Yogyakarta adalah kota yang kaya akan peninggalan sejarah. Salah satu wisata Jogja tentang peninggalan sejarah yang masih ada sampai saat ini adalah situs Warungboto Yogyakarta. Situs ini berada Rejowinangun, Kotagede. Peninggalan sejarah yang satu ini sangat terkenal di kalangan masyarakat karena keunikannya. Banyak sejarah yang ada di dalam situs Warungboto. Jika Anda adalah seorang penggemar sejarah masa lalu dan bangunan ikonik Jogja, berkunjung kesini adalah pilihan yang tepat.

Tentang Situs Warungboto

Situs Warungboto

Warungboto merupakan salah satu situs di Jogja. Situs bersejarah Warungboto adalah pesanggrahan untuk seorang raja Yogyakarta sebelumnya. Situs ini dibangun pada masa pemerintahan Sri Sultan Hamengku Buwono I dan berlanjut pada masa pemerintahan Sri Sultan Hamengku Buwono II. Situs ini dahulu diberi nama pesanggrahan rejawinangun. Keluarga Kesultanan Yogyakarta membangun pesanggrahan ini untuk dijadikan sebagai tempat untuk menginap keluarga Kesultanan Yogyakarta.

Di situs ini didirikan taman dan kolam untuk hiburan keluarga kesultanan saat berkunjung kesini. Situs Warungboto dibagi menjadi dua bagian, yaitu bagian barat dan bagian timur. Kolam yang ada di bagian barat bangunan diisi dengan air dari mata air asli. Situs Warungboto didirikan ketika Sri Sultan Hamengkubuwono II masih menjadi Raja Yogyakarta. Satu dekade yang lalu wisma ini digunakan oleh sang Sultan sebagai tempat spiritual atau sebagai tempat istirahat dari perjalanan panjang.

Lihat juga Museum Dirgantara Jogja

Pembangunan dilakukan sejak dia masih seorang pangeran sampai selesai pada masa pemerintahannya. Taman dan air mancur dibangun karena akan digunakan untuk beristirahat dan bersantai. Beberapa tembang tradisional Jawa (Macapat) menceritakan bahwa situs ini menggambarkan Sri Sultan Hamengkubuwono II selama era keemasannya. Penelitian Pesanggrahan ini sudah dimulai sejak zaman penjajahan Belanda sampai setelah hari kemerdekaan Indonesia.

Pada tahun 1936, Oudheidkundige Dienst (OD) memulai penelitian dengan membuat rencana pembangunan dan mendokumentasikan sisa-sisa reruntuhan rumah tamu yang masih ada. Penelitian selesai pada tahun 1937 dan OD dicoba untuk merehabilitasi Pesanggrahan Rejowinangun dengan penelitian yang direncanakan pada tahun 1939. Setelah kemerdekaan Indonesia, Pesanggrahan Rejowinangun dilestarikan di bawah Suaka Peninggalan Sejarah dan Purbakala Yogyakarta. Sampai detik ini situs ini masih berdiri kokoh di Yogyakarta sebagai bukti sejarah Kesultanan Yogyakarta.

Lokasi Situs Warungboto

Fasilitas yang Ada di Wisata

Saat berlibur kesini anda bisa menikmati beberapa fasilitas yang disediakan

  • Tempat parkir kendaraan
  • Toilet umum
  • Tempat makan
  • Tempat foto. Anda bisa bebas berfoto secara gratis di situs ini. Baik foto biasa atau foto untuk keperluan keluarga seperti prewedding.

Harga Tiket Situs Warungboto

tiket masuk situs warungboto

Sebelum pergi ke Situs Warungboto, cari dulu informasi mengenai tiket masuk ke dalam situs agar memudahkan anda. Berikut uang yang harus anda sediakan.

KeteranganHarga
Tiket MasukGratis
Parkir kendaraanRp 3000
Sewa MotorMulai dari Rp 100.000
Sewa MobilMulai dari Rp 300.000

Jam Buka

Jam buka Warungboto Jogja mulai jam 06.00 WIB sampai jam 18.00 WIB, dibuka setiap hari. Anda bisa mengunjungi situs ini pada saat sore hari agar bisa mendapatkan foto senja yang bagus. Anda bisa menggunakan kendaraan sendiri ke situs Warungboto. Situs Warungboto juga dekat dengan tempat wisata. Wisata dekat situs Warungboto yang bisa dijangkau dengan mudah Gembira Loka Zoo.

Lihat juga Museum Sasmita Panglima Jenderal Sudirman

Jika anda tidak menggunakan kendaraan pribadi saat ke Jogja anda bisa menyewa motor untuk mengunjungi tempat bersejarah ini. Sewa motor Jogja yang bagus adalah raskita.com. Raskita.com akan memberi banyak pilihan kendaraan seperti motor scoopy dan nmax. Harga yang ditawarkan pun beragam. Anda bisa menyewa kendaraan dengan harga yang sesuai dengan kantong anda.

Saat berkendara ke situs ini selalu jaga keselamatan anda karena tidak ada pemandu wisata atau petugas. Saat memasuki situs, ada info tentang sejarah Pesanggrahan Rejawinangun. Sejauh ini hanya ditulis dalam bahasa Indonesia. Ini merupakan satu-satunya tulisan yang masih tersisa di situs Warungboto Situs Warungboto begitu menarik untuk ditelusuri jejaknya. Anda tidak akan menyesal telah berkunjung ke situs ini. Saat berada di Jogja jangan lupa menyempatkan diri melihat-lihat situs Warungboto.