Museum Vredeburg merupakan salah satu objek wisata sejarah terkenal di Yogyakarta. Obyek wisata sejarah menawarkan sesuatu yang unik dan menarik. Mengunjungi objek wisata sejarah membuat kita tahu tentang apa yang telah terjadi di masa lalu. Berbicara tentang objek wisata sejarah, Yogyakarta menawarkan banyak objek wisata yang patut dikunjungi. Bukan saja Keraton dan Candi-candi, Yogyakarta juga memiliki objek wisata sejarah penting yaitu museum Benteng Vredeburg. Museum ini merupakan bukti hubungan panas dingin antara Keraton Jogja dan penjajah Belanda.

Mengenal Museum Vredeburg lebih dekat

Museum Benteng Vredeburg

Untuk mengenal lebih dekat tentang Museum Benteng Vredeburg, ada baiknya kita tahu sejarah singkat benteng Vredeburg. Benteng ini menjadi bukti kelicikan penjajah Belanda yang ingin mengendalikan Keraton Yogyakarta. Benteng Vredeburg pertama kali dibangun oleh Sri Sultan Hamengku Buwono Pertama pada tahun 1760 atas perintah Belanda. Tujuan resminya adalah untuk melindungi keraton dari serangan kekuatan luar.

Padahal maksud sebenarnya adalah untuk mengawasi gerak-gerik penguasa keraton Yogyakarta. Sejak tahun 1985 kompleks bagunan seluas 2100 meter persegi ini ditetapkan oleh pemerintah menjadi Cagar Budaya Nasional. Saat ini Museum Benteng Vredeburg menjadi objek tujuan wisata sejarah Yogyakarta yang sangat populer. Berkunjung ke Museum Benteng Vredeburg akan menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi siapa saja.

Lihat juga Museum Dirgantara Jogja

Di museum sejarah yang satu ini pengunjung diajak untuk menyaksikan bagunan sejarah yang dulu pernah digunakan oleh penguasa Belanda untuk menekan pihak keraton Yogyakarta. Dulunya Benteng Vredeburg dikelilingi oleh parit atau selokan sebagai media pertahanan dari serangan musuh. Seiring dengan perkembangan zaman, parit-parit ini sudah tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Saat ini parit-parit tersebut digunakan sebagai sistem pembuangan air atau drainase biasa. Saat ini Museum Benteng Vredeburg sudah dikelola secara profesional. Untuk mendapatkan panduan ketika menyaksikan diorama, pengunjung cukup scan barcode aplikasi Artefak yang tersedia. Ada 4 diorama Benteng Vredeburg yang bisa Anda saksikan:

  • Diorama I berisi sebelas minirama tentang peristiwa perang Diponegoro dan periode penjajahan Jepang
  • Diorama II menampilkan peristiwa Proklamasi dan peristiwa agresi militer Belanda ke Indonesia.
  • Diorama III menyajikan 18 minirama tentang perjanjian Renville sampai pihak Belanda mengakui kemerdekaan Indonesia.
  • Diorama IV memiliki 7 minirama menggambarkan perjalanan NKRI sampai pada masa pemerintahan Orde Baru.

Lokasi Museum Vredeburg

Alamat: Jl. Margo Mulyo No.6, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122

Lihat: Google Map

Fasilitas

koleksi museum benteng vredeburg

Sebagai destinasi wisata sejarah populer, museum bersejarah yang satu ini memiliki berbagai macam fasilitas umum yang diantaranya adalah sbb:

  • Memiliki toilet umum yang sangat bersih. Anda tidak perlu antre karena terdapat beberapa titik toilet yang tersedia.
  • Terdapat ruang tamu dengan fasilitas Wifi. Anggota rombongan bisa berkumpul di ruang tamu sambil menikmati fasilitas Wifi secara gratis
  • Memiliki ruang serba guna dan ruang audio visual. Ruang serbaguna bisa digunakan untuk pertemuan dan seminar. Pengunjung juga bisa menyaksikan pemutaran film sejarah di ruang audio visual.
  • Terdapat arena bermain untuk anak. Museum Benteng Vredeburg memiliki arena bermain berupa game interaktif yang bertemakan sejarah. Bukan saja anak – anak banyak pengunjung dewasa yang menyukai permainan ini.

Harga Tiket

sejarah singkat benteng vredeburg

Harga tiket masuk Vredeburg sangat terjangkau. Untuk lebih lengkapnya silahkan melihat table di bawah ini:

Keterangan Harga
Dewasa RombonganRp.2000,-
DewasaRp.3000.-
Anak-Anak RombonganRp.1000,
Anak – AnakRp.2000,-
Warga Negara AsingRp.10.000,-

Jam Buka Museum Benteng Vredeburg

Bila ingin mengunjungi Benteng Vredeburg, ada baiknya Anda memperhatikan jam bukanya yaitu sebagai berikut:

  • Hari Senin sampai hari Jumat buka jam 08.00 WIB dan tutup jam 16.00 WIB
  • Hari Sabtu dan Minggu buka jam 08.00 dan tutup jam 17.00 WIB
  • Hari Senin dan Hari Besar Nasional museum tutup.

Hindari berkunjung saat musim liburan sekolah. Saat liburan sekolah museum ini sangat ramai oleh pengunjung dari seluruh Indonesia. Pengunjung Benteng Vredeburg biasanya juga mengunjungi beberapa lokasi wisata di sekitarnya. Tempat wisata yang letaknya tidak terlalu jauh dari Benteng Vredeburg adalah Museum Sonobudoyo, pasar Beringharjo, Taman Pintar Jogja dsb. Bila Anda ingin mengunjungi lokasi wisata di sekitar Benteng Vredeburg dengan mobil, ada baiknya Anda menghubungi Raskita.com.

Lihat juga Museum Anak Kolong Tangga

Raskita menyediakan sewa mobil jogja dengan harga terjangkau. Museum Vredeburg merupakan objek wisata sejarah penting bukan saja untuk warga Jogja tetapi juga untuk masyarakat Indonesia secara keseluruhan. Nah, bagi Anda yang berkunjung ke Jogja, jangan lupa untuk menyempatkan diri mengunjungi Museum Benteng Vredeburg.