Jauh sebelum kisah cinta Juliet dan Romeo dituliskan, Rakai Pikatan dan Sri Kaluhuran telah membuktikan kekuatan cintanya. Romantisme keduanya terukir jelas di sebuah candi kembar bernama Candi Plaosan. Kisah mereka mungkin tidak sefenomenal Roro Jonggrang, namun benar-benar menyentuh hati. Penasaran bagaimana candi ini abadi di ingatan masyarakat? Dan bagaimana kisah keduanya terukir indah melalui sebuah candi?.

Romantisme Rakai Pikatan dan Sri Kaluhuran

Cerita di balik berdirinya Candi Plaosan bisa dibilang tidak populer. Banyak orang tidak mengetahui kedua tokoh kisah cinta ini, yaitu Sri Kaluhuran dan Rakai Pikatan. Keduanya merupakan sepasang suami istri yang berasal dari latar belakang berbeda. Hubungan cinta mereka sempat ditentang oleh kedua belah pihak keluarga, tetapi cinta menunjukkan jalannya. Perbedaan agama melatarbelakangi kisah cinta keduanya.

Penolakan keras dari seluruh anggota keluarga tak menggoyahkan kekuatan cinta mereka. Justru keduanya membuktikannya melalui pembangunan candi ini. Dari prasasti yang ditemukan diketahui candi tersebut selesai pada abad 9 di masa pemerintahan Wangsa Sanjaya, seorang raja Mataram. Candinya sendiri berlokasi di Klaten, tepatnya desa Bugisan. Di sini, Anda bisa menemukan dua candi yang dinamai Candi Plaosan Lor dan Candi Plaosan Kidul.

Lihat tempat wisata lainnya: Goa Maria Tritis

Keduanya berjarak sekitar 20 m yang dikelilingi oleh parit tanah. Sama dengan candi lainnya, mitos Candi Plaosan berhasil mencuri perhatian wisatawan. Konon pasangan yang datang bersama kesini, keduanya akan langgeng. Kisah cinta mereka akan abadi layaknya kisah Rakai Pikatan dan Sri Kaluhuran. Terlepas dari semua mitos yang ada, candi ini memiliki 174 candi perwara. Sayangnya, bangunan candi masih dalam tahap rekonstruksi sampai saat ini. Pasca gempa 2006 lalu, banyak stupa dan candi kecil lainnya yang runtuh dan sulit disatukan.

Lokasi candi plaosan

Lokasi Wisata

Jl. Candi Plaosan, Plaosan Lor, Bugisan, Kec. Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57454

Lihat: Google Map

Jika Anda ingin ke tempat wisata bersejarah ini, Anda bisa menggunakan jasa rental mobil di jogja lepas kunci atau dengan supir.

Fasilitas

Di balik misteri Candi Plaosan, kini tempat tersebut menjelma menjadi tempat wisata. Berbagai fasilitas pendukung dibangun untuk memberi kenyamanan pada pengunjung, seperti:

  • Toilet umum
  • Warung kaki lima
  • Gazebo untuk beristirahat
  • Tempat Parkir
  • Papan Informasi

Harga Tiket Wisata Candi Plaosan

Tertarik berkunjung ke sini dan merasakan kesyahduan kisah cinta abadi? Cek dulu tiket masuk Candi Plaosan 2019 berikut.

KeteranganHarga
Tiket MasukRp 3.000/orang
ParkirRp 2.000/motor
Rp 5.000/mobil

Jam Buka Wisata Candi Plaosan

Wisata Candi Plaosan mulai beroperasi dari pukul 9 pagi – 5 sore setiap harinya. Biasanya candi ini ramai pengunjung saat akhir pekan. Tapi tak jarang di hari biasa juga ramai oleh siswa/i yang melakukan study tour. Biar tak melewatkan momen berharga, cobalah datang di sore hari. Sembari berkeliling bangunan candi, Anda dapat menikmati pemandangan matahari terbenam yang indah. Lokasi candi sendiri tidak begitu jauh dari Candi Prambanan.

Selain Candi Prambanan, ada pula Candi Sewu yang masih berada dalam kompleks Candi Prambanan. Anda bisa sekaligus mengunjungi keduanya usai menghabiskan waktu di Plaosan. Jika masih terasa kurang, sempatkanlah menikmati penampilan teater Ramayana. Bagi wisatawan yang ingin berwisata sejarah ke candi-candi di sekitar Klaten, cobalah ambil paket wisata Jogja 3 hari di raskita.com. Anda bisa berkeliling dengan nyaman.

Dijamin, momen jalan-jalan Anda akan lebih menyenangkan. Anda juga tak perlu khawatir harus menyetir sendirian ke lokasi asing, seperti kawasan candi ini. Masukkanlah Candi Plaosan ke dalam daftar wisata Anda selama di Yogyakarta. Anda tak akan menyesal mendapati candi indah dengan bentangan alam nan hijau. Apalagi dengan panorama matahari tenggelam di penghujung hari akan menambah syahdu momen liburan. Jika masih kurang, Anda bisa menyempatkan diri mengunjungi beberapa candi di sekitarnya.