Berkunjung ke Yogyakarta tak akan lengkap tanpa datang ke Plengkung Wijilan Jogja. Plengkung yang berbentuk unik ini memiliki ukiran-ukiran indah di dindingnya. Jika Anda melewatinya, Anda akan merasa seperti melewati sebuah terowongan yang pendek, atau masuk ke dalam bangunan setengah lingkaran. Plengkung ini menawarkan banyak keunikan dalam setiap sisi gerbangnya. Untuk tahu seperti apa lengkapnya, silakan simak ulasan berikut ini.

Mengenal Plengkung Wijilan

Plengkung Wijilan

Nama asli dari Plengkung Wijilan sebenarnya adalah Plengkung Tarunasura. Disebut Tarunasura karena plengkung ini dahulu merupakan gerbang yang dijaga para prajurit muda. Plengkung ini kemudian disebut Plengkung Wijilan karena memang letaknya di daerah Wijilan, Kecamatan Kraton Yogyakarta. Ia terbentang di timur Alun-Alun Utara. Dulu, gerbang ini merupakan jalan yang dilalui oleh Sultan yang saat itu sedang memerintah. Para Sultan tak diijinkan melewati Plengkung Nirbaya Gading.

Hal ini dikarenakan Plengkung Gading Kraton Jogja dipercaya sebagai jalan yang dilewati oleh para Sultan yang sudah meninggal. Hingga saat ini misteri Plengkung Gading masih tetap menjadi cerita masyarakat Jogja. Sebenarnya ada 5 Plengkung yang dimiliki Keraton Jogja. Namun tiga di antaranya telah berubah bentuk dan mengalami pemugaran serta renovasi. Hanya ada dua yang tetap dipertahankan bentuknya, yakni Plengkung Wijilan dan Plengkung Gading.

Lihat juga Taman Pintar Yogyakarta

Sementara itu Plengkung Jagasura, Plengkung Jagabaya dan Plengkung Madyasura kini telah berbeda bentuknya. Ada yang menyerupai gapura. Selain karena sejarahnya yang patut untuk diketahui, Plengkung Tarunasura Wijilan adalah destinasi wisata yang menarik karena keunikan bentuknya. Sejak dulu sampai sekarang, pemerintah Yogyakarta melestarikan bentuk dari Plengkung Wijilan. Dengan demikian, otomatis gerbang ini menjadi tempat berfoto yang bersejarah bagi para turis domestik maupun asing yang datang ke sana.

Selain keindahan dan keunikan bentuknya, Plengkung Wijilan juga sangat dekat dengan salah satu sentra kuliner Jogja. Di sekitarnya banyak pedagang yang siap menjajakan jajanan khas Jogja. Salah satu yang paling populer adalah gudeg, makanan lezat yang menjadi ciri khas Jogja. Tak heran, para wisatawan dengan senang hati datang dan mencoba sendiri gudeg yang enak sambil menikmati panorama mengesankan dari Plengkung Wijilan.

Lokasi Wisata Plengkung Wijilan

Alamat: Jl. Wijilan, Panembahan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55131

Lihat: Google Map

Fasilitas Yang Ditawarkan

Plengkung Wijilan yang merupakan gerbang dengan bentuk melengkung ini memang tak ditutup secara khusus. Justru gerbang ini dibuka untuk umum, dan semua orang bisa melaluinya. Oleh karena itu, inilah beberapa fasilitas yang bisa Anda dapatkan saat berkunjung ke sana:

  • Spot foto unik – Pastikan Anda membawa kamera terbaik untuk mengabadikan momen kebahagiaan Anda di depan Plengkung Wijilan.
  • Transportasi tradisional – Beberapa angkutan tradisional masih beroperasi di sekitar destinasi wisata ini, sehingga Anda dapat menikmati panorama di sekitarnya dengan menyenangkan.

Harga Tiket

Plengkung Wijilan Jogja

Plengkung Wijilan hingga saat ini selalu dibuka untuk umum. Gerbang ini tak dipagari, dan justru menjadi gerbang menuju sentra kuliner yang disebut Sentra Gudeg Wijilan. Untuk melewati Plengkung Wijilan, Anda tak perlu membeli tiket apapun. Anda dapat melewatinya secara gratis. Jadi, jangan ragu untuk menginjakkan kaki di bawah Plengkung Wijilan yang tersohor ini.

Jam Buka

Meskipun merupakan tempat bersejarah, tapi gerbang ini selalu terbuka 24 jam untuk masyarakat yang ingin melaluinya. Dengan demikian, kesempatan untuk Anda yang ingin berkunjung baik untuk berwisata ataupun mempelajari sejarah, akan semakin banyak. Sampai saat ini gerbang ini memang masih menjadi sarana lalu lintas Njeron Beteng. Masyarakat Yogyakarta sangat menghargai spot ini sebagai warisan dari leluhur, yang harus dijaga dengan baik. ika Anda penasaran dengan Plengkung Wijilan, maka jangan sampai melewatkannya dalam daftar destinasi wisata yang ingin Anda kunjungi.

Lihat juga Pintu Langit Dahromo

Untuk mendapatkan kenyamanan dan kemudahan dalam mengunjungi Plengkung Wijilan, Anda bisa memesan paket wisata Jogja 5 hari di Raskita.com. Dengan Raskita.com, perjalanan Anda akan semakin seru dan mudah. Melestarikan sejarah adalah peran masyarakat Indonesia. Plengkung Wijilan memang terletak di Yogyakarta. Namun mengunjungi dan menjaganya adalah cara terbaik warga Indonesia maupun asing untuk menghargai warisan budaya. Jadi saat Anda berkunjung ke sana, pastikan Anda menjaga kebersihan ya!