Monumen Jogja Kembali merupakan tempat wisata yang menawarkan dua manfaat sekaligus, yakni tempat berlibur dan belajar dalam satu waktu. Di sini Anda bisa menyaksikan miniatur-miniatur sejarah perjuangan rakyat Indonesia.

Sama seperti daerah-daerah lainnya, Yogyakarta menjadi saksi bisu dalam memperjuangkan dan mempertahankan kedaulatan negara. Terlebih, pada tahun 1946 sampai 1949 Ibukota Republik Indonesia berada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Banyak peristiwa sejarah yang dapat dilihat di Monumen Jogja Kembali ini.

Cerita di Balik Monumen Jogja Kembali

Museum-Monumen-Yogyakarta-Kembali

Awal mula penamaan Monumen Jogja Kembali adalah bentuk penghormatan kepada pahlawan-pahlawan dalam mengusir tentara-tentara Belanda dari Yogyakarta. Hal ini yang kemudian menandai kembalinya pemerintahan Indonesia dan pulangnya Soekarno bersama Mohammad Hatta. Selain kedua tokoh tersebut, ada juga tokoh-tokoh lain yang ikut kembali ke Yogyakarta.

Lihat juga Candi Prambanan Jogja

Pendirian Monumen Jogja Kembali digagas oleh Kolonel Soegiarto selaku Walikotamadya Daerah Istimewa Yogyakarta pada saat itu. Dua tahun kemudian, tepatnya 29 Juni 1985 Sri Paduka Paku Alam VIII dan Sri Sultan Hamengkubuwono IX meletakkan batu pertama. Peletakan batu tersebut juga dibarengi dengan penanaman kepala kerbau sebagai upacara ritual.

Monumen Jogja Kembali selesai dibangun dan diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia kedua, Soeharto. Peresmian ini ditandai dengan penandatanganan pada prasasti. Monumen ini berbentuk kerucut yang di dalamnya tersimpan banyak foto, replika, dokumen, senjata, dan lain-lain. Ada juga kereta kuda dan tandu yang sempat digunakan Jenderal Soedirman saat berperang melawan penjajah.

Lokasi Monumen Jogja Kembali

Fasilitas yang Disediakan Monumen Jogja Kembali

Monumen Jogja Kembali atau yang sering disingkat Monjali terdiri dari tiga lantai. Tiap-tiap lantai memiliki fasilitas dan fungsi yang berbeda-beda. Anda bisa menjelajahi dan mengelilingi semua fasilitas yang ada di setiap lantai.

  • Lantai pertama mempunyai empat poin penting, yakni auditorium, museum, kafetaria, dan perpustakaan. Di lantai ini Anda menemukan diorama-diorama berukuran besar tentang perjuangan bangsa Indonesia. Peristiwa-peristiwa Serangan Umum 1 Maret dan proses pembentukan perjanjian Roem Royen dapat dinikmati dengan audio yang telah disiapkan oleh pengelola museum.
  • Di lantai dua, Anda akan menjumpai 10 diorama perjuangan rakyat Yogyakarta dalam mempertahankan kemerdekaan. Setidaknya ada tiga diorama penting di lantai ini, yakni peristiwa Agresi Militer Belanda II, penguasaan yang dilakukan Kapten Van Langen, serta pertempuran Jenderal Soedirman. Diorama tersebut juga dilengkapi dengan alat-alat yang dipakai selama peperangan.
  • Lantai paling atas adalah Garbha Graha atau ruang hening. Ruangan ini berbentuk lingkaran dengan bendera merah putih sebagai porosnya. Tempat ini bertujuan sebagai perenungan untuk mendoakan para pahlawan yang telah gugur di medan perang.
  • Selain fasilitas di atas, ada sarana umum yang dapat dimanfaatkan pengunjung. Anda dapat menikmati telepon umum, tempat bermain anak, kamar mandi, dan lain-lain.

Harga Masuk Monumen Jogja Kembali

Museum-Monumen-Yogyakarta-Kembali

Harga tiket masuk Monumen Jogja Kembali bisa berubah tergantung tanggal merah maupun hari libur Nasional. Rincian harga akan ditampilkan dalam tabel berikut.

PengunjungHargaDiskon
Turis asingRp 15.000Tidak ada
UmumRp 10.00010% untuk rombongan lebih dari 30 orang
Rombongan TK atau panti asuhanRp 10.00050%

Jam Operasional Monumen Jogja Kembali

Anda dapat berkunjung ke Monumen Jogja Kembali dari hari Selasa hingga Minggu. Hari Senin museum ini tidak dibuka. Untuk jam buka Monumen Jogja Kembali dimulai pukul 08.00 sampai pukul 16.00 (jam 4 sore). Jika Anda berkunjung pada hari spesial, Anda akan disuguhi festival budaya Yogyakarta, mulai dari musik, tarian, dan lain sebagainya.

Lihat juga Taman Pelangi Jogja

Hari spesial tersebut biasanya jatuh pada liburan hari Raya Idul Fitri atau hari khusus lainnya. Jika Anda tidak ingin ketinggalan dengan festival budaya tersebut, Anda harus bergegas ke jasa sewa mobil Jogja. Anda dapat mempercayakan kenyamanan liburan Anda dengan Raskita.com. Di sini, Anda akan dibantu menjelajahi Monumen Jogja Kembali.

Dengan berkunjung ke Monumen Jogja Kembali (Monjali), Anda dapat menyaksikan gambaran pahlawan kita dalam memperjuangkan kemerdekaan Tanah Air. Anda tidak perlu menerka-nerka bagaimana perjuangan mereka, karena relief dan diorama dibuat seperti bentuk aslinya. Selain dari buku paket, kini Anda bisa belajar sejarah secara langsung.