis.

Dari bukit menuju ke Pantai Parangtritis cukup dekat. Anda hanya perlu jalan kaki dari tempat parkir Bukit Paralayang Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Lihat juga Pule Payung Jogja

Namun jika Anda lebih suka sunset sangat disarankan datang pada sore hari. Tidak hanya sunset, Anda juga bisa menikmati panorama laut pada malam hari. Ada banyak spot foto menarik yang bisa Anda nikmati pada malam dan pagi hari.

Agar Anda bisa menikmati keindahan sunrise dan sunset secara maksimal maka sangat disarankan untuk datang pada musim kemarau. Pada musim kemarau angin juga berhembus kencang dan cocok untuk berolahraga paralayang.

Tunggu apalagi segera rencanakan liburan kali ini Anda ke Jogja dan datang ke Bukit Paralayang. Pastikan Anda memilih paket liburan yang tepat.