Berlibur ke Jogja selalu menyenangkan, bukan hanya bisa mencicipi kulinernya namun, banyak hal yang bisa dipelajari. Seperti misalnya saat mengunjungi Museum Batik Jogja yang sudah berdiri lebih dari 40 tahun lalu.

Mungkin beberapa dari kamu masih ada yang asing mengenai museum ini, tapi sebenarnya lokasinya berdekatan dengan tempat wisata lain. Untuk yang sudah mengetahui Museum Senobudoyo atau Benteng Vredeburg, berarti kamu sudah berada dekat dengan Museum Batik.

Jadi kalau sudah ada disekitar situ, jangan sungkan untuk mampir ke museum di Jogja satu ini ya. Dijamin tidak akan menyesal karena ada banyak hal menarik yang kamu jumpai lebih dari sekedar mengetahui sejarah. Untuk mengetahui lebih lanjut apa hal menarik itu, silakan simak overviewnya di bawah ini.

Overview Museum Batik Jogja

Museum Batik Jogja

Seperti yang sudah disebutkan tadi, Museum Batik ini sudah berdiri lebih dari 40 tahun, tepatnya pada 1977. Di Museum ini, kamu bisa melihat  lebih dari 1.200 koleksi batik yang masing – masing adalah 500 batik tulis dan 560 batik cap serta 124 canting.

Koleksi batik ini, bukan hanya batik khas Jogja saja namun banyak juga batik yang berasal dari daerah lain di luar Jogja. Misalnya saja batik Pekalongan dan Solo yang keduanya disajikan dalam bentuk sarung atau kain panjang supaya motifnya bisa terlihat jelas.

Hal paling menarik yang bisa kamu jumpai di museum ini selain mengetahui sejarah batik adalah belajar membatik langsung.  Kegiatan belajar membatik ini, bisa kamu lakukan ketika berkunjung tanpa ada batasan hari.

Lihat juga Museum Gunung Merapi

Jadi kapan saja berniat liburan dengan melihat-lihat Museum Batik, kamu bisa sekalian belajar membatik.

Di museum ini, kamu juga bisa melihat secara langsung koleksi sulaman tangan terbesar pada kain batik yang bahkan sampai mendapat rekor MURI Indonesia.

Siapa sangka salah satu Museum Jogja ini pernah mendapatkan rekor MURI. Tidak semua museum bisa mendapatkan rekor MURI lho, ini bukan sesuatu yang biasa.

Jika kamu berniat berkunjung ke Jogja melihat museum ini  tapi belum mengetahui wilayah Jogja. Ada baiknya menggunakan Jasa Raskita.com  yang menyediakan berbagai macam paket liburan, jadinya kamu bisa ke museum ini sembari melihat tempat menarik lain.

Jika memilih Raskita.com, kamu juga bisa beli voucher hotel bintang 1 – 3 dengan harga menarik lho.

Lokasi Wisata Museum Batik Jogja

Alamat: Jl. Doktor Sutomo No.13A, Bausasran, Kec. Danurejan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55211

Lihat: Google Map

Fasilitas

Saat mengunjungi Museum Batik, akan ada 2 fasilitas yang bisa kamu dapatkan, 2 fasilitas itu adalah:

  • Guide Tour Museum Batik

Disini guide tour bukan hanya mengajak berkeliling melihat seluruh museum saja tapi akan menceritakan banyak hal. Seperti misalnya bagaimana awal mula batik itu ada, lalu perkembangan batik, hingga motif – motif batik yang ada.

Penjelasan motif batik ini tidak hanya untuk motif khas Jogja saja namun, untuk semua koleksi batik yang ada di museum.

  • Workshop Batik

Seperti yang sudah dibicarakan di atas, kamu akan bisa belajar membatik singkat pada workshop yang diadakan di museum. Cara kerjanya, kamu mendaftar biaya pendaftaran yang nantinya akan ditukar dengan kain dan fasilitas membatik lainnya. Selanjutnya nanti akan dipandu oleh pelatih yang ada disana.

Hasil membatik ini, bisa kamu bawa pulang sebagai oleh – oleh liburan. Sungguh menyenangkan berlibur sambil belajar sedikit membatik kan?

Harga Tiket

museum batik yogyakarta

Untuk harga tiket masuk museum, harganya diberlakukan sama dan tidak ada perbedaan harga untuk hari maupun usia. Untuk selengkapnya, silakan lihat tabel di bawah ini :

KeteranganHarga
Tiket MasukRp 20.000
Workshop BatikRp 40.000

Jam Buka

Museum Batik ini buka dari hari senin sampai sabtu dan tutup di hari minggu, setiap harinya museum di buka pukul 09.00 WIB – 20.00 WIB Sebaiknya jika pergi ke museum  jangan terlalu sore, supaya bisa puas melihat semua koleksi dan merasakan manfaat Museum Batik dengan belajar membatik.

Lihat juga Kids Fun Jogja

Jika masih memiliki banyak waktu setelah puas menjelajahi Museum Batik, kamu bisa mendatangi dua museum yang tadi sudah sempat disebut. Keduanya adalah Sonobudoyo dan Vredenburg yang hanya berjarak sekitar 2 kilometer. Jika mau mampir sekalian ke Taman Sari Jogja juga bisa, dari museum ini hanya terpaut 4 kilometer.

Demikian overview mengenai Museum Batik Jogja yang bisa kamu pilih sebagai tujuan berlibur sambil belajar membatik. Jangan tunggu terlalu lama untuk mengunjungi museum yaa.