Kamu pernah membeli kerajinan tangan dari bambu di Yogyakarta? Bisa jadi, kerajinan tersebut dibuat di Desa Wisata Brajan yang terletak di salah satu dusun di Sleman. Berbeda dengan destinasi wisata Yogyakarta yang biasanya mengusung tema wisata alam, desa Brajan bisa dibilang termasuk ke dalam wisata edukasi di Yogyakarta. Di sini, kamu bisa belajar melihat proses pembuatan kerajinan tangan dari bambu sampai ikut membuat kerajinan tangan sendiri. Menarik bukan?.

Daya Tarik Desa Wisata Brajan

Desa Wisata Brajan jogja

Desa Brajan memang dikenal sebagai desa yang menjadi pusat kerajinan bambu di Yogyakarta. Tidak heran, penduduk yang tinggal di tempat wisata edukasi ini memang 98% berprofesi sebagai pengrajin bambu. Tapi, selain kerajinan bambunya yang terkenal, daya tarik lain dari desa ini sebenarnya adalah kesenian lokal yang dilakukan penduduk setempat. Kesenian lokal ini memiliki potensi wisata yang sama besarnya dengan wisata edukasi kerajinan bambu.

Lihat juga Goa Rancang Kencono

Biasanya, para wisatawan yang datang berkunjung ke sini akan disuguhi penampilan kesenian lokal oleh para penduduk. Beberapa pertunjukan yang biasa ditampilkan kepada para wisatawan adalah pertunjukan campursari, kuntulan (termasuk salah satu seni religi islam), karawitan, dan juga shalawat serta cokekan. Selain itu, di desa ini kamu juga bisa menikmati pemandangan pedesaan yang masih asri dan terjaga. Ada banyak perbukitan hijau dan areal persawahan yang bisa memanjakan mata pengunjung desa ini. Jika ingin mengetahui lebih lanjut tentang desa ini, kamu bisa membaca ulasannya di bawah ini.

Lokasi Desa Wisata Brajan

Alamat: Brajan, Sendangagung, Kec. Minggir, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55562

Lihat: Google Map

Fasilitas Desa Brajan

Desa Wisata Brajan

Desa wisata Brajan termasuk ke dalam salah satu destinasi wisata edukasi yang namanya sudah menggaung hingga ke dunia internasional. Banyak wisatawan, baik domestik maupun mancanegara yang telah mengunjungi desa ini. Dari mulai sekedar berjalan-jalan hingga untuk mempelajari budayanya. Dengan demikian, tidak heran jika desa ini memiliki fasilitas pendukung yang cukup lengkap. Beberapa fasilitas wisata yang disediakan untuk para wisatawan di desa edukasi Yogyakarta yang satu ini adalah:

  • Rumah berbentuk Joglo yang juga merupakan kantor sekretariat.
  • Toilet dan telepon umum
  • Musholla
  • Hotspot area yang bisa diakses gratis
  • Penyediaan sepeda ontel bagi pengunjung yang ingin menyusuri perkampungan.
  • Akses jalan
  • Lokasi yang dekat dengan fasilitas umum (pasar, bank, kantor pemerintahan dan minimarket)
  • Homestay dan Rumah limasan yang bisa disewa
  • Pemandu wisata
  • Beberapa atraksi yang bisa diikuti
  • Pentas kesenian lokal
  • Menanam padi
  • Memancing
  • Area outbound untuk anak-anak dan dewasa

Ada begitu banyak fasilitas yang disediakan di desa Brajan. Jika kamu ingin mengikuti semua fasilitas tersebut, kamu bisa mengambil paket wisata Jogja 2 hari di Raskita.com. Biasanya, semua kunjungan dan aktivitas yang dilakukan sudah include ke dalam paket wisata sehingga lebih murah dan hemat.

Harga Tiket Masuk

Kerajinan Desa Wisata Brajan

Ada berbagai fasilitas yang bisa dinikmati wisatawan dengan membayar tiket, berikut daftar harganya

KeteranganHarga
HTM Taman BungaRp 5.000
Paket Outbound AnakRp 35.00 (minimal 25 orang)
Paket Outbound DewasaRp 55.000 (minimal 25 orang)
HomestayRp 80.000/orang per hari
Sewa Rumah LimasanRp 250.000
Sewa Sound SystemRp 250.000 sepaket
Pemandu WisataRp 70.000/orang
Kontribusi ke Desa WisataRp 5.000/orang
HTM Kebun RambutanRp 10.000/orang
Menggarap SawahRp 15.000/orang
Menanam PadiRp 10.000/orang
Memancing dan PakecehanRp 55.000/orang per kilo
TrackingRp 6.000/orang
Sepak Bola SawahRp 5.000/orang
Bola VoliRp 5.000/orang
Penyambutan (Kuntulan/Campursari)Rp 15.000/orang
Cokekan/Karawitan/SholawatRp 12.500/orang
Belajar GamelanRp 10.000/orang
Pentas Kuntulan/CampursariRp 50.000/orang

Jam Buka

Desa ini tidak memiliki jam buka khusus. Desa wisata ini beroperasi setiap hari. Hanya saja jika ingin berkunjung, harap perhatikan jam kunjungan. Meskipun tidak memiliki batas waktu, ada baiknya tidak berkunjung ketika tengah malam atau dini hari. Untuk pengadaan berbagai atraksi dan upacara penyambutan biasanya dilakukan pada jam normal beraktivitas. Jika bosan dengan wisata alam di Yogyakarta, ada baiknya kamu mencoba untuk mengunjungi desa wisata di Yogyakarta yang satu ini.

Lihat juga Candi Prambanan Jogja

Selain bisa menenangkan pikiran, ada banyak pelajaran dan ilmu yang bisa kamu dapatkan dengan mengunjungi desa wisata edukasi seperti ini. Itulah beberapa informasi singkat mengenai Desa Wisata Brajan yang bisa dijadikan bahan referensi liburan. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur, ya.