Pulau Jawa memiliki tanah yang subur. Terdapat beberapa gunung berapi aktif. Ketika gunung tersebut meletus, letusan tersebut membawa abu vulkanik yang bisa membuat tanah subur. Salah satu gunung berapi aktif yaitu Gunung Merapi. Jika Anda ingin mempelajari, maka Anda bisa datang ke Museum Merapi. Gunung Merapi merupakan salah satu gunung paling aktif di bumi. Letusan terbesar dari gunung ini terjadi pada tahun 2010.

Saat itu Mbah Marijan yang merupakan juru kunci Merapi menjadi korbannya. Peristiwa tersebut bukanlah yang pertama kali, gunung ini sudah meletus berpuluh kali sejak tahun 1500-an. Berbagai fakta tersebut bisa Anda temukan dengan mengunjungi museum ini.

Sejarah Museum Gunung Merapi

sejarah Museum Merapi

Seperti diketahui, Gunung Merapi merupakan gunung yang sangat aktif. Sudah beberapa kali gunung ini meletus dan menjadi peristiwa yang besar. Sejak letusan tahun 2018 silam, Gunung yang berada di perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta ini diberi status waspada. Gunung Merapi sudah meletus sebanyak 33 kali sejak 3000 tahun lalu. Tujuh letusan diantaranya merupakan letusan yang besar.

Lihat juga Candi Sambisari

Anda bisa menemukan fakta yang lebih dalam lagi mengenai Gunung Merapi jika Anda datang ke Museum Gunung Merapi. Tempat ini cocok dijadikan destinasi wisata edukatif bagi Anda dan juga anak anak. Sejarah Museum Gunung Merapi sendiri mulai diresmikan sejak 1 oktober 2009 oleh Purnomo Yugiastoro selaku Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral kala itu. Didirikan di tanah seluas 3.5 hektar,

Museum ini dibangun dengan tujuan memberikan informasi dan pengetahuan kepada masyarakat. Bangunan seluas 4.470 m2 memiliki berbagai fasilitas lengkap mulai dari taman, area parkir hingga plasa. Jika Anda adalah warga Yogyakarta atau sedang berlibur di daerah ini, maka Anda wajib mengunjungi museum merapi ini. Tentunya anak anak juga akan senang berada ditempat ini.

Lokasi Wisata Meseum Gunung Merapi

Alamat: Jl. Kaliurang No.Km, Banteng, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582

Lihat: Google Map

Fasilitas yang Ada di Museum Merapi

Untuk menarik kedatangan pengunjung, tempat ini memiliki berbagai fasilitas. Sebagai destinasi wisata Yogyakarta tempat ini telah diperhatikan secara khusus oleh pemerintah setempat. Berikut beberapa fasilitas dan kegiatan yang bisa Anda lakukan di museum merapi ini.

Gunung Merapi Buatan

Di sini Anda bisa melihat replika gunung merapi yang cukup besar. Diperlihatkan juga berbagai titik penyebaran lava panas. Jika pengunjung memencet tombolnya, maka akan diperlihatkan sebaran awan panas dan aliran lava persis ketika gunung meletus. Benda ini mampu menarik perhatian semua pengunjung dan membuat mereka merinding membayangkan kejadiannya.

Koleksi Barang Sisa Letusan

Masuk ke dalam lagi, Anda akan menemukan berbagai koleksi barang yang sudah terkena lava panas namun tetap berhasil diselamatkan. Bahkan Anda bisa melihat batu bom yang merupakan bentuk lain dari lava pijar bersuhu tinggi. Batu ini terlempar ke udara lalu mengalami pendinginan sampai akhirnya jatuh ke permukaan bumi.

Alat Simulasi Gempa

Sebagai wisata edukatif, tentu tempat ini ingin memberikan berbagai ilmu baru kepada pengunjungnya. Jika Anda datang ke sini, Anda bisa mencoba berbagai alat simulasi seperti simulasi gempa dan tsunami. Anda juga bisa menonton di teater mini, disini akan diputar film berjudul Mahaguru Merapi yang menceritakan tentang Merapi.

Harga Tiket di Museum Merapi

Museum Merapi jogja

Untuk bisa menikmati semua fasilitas, Anda harus membayar harga tiket museum merapi. Berikut detail harga tiket di museum ini.

Keterangan Harga
Wisatawan Domestik Tiket MasukRp5.000
Wisatawan Mancanegara Tiket MasukRp10.000
Wisatawan Domestik Tiket Ruang AudiaRp5.000
Wisatawan Mancanegara Tiket Ruang AudioRp10.000

Jam Buka

Museum ini buka setiap hari kecuali pada hari Senin. Pada hari Senin, museum ini tidak melakukan kegiatan operasional. Jam Buka Museum Merapi ialah pada pukul 08.00 -15.30. Akan lebih menyenangkan jika Anda mendatangi museum ini menjelang sore. Setelah itu, Anda bisa berkeliling wisata misalnya, Museum Sisa Hartaku. Jika Anda adalah seorang turis, maka Anda bisa mendatangi tempat ini menggunakan motor.

Lihat juga Museum Biologi Jogja

Anda bisa menggunakan jasa Sewa Motor Yogyakarta di raskita.com. Terdapat berbagai pilihan motor yang bisa Anda gunakan selama seharian. Tentunya harganya murah dan Anda bisa bebas menikmati suasana Yogyakarta. Itulah berbagai informasi mengenai Museum Merapi , Anda bisa melakukan wisata sekaligus mendapatkan informasi baru mengenai gunung teraktif di Indonesia ini.