wisata Goa Maria Tritis

Goa Maria Tritis

Goa Maria merupakan salah satu tempat ziarah favorit umat Katolik. Hampir di seluruh wilayah Indonesia mempunyai Goa Maria. Salah satu Goa Maria yang sangat terkenal di Jogja adalah Goa Maria Tritis. Untuk kamu yang ingin merasakan ketenangan dalam berdoa harus datang ke sini. Tempat ini selalu ramai dikunjungi para wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui sedikit tentang goa ini sebelum datang berkunjung.

Goa Maria Tritis Jogja

Berbeda dengan Goa Maria pada umumnya, Goa Maria Tritis ini berbentuk goa alami. Pada awalnya goa ini merupakan goa biasa dengan stalagtit dan stalagmit yang menjulang cukup tinggi. Kisah-kisah mistis juga banyak beredar di sekitaran goa. Sejarah Gua Maria Tritis ini tidak terlepas dari peran para Romo yang ada di Gunung Kidul. Pada tahun 1974, goa ini mulai dijadikan sebagai tempat berdoa umat katolik dan dijadikan sebagai Goa Maria.

Goa ini pertama kali digunakan untuk upacara ekaristi natal. Sejak saat itu, goa ini ditetapkan sebagai Goa Maria dan secara perlahan dibuka untuk umum. Untuk kamu yang ingin merasakan ketenangan bisa datang ke sini. Banyak orang khusus datang ke sini untuk memanjatkan doa. Suasananya yang tenang dan sejuk membuat kita lebih khusyuk dalam berdoa. Memasuki kawasan Goa Maria ini kamu akan disambut dengan jalan setapak yang membelah hutan jati.

Lihat tempat wisata jogja lainnya: Pantai Pok Tunggal

Hal inilah yang menjadi salah satu daya tarik tersendiri dari Goa Maria ini. Sejak berjalan dari area parkir menuju goa, kamu bisa merasakan ketenangan. Selain itu, sepanjang jalan menuju goa kamu bisa melihat diorama Yesus pada saat proses penyaliban. Diorama ini juga dijadikan sebagai tempat berdoa bagi yang sedang melakukan jalan salib. Tidak jauh dari lokasi ini, kamu akan segera tiba di mulut goa. Gua Maria Tritis Jogja ini ditata secara sederhana.

Bagian tengah goa terdapat patung Bunda Maria dan di hadapannya terdapat kursi kayu untuk berdoa. Memasuki goa kamu akan disambut dengan suara angin yang sangat menenangkan dan tetesan air dari dinding goa. Adanya suara tetesan air ini sangat menyenangkan dan bisa menambah kekhusyukan kamu dalam berdoa. Tetesan air di goa ini juga menjadi alasan kenapa goa ini dinamakan Goa Maria Tritis. Tempat wisata ini telah kami rangkum dalam paket liburan ke jogja 2 hari.

Gua Maria Tritis Yogyakarta ini sangat cocok untuk kamu yang ingin berziarah dan berdoa dengan khusyuk. Kamu juga bisa menikmati keindahan alam yang ada di sekitar goa. Tidak hanya itu, goa ini juga dekat dengan tempat wisata Gunung Kidul lainnya.

Goa Maria Tritis Yogyakarta

Lokasi

Jl. Goa Maria Tritis, Gn. Dowo, Giring, Paliyan, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55871

Lihat: Google Map

Fasilitas

Fasilitas yang ada di Goa Maria ini bisa dikatakan sangat lengkap. Berikut fasilitas yang bisa kamu nikmati:

  • Toilet bersih
  • Kedai makanan dan minuman
  • Kedai oleh-oleh
  • Bangku-bangku untuk berdoa

Harga Tiket Goa Maria Tritis

Karena ini merupakan tempat berziarah maka tidak ada tiket masuknya. Kamu hanya cukup membayar parkir saja. Untuk parkir motor hanya Rp 2.000,-. Sedangkan mobil Rp 5.000,-

Jam Buka

Gua Maria Tritis Gunung Kidul ini buka setiap hari dari pagi hingga sore hari. Sangat disarankan kamu untuk datang pada saat pagi hari. Selain udara yang lebih sejuk, di pagi hari tempat ini belum terlalu ramai. Tempat ini biasanya ramai pada bulan Maret dan Oktober. Bulan-bulan itu merupakan bulan Maria sehingga banyak umat katolik yang melakukan ziarah. Sangat sayang sekali jika kamu hanya melakukan ziarah saja ke Goa Maria ini.

Setelah dari goa ini kamu bisa mengunjungi pantai-pantai Gunung Kidul yang terkenal dengan keindahannya. Lokasi goa ini tidak jauh dari Pantai Indrayanti dan Pantai Baron. Untuk memudahkan kamu dalam mengunjungi tempat-tempat ini sangat disarankan untuk sewa mobil. Sewa mobil Jogja yang bisa diandalkan hanya Raskita.com. Kamu bisa sewa mobil kecil ataupun besar sesuai dengan kebutuhan. Tunggu apalagi segera atur jadwal untuk mengunjungi Goa Maria Tritis dan tempat wisata menarik lainnya di Jogja.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *