Anda mungkin mengenal Tugu Jogja sebagai ikon wisata atau landmark kota Jogja. Akan tetapi, lebih jauh dari itu, bangunan bersejarah ini juga sarat akan nilai sejarah. Beberapa cerita tentang tugu ini bahkan penuh dengan misteri.

Tugu ini berwarna putih dan bermandikan emas di beberapa sisinya. Lalu, seperti apa kisah di balik tugu khas Jogja dengan dominan warna putih ini? Yuk kita simak fakta Tugu Jogja sebelum datang langsung ke kota istimewa ini.

Sejarah dan Daya Tarik Tugu Jogja

Tugu Jogja juga sering disebut sebagai Tugu Golong Gilig atau Tugu Pal Putih. Masyarakat luar Jogja melihat tugu ini sebagai ikon wisata kota Jogja. Bagi masyarakat Jogja sendiri, tugu ini adalah saksi perjuangan masyarakat Jogja dalam melawan penjajah. Tak sekadar dibangun, ada makna filosofis sekaligus misteri dari bangunan bersejarah ini. Tugu Jogja jaman dulu dengan tugu yang sekarang ada memang tak berbeda jauh.

Tugu ini dibangun pada 1755 oleh Sultan Hamengku Buwono I yang tidak lain adalah pendiri Keraton Yogyakarta. Beberapa versi cerita dari masyarakat setempat menyebutkan bahwa tugu ini dibangun untuk mengenang para Pahlawan yang telah berjuang memerdekakan Indonesia. Beberapa yang lain mempunyai versi ceritanya sendiri. Konon, selain sebagai tugu untuk mengenang perjuangan para pahlawan, tugu ini juga dipercaya sebagai simbol yang sifatnya magis untuk menghubungkan Keraton Jogja, Laut Selatan, dan juga Gunung Merapi.

Lihat juga Alun-alun Utara Jogja

Bangunan ini juga menggambarkan Manunggaling Kawula Gusti, yakni memuat persatuan rakyat dan penguasa untuk melawan kuasa penjajah. Tugu Pal Putih ini memang monumen bersejarah yang tak bisa Anda lewatkan begitu saja saat datang ke Jogja. Anda bisa mengabadikan momen terbaik Anda di tempat ini. Jangan lupa untuk membawa peralatan foto yang lengkap ya! Siapa tahu, kamera ponsel saja tak cukup untuk menghasilkan gambar tugu Jogja yang indah.

Karena tugu ini letaknya di tengah kota, selepas dari tempat bersejarah ini, Anda bisa langsung melanjutkan wisata ke tempat lain. Nah, supaya Anda tidak kebingungan harus ke mana setelah dari Tugu ini, rencanakan paket wisata Jogja ke ahlinya. Anda bisa datang ke Raskita.com untuk merencanakan liburan menyenangkan di Jogja.

Lokasi Wisata

Alamat: Cokrodiningratan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55233

Lihat: Google Map

Fasilitas Wisata di Tugu Jogja

Karena terletak di pusat kota, tugu yang sering disebut sebagai Tugu Golong Gilig juga mempunyai beberapa fasilitas wisata. Berikut fasilitas tersebut.

  1. Area Parkir
  2. Bangku Taman
  3. Spot Foto

Harga Tiket Masuk

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, tugu yang menjadi ikon kota Yogyakarta ini berada di ruang publik. Anda tak perlu membayar untuk datang ke sini. Berikut biaya lain-lain yang ada di sini.

KeteranganHarga
Tiket MasukGratis
Parkir MobilRp 5.000
Parkir MotorRp 3.000

Jam Buka dan Waktu Terbaik Mengunjungi Tugu Jogja

Pada dasarnya, Anda bisa mengunjungi tugu ini kapan pun Anda mau. Akan tetapi, untuk mendapatkan keleluasaan dalam mengambil foto, disarankan mengunjungi tugu ini pada pagi hari atau saat larut malam. Lokasi Tugu Jogja berada di tengah persimpangan jalan kota Jogja tak jauh dari titik nol Jogja. Jadi, Anda harus menghindari jam-jam sibuk. Anda bisa datang pagi-pagi sekali atau larut malam sekalian.

Lihat juga Titik Nol Kilometer Jogja

Jika Anda datang pagi-pagi, setelah dari tugu, Anda bisa langsung berburu makanan tugu Jogja. Atau Anda bisa mengunjungi tugu ini sebagai akhir dari wisata Anda pada hari tersebut. Demikian adalah penjelasan lengkap tentang Tugu Jogja. Tertarik untuk datang ke kota ini? Yuk rencanakan dulu liburan Anda terlebih dahulu. Pastikan liburan Anda memuaskan!