Anda tertarik mengunjungi tempat wisata yang memiliki sejarah dan mitos yang sangat kental? Goa Kiskendo jadi pilihan yang bisa Anda coba kunjungi. Goa dengan usia lebih dari dua abad ini konon menyimpan sejarah di mana tempat ini pernah dijadikan lokasi peperangan raksasa berkepala sapi.

Memang bila dibandingkan goa wisata lain yang ada di Jogja, goa ini masih kurang populer. Namun, di hari-hari libur jumlah pengunjungnya bisa sangat signifikan. Bahkan sejak tahun 2017, jumlah pengunjung hariannya telah mencapai 100 hingga 150 orang.

Seperti apa sih cerita sejarah dan mitos-mitos seputar goa di Kulon Progo ini? Berikut ulasan lengkapnya.

Overview Tempat Wisata Goa Kiskendo

goa kiskendo jogja

Kiskendo merupakan goa yang memiliki cerita sejarah bercampur mitos pewayangan yang sangat kuat di daerah Kulon Progo. Nama Kiskendo sendiri merupakan nama kerajaan tempat berkuasanya Mahesasura dan Lembu Sura. Keduanya adalah raksasa berkepala sapi.

Konon pada saat itu pihak kayangan mengadakan sayembara, siapa yang mampu membunuh Mahesasura akan dijadikan suami Dewi Torokasih jika laki-laki, dan saudara bagi sang dewi jika perempuan.

Lihat juga wisata gunung gajah

Maka pada saat itu majulah dua orang manusia kera bernama Subali dan Sugriwo. Goa Kiskendo menjadi tempat pertarungan sayembara tersebut dan sekaligus menjadi tempat pertumpahan darah.

Goa penuh mitos ini menjadi goa pertapaan di Jogja yang cukup terkenal. Sejak zaman dahulu, banyak orang-orang yang ingin mencari kesucian di tempat ini dengan bertapa.

Hingga saat ini, pengunjung yang datang berwisata ke kawasan ini masih menemukan suasana pertapaan yang khas saat menelusuri goa.

Pengunjung akan dipandu oleh seorang guide untuk menelusuri goa yang hening dan suasana yang sedikit menguji nyali. Selama menelusur goa dilarang membuang sampah, mengotori, corat-coret, dan pacaran.

Selain berwisata di dalam goa, di bagian luar juga terdapat teater pewayangan yang menceritakan kisah mitos dari gua ini.

Salah satu spot terbaik untuk berfoto di tempat wisata ini adalah pada bagian relief-relief yang dibuat di dinding bangunan luar. Relief yang menggambarkan sosok Subali dan Sugriwo telah dibuat sejak tahun 1980 oleh komunitas seni setempat.

Bila Anda tertarik menelusuri destinasi wisata pewayangan di Jogja ini, akan lebih menguntungkan jika menggunakan jasa travel wisata setempat. Raskita.com menawarkan paket wisata 1 hari hingga 5 hari dengan tarif murah berkualitas.

Lokasi Goa Kiskendo

Alamat : Jl. Raya Kaligesing, Sokomoyo, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55674

Lihat : Google Map

Fasilitas

Fasilitas yang ada di kawasan wisata ini cukup memadai dan membuat pengunjung nyaman. Di antara fasilitas yang ada di antaranya:

  • Parkir
  • Pusat informasi dan pembelian karcis
  • Kios-kios
  • Taman bermain untuk anak
  • Taman bermain keluarga
  • Toilet
  • Gazebo
  • Panggung hiburan

Harga Tiket

Harga tiket masuk ke goa Kiskendo terbilang murah. Sangat recomended  buat Anda yang ingin mencari tempat wisata murah selama di Jogja. Berikut ini tarifnya:

KeteranganHarga Tiket
Tiket masukRp. 5000,-/ orang
Kendaraan roda duaRp.2.000,-
Kendaraan roda empatRp. 5.000,-
Jasa susur goaRp. 40.000,-

Jam Buka

goa kiskendo jogja

Bila ingin berkunjung ke goa wisata di Kulon Progo tersebut, Anda sudah bisa mulai berkunjung sejak pukul 07.00 WIB. Jadwal tutup beroperasinya pukul 17.00 WIB karena memang suasana sudah gelap dan tidak kondusif untuk berwisata.

Buat Anda yang ingin lebih lama mengeskplorasi tempat penuh mitos ini, disarankan untuk berkunjung sejak pagi hari. Cuaca di pagi hari masih sejuk dan saat menelusuri goa, Anda bisa lebih merasakan sensasi suasana goa yang lebih dingin dan hening.

Sudah puas menikmati sensasi wisata di dalam goa yang gelap gulita? Selanjutnya Anda bisa meneruskan wisata dekat goa Kiskendo yang lainnya yakni Kalibiru. Tempat wisata ini juga terletak di Kulon Progo. Destinasi ini dikenal dengan spot-spot berfoto yang instagramable.

Lihat juga wisata goa selarong

Bagi pengunjung luar Jogja yang tidak tahu rute jalan menuju destinasi  wisata goa Kulon Progo, mungkin akan sulit berkunjung di pagi hari.

Jelajah Jogja memang tak ada habisnya. Ribuan tempat wisata ada di sini dan bahkan selalu muncul tempat-tempat wisata baru setiap tahunnya. Goa Kiskendo hanya satu di antaranya. Selamat menjelajah.