Yogyakarta masih menjadi magnet bagi para wisatawan domestik maupun mancanegara. Dengan jenis wisata yang beragam mulai dari wisata alam, wisata sejarah dan wisata edukasi, memang sudah tepat julukan Yogyakarta sebagai kota Wisata. Wisata sejarah yang ramai diperbincangkan salah satunya adalah Candi Ratu Boko.

Pernah muncul di film fenomenal Ada Apa dengan Cinta 2 membuat wisata Candi Ratu Boko semakin ramai dikunjungi. Candi Ratu Boko atau Situs Ratu Boko adalah sebuah tempat bersejarah yang merupakan bekas reruntuhan sebuah istana.

Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko Sunset

Candi Ratu Boko terletak di daerah Sleman Yogyakarta yang lebih dahulu terkenal dengan Candi Prambanan. Candi Ratu Boko walaupun disebut candi namun tidak ada bangunan yang berbentuk candi secara utuh karena merupakan reruntuhan istana atau keraton. Sehingga kompleks ini sering disebut Keraton Ratu Boko.

Sejarah Candi Ratu Boko memiliki banyak cerita dan juga mitos Candi Ratu Boko. Nama Ratu Boko sendiri diambil dari Nama Raja Mataram yaitu Raja Boko. Raja Boko diyakini sebagai ayah dari Roro Jonggrang yang melegenda di Candi Prambanan.

Selain cerita tentang Ratu Boko ayah dari Roro Jonggrang, orang-orang ada yang mengaitkan Candi Ratu Boko dan Nabi Sulaiman. Konon katanya, candi ini adalah istana ratu Balqis dalam kisah Nabi Sulaiman.

Lihat juga Desa Wisata Jelok

Sedangkan menurut sejarawan, Candi Ratu Boko dibangun pada abad 8 sampai 9 masehi yang dibuktikan oleh sebuah Prasasti Abhayagiriwihara bertahun 792. Arti nama Prasasti Abhayagiriwihara artinya sebuah vihara di atas bukit yang damai.

Candi Ratu Boko memiliki luas 250 ribu meter persegi dengan ketinggian 200 meter diatas permukaan laut. Dari candi Ratu Boko, pengunjung dapat melihat Candi Prambanan, Candi Kalasan dan juga gunung Merapi. Di arah selatan, pengunjung dapat melihat pantai selatan jawa.

Kompleks Candi Ratu Boko terdiri atas beberapa bagian yaitu Kawasan barat dan Timur. Sedangkan Kawasan Timur dibagi menjadi beberapa bagian lagi yaitu timur, barat dan tenggara.

Lokasi Candi Ratu Boko

Alamat: Jl. Raya Piyungan – Prambanan No.KM.2, Gatak, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Lihat: Google Map

Fasilitas Candi Ratu Boko

Fasilitas di Komplek Candi Ratu Boko sudah cukup lengkap yang meliputi:

  • Mushola
  • Tempat Makan
  • Toilet
  • Penginapan
  • Parkir
  • Tempat Istirahat
  • Toko Souvenir

Harga Tiket Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko

Harga tiket masuk pengunjung ke Candi Ratu Boko adalah seperti yang tercantum dalam tabel berikut ini:

KeteranganHarga
Tiket Masuk (06:00-15:00)Rp.25.000,00
Tiket Masuk (15:00-17:00)Rp.100.000,00
Tiket Masuk Anak-anak (dibawah 6 tahun)Rp.10.000,00
Parkir MotorRp.3.000,00
Parkir MobilRp.10.000,00

Jam Buka Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko buka setiap hari mulai pukul 6 pagi sampai pukul 5 sore. Waktu terbaik untuk menikmati keindahan candi Ratu Boko tentu saja pada saat Matahari terbenam. Dengan background warna orange yang cantik dilengkapi dengan Candi Ratu Boko yang Istimewa membuat siapapun akan terpesona.

Setelah puas menikmati keindahan Candi Ratu Boko, kamu dapat melanjutkan perjalanan mu ke Candi Prambanan dan Candi Ijo. Bahkan jika kamu memiliki tiket terusan Prambanan Ratu Boko disediakan Shuttle bus gratis ke Candi Prambanan sampai pukul 4 sore.

Lihat juga Bunker Kaliadem Merapi

Tidak lengkap rasanya jika ke Jogja hanya mengunjungi sedikit tempat wisata. Untuk memaksimalkan liburanmu, kamu dapat mencari paket wisata jogja 2 hari atau paket wisata jogja 3 hari. Sesuaikan dengan lama liburanmu agar liburanmu lebih berkesan lagi.

Demikian ulasan tentang keindahan Candi Ratu Boko yang akan sayang jika kamu lewatkan jika berkunjung ke Yogyakarta. Kunjungi lokasi wisata ini bersama dengan pasangan kamu dan nikmati sunset yang romantis. Selamat berlibur ya!