Tempat wisata yang berupa gunung memang seolah tidak ada habisnya untuk dijadikan tempat berwisata. Hal ini tidak lain karena nuansa pendakiannya begitu memberikan kesan. Hal seperti ini juga akan kamu rasakan ketika naik Gunung Gajah.

Meski sama-sama gunung, tempat wisata ini terbilang berbeda dengan wisata gunung lainnya. Bukan hanya gunung tapi lokasi di bagian bawahnya, pemandangannya sangat luar biasa. Tidak hanya itu, di tempat ini unsur mistisnya juga begitu kental. Berikut ulasan selengkapnya

Overview Tempat Wisata

Gunung Gajah Jogja

Wisata ini lokasinya berada di desa Gongseng, Randudongkal, Kabupaten Pemalang. Destinasi satu ini sangat terkenal sekali baik di Pemalang maupun di luar kabupaten. Sebab, panorama alam begitu indah untuk dinikmati dan diabadikan.

Alamat : Desa Gongseng, Randudongkal, Kabupaten Pemalang

Lihat: Google Map

Di balik panorama alamnya ini ternyata ada satu hal yang pasti akan membuat merinding para pengunjung. Di wisata satu ini menyimpan berbagai cerita mistis. Warga sekitar Pemalang pasti sudah tidak asing lagi dengan berbagai cerita yang sudah beredar.

Lihat tempat wisata jogja lainnya Hutan Pinus Mangunan

Konon, di tempat ini banyak berbagai kera seperti halnya hutan yang asli. Hewan-hewan ini memang tidak ada yang membunuh. Sebab, menurut warga sekitar kera-kera tersebut merupakan jelmaan dari warga sekitar zaman dahulu. Mereka menjadi kera disebabkan oleh kutukan karena tidak menjalankan perintah ilahi.

Tidak sampai disitu saja, di wisata Pemalang ini juga disebut-sebut sebagai tempatnya kerajaan siluman hewan terbesar. Sehingga, orang yang berkunjung kesini terkadang mengalami masalah hal-hal mistis.

Kepercayaan akan adanya kerajaan siluman ini diperkuat dengan bentuk gunung yang mirip dengan gajah. Sehingga, gunung ini dijuluki sebagai gunung gajah.

Meski terbilang mistis, ternyata masih banyak pengunjung berbondong-bondong menuju tempat ini. Hal ini karena di bawah gunung tersebut terlihat jelas hijaunya persawahan. Tidak hanya hijau, penataan dan bentuknya pun sangat indah. Sehingga, ketika dilihat dari atas keindahannya begitu mempesona dan sangat luar biasa.

Kabar baiknya lagi, gunung ini ternyata tidak hanya ada di Pemalang. Di daerah lain pun juga ada. Beberapa gunung di daerah lain seperti Gunung Gajah Salatiga, Gunung Gajah Ponorogo, Gunung Gajah Klaten, Gunung Gajah Sumedang.

Fasilitas

Gunung Gajah

Untuk fasilitas sendiri hampir sama dengan berbagai wisata lain. Karena lokasinya di desa jadi fasilitasnya pun tidak begitu mewah. Berikut beberapa fasilitas yang ada :

  • Parkir
  • Musholla
  • Tempat makan

Untuk menuju ke lokasi ini belum tersedia angkutan umum. Sehingga, kamu sangat direkomendasikan untuk membawa mobil pribadi. Jika datangnya dalam jumlah banyak dan belum mempunyai mobil sebaiknya menyewa mobil di Sewa New Avanza melalui raskita.com saja. Sehingga, perjalananmu akan sangat menyenangkan.

Harga Tiket

Tebing Gunung Gajah

Untuk harga tiket di lokasi ini terbilang murah meriah. Sebab, kamu hanya dikenakan biaya masuknya saja. Berikut beberapa daftar harga tiket di wisata ini:

KeteranganHarga
Tiket masuk5.000/orang
Parkir Motor2.000
Parkir Mobil5.000

Jam Buka

Untuk jam bukanya wisata ini belum ada kepastian. Tapi jika dilihat dari wisatanya yang di gunung kemungkinan besar jam bukanya 24 jam. Tapi untuk kamu yang ingin berlibur kesini waktu yang tepat adalah ketika weekend. Untuk waktu tepatnya ketika pagi hari.

Ketika kamu sedang berwisata ke tempat ini, alangkah baiknya juga singgah di tempat wisata lain. Hal ini bertujuan untuk menambah pengalaman berwisata yang lebih banyak. Untuk lokasi wisata terdekat dari adalah gunung gajah Klaten. Wisata satu ini juga tidak kalah menarik dari wisata yang berlokasi di Pemalang ini.

Lihat juga Embung Batara Sriten

Itulah beberapa ulasan terkait wisata Gunung Gajah. Secara garis besar, wisata ini menyajikan panorama alam yang begitu mempesona. Sehingga sangat cocok untuk berfoto bersama keluarga. Hanya saja, wisata ini memang penuh dengan unsur mistisnya.